Literasi Digital Dan Literasi Keuangan Wirausaha Wanita Dalam Pengelolaan Bisnis Online Pada Pertumbuhan Ekonomi Daerah Kabupaten Purbalingga
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Menurut data dari Bank Indonesia kebanyakan pelaku UMKM adalah perempuan. Tetapi pada sisi lainnya, di dunia ini penuh dengan ketidakpastian Menghadapi situasi ini diperlukan literasi digital bagi wirausaha Wanita agar dapat tetap menjalankan bisnisnya secara online. Mengukur dan mengidentifikasi tingkat literasi keuangan dan literasi digital wirausaha Wanita pada pengelolaan online bisnis terhadap ekonomi pertumbuhan didaerah Kabupaten Purbalingga adalah tujuan dari penelitian ini. Pendekatan penelitian yang akan dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif serta teknik data analisis dengan menggunakan regresi analisis berganda serta deskriptif analisis menggunakan sampel sejumlah 50 orang. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling pada wirausaha Wanita di Purbalingga. Literasi digital berpengaruh terhadap peningkatan pertumbuhan pada ekonomi didaerah dengan nilai signifikan kurang dari nilai alpha serta literasi keuangan memiliki pengaruh pada peningkatan ekonomi daerah yang mengalami pertumbuhan dengan nilai signifikan kurang dari nilai alpha adalah hasil dalam penelitian ini.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Piksi Ganesha Indonesia
References
Fitriana, A., Setyanugraha, R. S., & Hasibuan, R. R. (2021). PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS MASYARAKAT YANG MANDIRI KELURAHAN TELUK KABUPATEN BANYUMAS. Perwira Journal of Community Development, 1(1), 37-41.
Hasibuan, R. R., & Pratiwi, A. R. (2021). Anteseden Repurchase Intention Aplikasi Shopee Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi Di Kabupaten Banyumas. Tirtayasa Ekonomika, 16(2), 253-265.
Hasibuan, R. R. (2021). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI, DAN TENAGA PENJUAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK IMPORT ORIFLAME DI SPO 1507. JURNAL EKONOMI, 11(2), 1-12.
Hasibuan, R. R., Setyanugraha, R. S., Amelia, S. R., Arofah, A. A., & Pratiwi, A. R. (2021). Penyuluhan Pemanfaatan Air Nira Pohon Kelapa Menjadi Gula Semut untuk Meningkatkan Perkonomian Desa Kuripan Kabupaten Cilacap. ETHOS: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 9(1), 107-111.
Hasibuan, R. R., & Setyanugraha, R. S. (2021). IMPACT OF THE COMPANY'S SERVICE QUALITY DIMENSION ON CUSTOMER CUSTOMER SATISFACTION AT IMALEZ MULTY CORP COOPERATIVE. Perwira International Journal of Economics & Business, 1(1), 19-28.
Oiktaviia, Oi., Verionica Siriegar, Si., Waridhani, Ri., & Rahayiui, Ni. (20i19). Tihe effeicts of fiinancial deirivatives oin earinings manageiment aind mairket mispriicing. Giadjah Madia Inteirnational Journial oif Buisiness, 2i1 (i3), 28i9–30i7. htitps:/ i/doii.orig/10.2i2146/giamaijb. i3i4112
Oing, Ci. Hi., Salileh, Si. M. i, & Yusioff, Ri. Zi. (20i16). Tihe roile oif emotiional ianid ratiional triust iin explaiining attiitudinal aind behavioiral loyialty: Ain insiight iinto SMiE brainds. Gadjiah Maida Interinational Jouirnal oif Busiiness, 1i8 (1), 1i–1i9. hittps: i//doii.orig/i10.2214i6i/gaimaijb. i9285
Piratiwi, iWi. (202i1). iThie iInfluenice oif Corpiorate Giovernance Miechanism, Accouinting Conservaitism, Anid Companiy Siize oin Eiarnings Qiuality. Jiournal iof iEconoimics, Fiinance aind Managemeint iStiudies, 0i4 (i0i1). htitps: i/i/doii. iorigi/i1i0.4i719i1i/ijeifims/ivi4-ii1i-i0i4
Priambodo, A., Hasibuan, R. R., Sulaeman, M., & Purnomo, D. (2021). Kontribusi Tingkat Industri Terhadap Angkatan Kerja Di Kabupaten Purbalingga. Perwira Journal of Economics & Business, 1(1), 18–22. https://doi.org/10.54199/pjeb.v1i1.3
Quioquab, iF. i, i Aibdullah, iNi. Li., i & iMohamimad, iJi. i (2i016). Iinvestigatiing tihe effeicts ofi cionsumer ininovativeness, sierviice iqualitiy aind iserviice switcihing coists oin iserviice loiyalty iin thie moibile pihone isiervice cointext. iGiadjah iMiada iInternatiional iJoiurnal ioif Biusiness, i1i8 (i1), i 2i1–i5i3. ihittps: i/i/idoiiii. iorg/i1i0. i2i2146i/igaimaijb. i9286
Rahmadi, R., Soolany, C., & Pratama, A. R. (2018). Penerapan Manajemen Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Jual Produk UMKM Gula Merah di Kabupaten Cilacap. JTI-UNUGHA (Jurnal Teknologi Industri-UNUGHA), 2(2).
Rila Setyaningsih, Abdullah, Edy Prihantoro3, Hustinawaty. 2021. Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning. Jurnal ASPIKOM, Volume 3 Nomor 6, Januari 2019, hlm 1200-1214
Rosimita iRasiyid, iVi. iVi. (202i2). i Fakitor-iFaktor Yiang Miempengaruhi Kiinerja Keuiangan Peirbankan. Jurnial Paraidigma iAkiuntansi, i4 (i1) i, i4i24. i hittpsi:/ i/idoii.oirg/i1i0.2i4912i/jipa. ivi4ii1. i17i562
Sedián, iPi.- i, i iغساviÙ†, د., Naisional, Bi. Ai. Zi., Diana, Li. Pi. Li. Di. Ai. Ni., Keuaingaii, iL. i, Beiraktiir, Yi., Reilief, Hi., Hiall, Ji. Ki., Weiinberger, i Ri., Miarcoi, Si., iSiteinitz, iGi., Mioula, iSi., Acciountantsi, Ri. Pi., iReiport, iAi. Ai. Si., Aiccountinig, Fi., Keuaingan, Li. Pi., iSialdo, Ji., Biersih, Di., Lii, Hi. i, …i Edidy, S. i iAi. (20i20) i. Nio 主i観içš„å¥åº·æ„Ÿiã‚’iä¸å¿ƒã¨ã—iãŸåœ¨å®…高齢i者ã«ãŠiã‘ã‚‹ iå¥i康ié–¢i連指標iã«é–¢ã™ã‚‹iå…±i分散構ié€ åˆ†æž Tiiitle. Jouirnal oif Cheimical Iniformationi aind Modeiling, 2i1 (ii1), 1i–i9. hittps: i//idoiii.origi/i1i0.1i016/ji. i itimaid. i2i020i.1i01607i%i0Ahittpis://doii.orig/1i0i.1i016i/ji.iijsui. i2i020.02.03i4ii%0iAihttips://onliinelibirary. iwiiley.ciomi/idioi/iabisi/i10.1i111/cijag.1i2228i%i0iAihttpis: i/i/idoii. ioirg/1i0.10i16/ij. issicii. i20i20.1i04773i%i0iAhittpsi: i/i/idoii. iorigi/i1i0.101i6/ij. ijiinf.20i20i.0i4.0i1i1i%i0iAhittpisi:/ i/dioiv.o
Setyanugraha, R. S., Fitriana, A., & Hasibuan, R. R. (2021). Festival Wisata Online Sebagai Bentuk Komunikasi Pemasaran Dan Peningkatan Kinerja Keuangan UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 54-62.
Setyanugraha, S., & Hasibuan, R. R. (2020). ANTESEDEN LOYALITAS KONSUMEN DARI PEMBERIAN LAYANAN PRODUK INTERNET PT. LAXO. Jurnal Ekonomi Manajemen, 6(1), 21-30.
Shiettiy, iSi. iJi., Chaudhuriii, iMi. Si., i &i Shietty, iAi. (2i021) i. iTihe iinfluence oif ciausei-rielated mariketingi oin imillenniailsi’ ipurichase intientions: i Eividence oif CiSR firom ain emierging iecionomy. Gadijah Maida Intiernational iJoiurnal ioif Biusiiness, 2i3i (i2), i1i37i–1i5i4. ihittpisi:// idioii.orgi/i1i0i. i2i2i146i/igaimaiijbi.5i50i69
Wiilsoni, Ni., i Kieni, i K. i, & iTain, Pi. iH. i iPi. i (2i019). Thie ieiffect oif websiite deisign quaility iand sierivice quaility oini repurichase iintiention iin thie Ei-commeirce invidusitry: iAi croiss-convtinenital analysiis. Gaidjah Miada Intiernatioinal Jourinal ioif Biusiniesis, 21i (i2) i, 1i87i–i2i22. ihittpis:/ i/diioii.oirig/1i0i.2i21i4i6i/igamaiijbi.33i665