Analisis Kematangan Strategi Media Sosial Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Menggunakan Kerangka Kerja The Social Strategy Cone

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ni Made Mila Rosa Desmayani
Putu Restika Yasa
Luh Gede Bevi Libraeni

Abstract

Globalisasi merupakan faktor yang mendorong akses ke semua tingkat bisnis komersial. Teknologi media sosial, sebagai salah satu teknologi internet yang berkembang pesat, memiliki potensi untuk menginspirasi periklanan dan pemasaran produk UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kedewasaan aplikasi media sosial di UMKM, mengidentifikasi elemen-elemen yang menjadi kelemahan dari aplikasi media pada usaha UMKM, dan memahami berbagai aspek yang sangat penting untuk meningkatkan penggunaan media sosial dalam badan usaha UMKM. Penelitian ini menggunakan kerangka kerja The Social Strategy Cone. Analisis pada penelitian ini menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa 16 usaha kopi memiliki kematangan strategi media sosial yang baik, 7 usaha kopi di kota Denpasar memiliki kematangan strategi media sosial yang sangat baik, 4 usaha kopi di kota Denpasar memiliki kematangan strategi media sosial yang cukup baik, dan 2 usaha kopi memiliki kematangan strategi media sosial yang kurang baik..

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ni Made Mila Rosa Desmayani, Putu Restika Yasa, & Luh Gede Bevi Libraeni. (2023). Analisis Kematangan Strategi Media Sosial Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Menggunakan Kerangka Kerja The Social Strategy Cone. Jurnal E-Bis, 7(1), 187-197. https://doi.org/10.37339/e-bis.v7i1.1009

References

Aniek Suryanti Kusuma, I Dewa Made Krishna Muku, I Nyoman Jayanegara, I Ketut Setiawan, Gede Surya Mahendra, & Ni Made Mila Rosa Desmayani*. (2022). Sosialisasi dan Pelatihan Branding Produk untuk Menunjang Strategi Pemasaran Bagi IKM Bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 216–225. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v3i2.896
Ashari, M. H. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing di Masa Pandemi Covid-19 pada Industri dan Usaha Obat Tradisional. Al-Muraqabah: Journal of Management and Sharia Business, 2(2), 211–230. https://doi.org/10.30762/almuraqabah.v2i2.240
Desmayani, N. M. M. R., Nugraha, P. G. S. C., Wardani, N. W., & Mahendra, G. S. (2022). Pelatihan Pengelolaan Laporan Keuangan Sederhana Bagi UMKM The Sleepy Jon Gianyar Bali. Jurnal Widya Laksmi, 2(1), 15–20.
Effing, R., & Spil, T. (2016). The Social Strategy Cone: Towards a Framework for Evaluating Social Media Strategies. International Journal of Information Management, 36(1), 53–58. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2015.07.009
Firmansyah, M. A. (2020). Komunikasi Pemasaran (Cetakan Pe; T. Q. Media, Ed.). Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.
Frederick, B., & Maharani, A. K. (2021). Eksistensi Media Sosial Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 6(2), 75–83.
Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172.
Hanim, L., Soponyono, E., & Maryanto, M. (2022). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 30–39. https://doi.org/10.24967/psn.v2i1.1452
Hasim, & Apriliani, P. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Scoop dan Skoop Dalam Membangun Brand Image. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(1), 62–71. https://doi.org/10.36418/jist.v2i1.70
Mahendra, G. S., Indrawan, I. P. Y., & Surya Cipta Nugraha, P. G. (2022). Pelatihan Peningkatan Pemahaman Penggunaan Facebook dan Instagram pada Kelompok Petani Vanili dalam Penyebaran Informasi Pertanian. Jurnal Pengabdian Masyarakat (ABDIRA), 2(1), 221–232. https://doi.org/10.31004/abdira.v2i1.98
Nufus, H., & Handayani, T. (2022). Strategi Promosi dengan Memanfaatkan Media Sosial TikTok dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus pada TN Official Store). Jurnal Ekonomi dan Manajemen Teknologi, 6(1), 21–34. https://doi.org/10.35870/emt.v6i1.483
Paramitha, A. A. I. I., Mahendra, G. S., & Artana, I. M. (2020). Sosialisasi dan Pelatihan Internet Marketing Bagi UMKM Sokasi di Desa Tigawasa. Jurnal Karya Abdi, 4(2), 276–283. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i2.10536
Putri, A. M. A., & Sanica, I. G. (2022). Digital Marketing Strategy to Survive During Covid-19 Pandemic. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(1), 27. https://doi.org/10.29040/ijebar.v6i1.4084
Putro, H. P. N., Rusmaniah, R., Jumriani, J., Handy, M. R. N., & Mutiani, M. (2021). Business Development Strategies for Micro, Small and Medium Enterprises (UMKM) in Kampung Purun. The Innovation of Social Studies Journal, 3(1), 23. https://doi.org/10.20527/iis.v3i1.3991
Rahayu, L. B., & Syam, N. (2021). Digitalisasi Aktivitas Jual Beli di Masyarakat: Perspektif Teori Perubahan Sosial. Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 4(2), 672–685. https://doi.org/10.37329/ganaya.v4i2.1303
Restaty, S. M. N., & Wuryanta, A. E. W. (2020). Aktivitas Promosi Media Sosial Instagram dan Sikap Konsumen Muda Produk Batik Lokal. Warta ISKI, 3(02), 91–102. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v3i02.62
Taufiqurrahman, M. (2020). Struktur Pasar Monopolistik. Naskah Publikasi - Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 1–18.
Trulline, P. (2021). Pemasaran Produk UMKM Melalui Media Sosial dan E-Commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259–279. https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.32746
Wangarry, C. L., Tumbel, A., & Karuntu, M. M. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian sepeda motor Honda di PT. Hasjrat Abadi Ranotana. Jurnal EMBA, 6(4), 2058–2067.