Total Quality Management (TQM) Terhadap Kinerja Keuangan Dengan Kualitas Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada Perusahaan Manufaktur
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Manajemen mutu adalah strategi untuk terus meningkatkan kinerja (perbaikan kinerja berkelanjutan) di semua tingkat operasi dan proses organisasi, serta di semua area fungsionalnya, dengan memanfaatkan orang dan sumber daya keuangannya. Permasalahan pada penelitian ini adalah menurunnya tingkat kualitas kerja dan kinerja keuangan perusahaan manufaktur setelah terjadinya pandemi Covid-19, sehingga dengan TQM dapat menganalisis permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalissi total quality managemen terhadap kinerja keuangan dengan kualitas kerja sebagai mediasi. Metode penelitian ini dengan menggunakan regresi linier berganda dengan sampel sebanyak 100 orang pada perusahaan manufaktur di Kabupaten Banyumas, termasuk manajer keuangan dan karyawan. Hasil penelitian ini adalah bahwa fokus pelanggan tidak berpengaruh pada kualitas kerja, perbaikan terus-menerus berdampak, obsesi kualitas berdampak, kerja tim berdampak, dan keterlibatan dan pemberdayaan karyawan berdampak pada kedua pekerjaan. kualitas pekerjaan tidak ada hubungannya dengan kesuksesan finansial.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Piksi Ganesha Indonesia
References
Amelia, S. R., Hasibuan, R. R., Purbalingga, U. P., & Purbalingga, U. P. (2022). Determinasi Financial Literacy Dan Penggunaan Fintech Terhadap Peningkatan Produktivitas UMKM Purbalingga Dimasa Pandemi Covid-. 7(1), 1–11.
Aprian.i, V., & Situngkir, T. L. (2021). Pengaruh kinerja keuangan terhadap harga saham Effect of. financial performance on stock prices. 18(4), 762–769.
Candra.dewi, M. R., & Rahyuda, H. (2019). Pengaruh Kinerja Keuangan, Tata Kelola Perusahaan D.an Penggunaan Derivatif Terhadap Risiko Perusahaan. Matrik : Jurnal Manajemen, S.trategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 243. https://doi.org/10.24843/matrik:jmbk.2019.v13.i02.p12
Caroli.na, C., Vernnita, V., & Christiawan, Y. J. (2020). Pengaruh Ukuran Dewan Direksi T.erhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Moderating Variabel. J.urnal Riset Akuntansi Dan Perbankan, 14(2), 351–362.
Danoshana, S., & Ravivathani, T. (2019). The impact of the corporate governance on firm performance: A study on financial institutions in Sri Lanka. SAARJ Journal on Banking & Insurance Research, 8(1), 62. https://doi.org/10.5958/2319-1422.2019.00004.3
Dewi, M., & Zatira Novridayani. (2020). Analisis Pengaruh Tata Kelola Perusahaan yang Baik, Kinerja Keuangan dan Ukuran Perusahaan terhadap Kesulitan Keuangan di Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2015-2017. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(3), 281–299. https://doi.org/10.33059/jmk.v8i3.2397
Dwiputri, R. M. (2019). Pengaruh Tata Kelola Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan dan Kinerja Saham pada Indeks Saham LQ45. Jurnal Ekonomi Dan Industri, 20(1), 1–19.
Fitriana, A., Setyanugraha, R. S., & Hasibuan, R. R. (2021). PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS MASYARAKAT YANG MANDIRI KELURAHAN TELUK KABUPATEN BANYUMAS. Perwira Journal of Community Development, 1(1), 37-41.
Goel, P. (2018). Implications of corporate governance on financial performance: an analytical review of governance and social reporting reforms in India. Asian Journal of Sustainability and Social Responsibility, 3(1). https://doi.org/10.1186/s41180-018-0020-4
Hasibuan, R. R., & Pratiwi, A. R. (2021). Anteseden Repurchase Intention Aplikasi Shopee Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi Di Kabupaten Banyumas. Tirtayasa Ekonomika, 16(2), 253-265.
Hasibuan, R. R. (2021). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI, DAN TENAGA PENJUAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK IMPORT ORIFLAME DI SPO 1507. JURNAL EKONOMI, 11(2), 1-12.
Hasibuan, R. R., Setyanugraha, R. S., Amelia, S. R., Arofah, A. A., & Pratiwi, A. R. (2021). Penyuluhan Pemanfaatan Air Nira Pohon Kelapa Menjadi Gula Semut untuk Meningkatkan Perkonomian Desa Kuripan Kabupaten Cilacap. ETHOS: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 9(1), 107-111.
Hasibuan, R. R., Setyanugraha, S., & Priambodo, A. (2019). UJI KELAYAKAN BISNIS DAN STRATEGI PEMASARAN PENINGKATAN DAYA JUAL PRODUK UMKM GULA MERAH DI KECAMATAN KESUGIHAN. Jurnal EBI, 1(1).
Mustapha, N., Ahmad, A., Uli, J., & Idris, K. (2011). Antecedents of intention to stay with the mediating effects of work-family factors among single mothers. European Journal of Social Sciences, 22(2), 262–279.
Pradipta, D. H., & Supriyadi. (2015). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Profitabilitas, Leverage, Dan Komisaris Independen Terhadap Praktik Penghindaran Pajak. Kompartemen Jurnal Ilmiah Akuntansi, Vol.XV(No.1), PP.1-25.
Pratiwi, W. (2021). The Influence of Corporate Governance Mechanism, Accounting Conservatism, And Company Size on Earnings Quality. Journal of Economics, Finance and Management Studies, 04(01). https://doi.org/10.47191/jefms/v4-i1-04
Rahmadi, R., Soolany, C., & Pratama, A. R. (2018). Penerapan Manajemen Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Jual Produk UMKM Gula Merah di Kabupaten Cilacap. JTI-UNUGHA (Jurnal Teknologi Industri-UNUGHA), 2(2).
Setyanugraha, R. S., Fitriana, A., & Hasibuan, R. R. (2021). Festival Wisata Online Sebagai Bentuk Komunikasi Pemasaran Dan Peningkatan Kinerja Keuangan UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 54-62.
Setyanugraha, S., & Hasibuan, R. R. (2020). ANTESEDEN LOYALITAS KONSUMEN DARI PEMBERIAN LAYANAN PRODUK INTERNET PT. LAXO. Jurnal Ekonomi Manajemen, 6(1), 21-30.
Quoquab, F., Abdullah, N. L., & Mohammad, J. (2016). Investigating the effects of consumer innovativeness, service quality and service switching costs on service loyalty in the mobile phone service context. Gadjah Mada International Journal of Business, 18(1), 21–53. https://doi.org/10.22146/gamaijb.9286
Ticoalu, R., Januardi, J., & ... (2021). Nilai Perusahaan, Manajemen Risiko, Tata Kelola Perusahaan: Peran Moderasi Ukuran Perusahaan. Studi Akuntansi …, 4(2), 89–103. https://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/saki/article/view/742%0Ahttps://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/saki/article/download/742/470
Wilson, N., Keni, K., & Tan, P. H. P. (2019). The effect of website design quality and service quality on repurchase intention in the E-commerce industry: A cross-continental analysis. Gadjah Mada International Journal of Business, 21(2), 187–222. https://doi.org/10.22146/gamaijb.33665
Yoshida, M., & James, J. D. (2010). Customer satisfaction with game and service experiences: Antecedents and consequences. Journal of Sport Management, 24(3), 338–361. https://doi.org/10.1123/jsm.24.3.338