Analisis Niat Konsumen dalam menggunakan QRIS Dengan Pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB)
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) merupakan kanal pembayaran yang diterbitkan oleh Bank Indonesia yang terintegrasi secara nasional untuk memfasilitasi semua jenis transaksi pembayaran digital di Indonesia. Berdasarkan data dari KPw Bank Indonesia Pematang Siantar, volume transaksi QRIS dikota Tanjung Balai sampai 30 Juli 2021 masih tergolong kecil apabila dibandingkan dengan kota lainnya. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis niat konsumen dalam menggunakan QRIS dikota Tanjung Balai dengan pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB). Penelitian ini menggunakan penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan cara membagikan kuesioner kepada 100 orang pengguna layanan aplikasi QRIS dikota Tanjung Balai. Teknik analisis data berupa uji t, uji F dan uji regresi linear berganda yang diolah menggunakan program SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa attitude towards behavior, subjective norms, dan perceived behavioral control secara simultan berpengaruh terhadap niat menggunakan QRIS.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Piksi Ganesha Indonesia
References
Al-Swidi, A., Huque, S. M. R., Hafeez, M. H., & Shariff, M. N. M. (2014). The role of subjective norms in theory of planned behavior in the context of organic food consumption. British Food Journal.
Astari, A., Yasa, N., Sukaatmadja, I., & Giantari, I. (2022). Integration of technology acceptance model (TAM) and theory of planned behavior (TPB): An e-wallet behavior with fear of covid-19 as a moderator variable. International Journal of Data and Network Science, 6(4), 1427–1436.
Ayudya, A. C., & Wibowo, A. (2018). The intention to use e-money using theory of planned behavior and locus of control. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 22(2), 335–349.
bi.go.id. (2021). BI dan Industri Targetkan Perluasan QRIS Capai 12 Juta Merchant di 2021. In Bank Indonesia. https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/news-release/Pages/sp_233721.aspx
book.dailysocial.Id. (2021). Laporan Boku: OVO Pimpin Pangsa Pasar “Mobile Wallet†di Indonesia | Dailysocial.id. In Dailysocial.Id (p. 2). https://books.dailysocial.id/post/laporan-boku-ovo-pimpin-pangsa-pasar-mobile-wallet-di-indonesia
Chayomchai, A., Phonsiri, W., Junjit, A., Boongapim, R., & Suwannapusit, U. (2020). Factors affecting acceptance and use of online technology in Thai people during COVID-19 quarantine time. Management Science Letters, 10(13), 3009–3016.
Conner, M. (2020). Theory of planned behavior. Handbook of Sport Psychology, 1–18.
Dhuha Hanif, B. (2021). PENGARUH ATTITUDE TOWARDS USING, SUBJECTIVE NORM, DAN PERCEIVED BEHAVIORAL CONTROL TERHADAP MINAT PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL (STUDI KASUS MAHASISWA IAIN PURWOKERTO). IAIN Purwokerto.
Dzulhaida, R., & Rifaldi Windya Giri, R. (2018). Analisis minat masyarakat terhadap penggunaan layanan e-money di Indonesia dengan menggunakan model modifikasi unified theory of acceptance and use technology 2 (UTAUT 2). Majalah Ilmiah UNIKOM, 15.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25.
Karniawati, N. P. A., Darma, G. S., Mahyuni, L. P., & Sanica, I. G. (2021). Community Perception of Using QR Code Payment in Era New Normal. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 18(1), 3986–3999.
medanbisnisdaily.com. (2021). Lampaui Target 2021, Sudah 530.853 Merchant di Sumut Pakai QRIS. https://medanbisnisdaily.com/news/online/read/2021/11/26/146599/lampaui_target_2021_sudah_530_853_merchant_di_sumut_pakai_qris/
Nugroho, A., Najib, M., & Simanjuntak, M. (2018). Factors Affecting Consumer Interest In Electronic Money Usage With Theory Of Planned Behavior (TPB). Journal of Consumer Sciences, 3(1), 15. https://doi.org/10.29244/jcs.3.1.15-27
Oentario, Y., Harianto, A., & Irawati, J. (2017). Pengaruh Usefulness, Ease of Use, Risk Terhadap Intentionto Buy Onlinepatisserie Melalui Consumer Attitude Berbasis Media Sosial Di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 11(1), 26–31.
Prabandari, S. P., & Sholihah, P. I. (2015). The influence of theory of planned behavior and entrepreneurship education towards entrepreneurial intention. Journal of Economics, Business, & Accountancy Ventura, 17(3), 385–392.
Rohmah, R. S., & Martini, E. (2021). Analisis Niat Konsumen Dalam Menggunakan Qris Di Surakarta Berdasarkan Model Decompossed Theory Of Planned Behavior. EProceedings of Management, 8(3).
Saputri, O. B. (2020). Preferensi konsumen dalam menggunakan quick response code indonesia standard (qris) sebagai alat pembayaran digital. KINERJA, 17(2), 237–247.
Setyawati, R. E. (2020). Pengaruh Perceived Usefullness, Perceived Ease of Use Terhadap Behavioral Intention To Use dengan Atittude Towards Using sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Gopay Dikota Yogyakarta). Jurnal Ekobis Dewantara, 3(1), 39–51.
Sharma, G. (2017). Pros and cons of different sampling techniques. International Journal of Applied Research, 3(7), 749–752.
Silaen, M. F., Manurung, S., & Nainggolan, C. D. (2021). The Effect of Using Indonesian Standard Quick Response Code (QRIS) on Increasing Sales to Merchants in Pematangsiantar City. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4), 11140–11148.
Sugiyono, D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Utami, S. S., & Kusumawati, B. (2017). Faktor-faktor yang memengaruhi minat penggunaan e-money (Studi pada mahasiswa STIE Ahmad Dahlan Jakarta). BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 14(02).
Widyastuti, K., Handayani, P. W., & Wilarso, I. (2017). Tantangan dan hambatan implementasi uang elektronik di Indonesia: Studi kasus Pt xyz. Jurnal Sistem Informasi, 13(1), 38–48.
Wu, B., & Chen, X. (2017). Continuance intention to use MOOCs: Integrating the technology acceptance model (TAM) and task technology fit (TTF) model. Computers in Human Behavior, 67, 221–232.