Pengaruh Harga, Word of Mouth dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Telkomsel di Yogyakarta
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Membangun loyalitas pelanggan adalah sebuah keharusan bagi setiap perusahaan. Telkomsel adalah salah satu perusahaan yang berkomitmen membangun loyalitas pelanggannya. Tujuan penelitian ini menguji pengaruh harga, word of mouth dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Telkomsel di Yogyakarta. Terdapat 100 orang yang dijadikan responden dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel yang digunakan convenience sampling. Kuesioner adalah alat yang digunakan untuk pengumpulan data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa harga dan word of mouth tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Disarankan untuk penelitian berikutnya, karena ada inkonsistensi hasil penelitian, perlu dilakukan kajian ulang pada variabel harga dan word of mouth. Selain itu, Telkomsel dapat mempertahankan loyalitas pelanggan dengan terus memberikan kepuasan pada pelanggan melalui pemberian pelayanan dan produk yang berkualitas.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Piksi Ganesha Indonesia
References
Agustin, R. P., Suparwo, A., Yuliyana, W., Sunarsi, D., & Nurjaya, N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan serta dampaknya pada Word of Mouth Jasa Pengurusan Nenkin di CV Speed Nenkin. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(3), 186–190. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i3.249
Aissyah, C. P., Hermani, A., & Nugraha, H. S. (2022). Pengaruh Harga Dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indihome Pada Pt Telkom Indonesia Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(2), 290–297.
Akbari, M., Kazemi, R., & Haddadi, M. (2016). Relationship marketing and word-of-mouth communications: Examining the mediating role of customer loyalty. Marketing and Branding Research, 3(1), 63–74. https://doi.org/10.33844/mbr.2016.60193
Ariyanto, A., Ivantan, I., & Purwanti, P. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Yang Berdampak pada Loyalitas Pelanggan Pemakai Paket Data Internet Indosat Ooredoo (Studi Pada Mahasiswa Prodi Manajemen S-1 Universitas Pamulang). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(2), 668. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i2.623
Astuti, D. S., & Lutfi, M. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 9(2), 132–144. https://doi.org/10.37932/j.e.v9i2.64
Gultom, D. K., Arif, M., & Muhammad Fahmi. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan Dedek. MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 273–282. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO
Huda, O. K., & Nugroho, A. T. (2020). Pengaruh Word of Mouth dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Smartphone Oppo Dimediasi Kepercayaan Merek. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(02), 141. https://doi.org/10.33370/jpw.v22i02.436
Laely, N. (2016). Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pada PT. Telkomsel di Kota Kediri. Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, 3(02), 61–74. https://doi.org/10.30996/jmm17.v3i02.802
Mamahit, J. J., Massie, J. D. D., & Ogi, I. W. J. (2022). Analisis Pengaruh Customer Relationship Management (CRM), Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Wifi Indihome (Studi Kasus Perumahan Alandrew Permai Manado). Jurnal EMBA, 12(4), 1999–2008.
Manyanga, W., Makanyeza, C., & Muranda, Z. (2022). The effect of customer experience, customer satisfaction and word of mouth intention on customer loyalty: The moderating role of consumer demographics. Cogent Business and Management, 9(1), 1–21. https://doi.org/10.1080/23311975.2022.2082015
Nawarini, A. T. (2019). Pengaruh Perceived Value Dan Kepuasan Pada Loyalitas Pengguna Kartu Seluler Di Kota Purwokerto Dengan Variabel Variety Seeking Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 21(1). https://doi.org/10.32424/jeba.v21i1.1294
Rabiqy, Y. (2019). Pengaruh Ekspektasi Pelanggan, Kualitas Produk Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Internet Telkomsel Di Banda Aceh. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 1(1), 53–63. https://doi.org/10.35308/jbkan.v1i1.912
Ranto, D. W. P. (2017). Pengaruh Citra Toko Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Di Yogjakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, IV(2), 1–11.
Rohana, T. (2020). Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(1), 28–32.
Sasmiyarsi, W., & Meliana, V. (2019). Pengaruh Inovasi Proses T-Cash Tap Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Telkomsel. KALBISOCIO Jurnal Bisnis Dan Komunikasi, 6(1).
Suwarsito, S., & Aliya, S. (2020). Kualitas Layanan Dan Kepuasan Serta Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 3(1), 27–35. https://doi.org/10.33557/jibm.v3i1.826
Verinita, V., & Indrianti, R. (2019). The Relationship of Destination Image, Quality of Tourist Product Attributes, Word of Mouth, Electronic Word of Mouth (E-Wom) on Visiting Decisions. Journal of Business Studies and Management Review (JBSMR), 3(1), 62–66. https://online-journal.unja.ac.id/jbsmr/article/view/8523
Widodo, W., & Kumala, M. C. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Alumunium. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(2), 37–44. https://doi.org/10.35137/jmbk.v7i2.291