Analisis Lingkungan Internal Dan Eksternal Untuk Perencanaan Strategi Bisnis : Studi Kasus Pada Umkm Della Bakery&Cake
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
UMKM sebagai sektor bisnis yang menopang perekonomian Indonesia harus merencanakan strategi bisnis dengan tepat untuk menghadapi kompetisi dan perubahan-perubahan yang terjadi, yang meliputi aspek pemasaran produk dan layanan sampai operasional. Riset ini bertujuan membantu UMKM merumuskan strategi yang efektif berdasarkan analisis yang mendalam terhadap kondisi internal dan lingkungan eksternal perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus, dengan data primer dikumpulkan melalui depth interview, dan data sekunder diperoleh melalui obervasi dan studi literasi. Pemeriksaan kredibilitas dan narasi, triangulasi sumber dan triangulasi metode digunakan untuk memverifikasi keandalan data. Matriks IFE (Internal Factor Evaluation) dan EFE (External Factor Evaluation) digunakan untuk melakukan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IFE dan EFE berada pada sel V dan strategi yang disarankan adalah pengembangan produk,penetrasi pasar,dan pengembangan pasar.kebutuhan dan tuntutan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Piksi Ganesha Indonesia
References
ASEAN. (2022). ASEAN Investment Report 2022: Pandemic Recovery and Investment Facilitation. October.
Aspiranti, T. (2008). Potensi dan kendala usaha mikro kecil dan menengah. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Performa), 35–53. http://ejournal.unisba.ac.id/index.php/performa/article/view/6076%0Ahttps://ejournal.unisba.ac.id/index.php/performa/article/viewFile/6076/3279
Astuti, A. M. I., & Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 58–70.
Aulia, F. W., Aprialinita, D., Putra, S. E., & Putri, A. M. (2021). Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal dalam Menghadapi Kompetitor di Masa Pandemi pada Perusahaan Indofood. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2861.
Damuri, Y. R., Aswicahyono, H., Hirawan, F., Setiati, I., & Simanjuntak, I. (2020). Langkah Pemberdayaan UMKM dalam Menghadapi Covid-19. Centre for Strategic and International Studies, 2020, 75–75. https://doi.org/10.1007/978-1-349-59541-9_127
Fadhilah, D. A., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing Studi Kasus Usaha Kremes Desa Cibunar Kecamatan Rancakalong. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, XII(1), 17–22.
Istiqomah, I., & Andriyanto, I. (2018). Analisis SWOT dalam Pengembangan Bisnis (Studi pada Sentra Jenang di Desa Kaliputu Kudus). BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 5(2), 363. https://doi.org/10.21043/bisnis.v5i2.3019
Maizir, I. F., Al-khairi, P. A., & Sari, A. D. (2020). Analisis Lingkungan Tempat Kerja Dalam Peningkatan Produktivitas Pada Umkm Konveksi XYZ Dengan Menggunakan Metode 6S. Industrial Engineering Online Journal, 89–95.
Mashuri, M., & Nurjannah, D. (2020). Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1(1), 97–112. https://doi.org/10.46367/jps.v1i1.205
Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 1. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878
Prastika, M., & Sadjiarto, A. (2018). Analisis SWOT Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Industri Kreatif Sarang Lebah Salatiga. Jurnal Ekodunamika, 1(3). https://ejournal.uksw.edu/ecodunamika/article/view/1997
Rainanto, B. (2019). ANALISIS PERMASALAHAN YANG DIHADAPI OLEH PELAKU USAHA MIKRO AGAR BERKEMBANG MENJADI USAHA KECIL (SCALLING UP) PADA UMKM DI 14 KECAMATAN DI KABUPATEN BOGOR. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan (JIMKES), 7(1), 201–210.
Riyanto, S. . (2018). Analisis Pengaruh Lingkungan Internal Dan Eksternal Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Usaha Kecil Menengah (Ukm) Di Madiun. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 5(3), 159–168. https://doi.org/10.35794/jmbi.v5i3.21707
Sentiago, B., & Hidayatulloh, A. (2019). Analisis Faktor Eksternal terhadap Faktor Internal dan Dampaknya terhadap Kinerja UKM Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(2), 123–134.
Setiawati, R., Fachrial, P., & Widia, R. (2020). Formulasi Strategi Peningkatan Penjualan Cargo Service Center PT Citilink Indonesia di Jakarta. Jurnal Manajemen, 11(1), 35. https://doi.org/10.32832/jm-uika.v11i1.2925
Sulistiyo, H., & Putra, R. A. K. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah Sektor Industri Pengolahan Kabupaten Bekasi. Eqien: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 7(2), 38–48. https://doi.org/10.34308/eqien.v7i2.145
Suparjo. (2016). Perumusan Strategi Pemasaran UKM dengan Pendekatan SWOT Analisis untuk Meningkatkan Pemasaran. JHP17 Jurnal Hasil Penelitian LPPM Untag Surabaya, 01(01), 1–10.
Syaifudin, A. (2022). Analisis Strategi Untuk Pengembangan Usaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Gresik Jawa Timur. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 10(1), 41–46. https://doi.org/10.51747/ecobuss.v10i1.919
Veranita, M., Almamalik, L., & Ikhsan, S. (2022). Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial oleh UMKM Di Era Pandemi: Studi Kasus pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Kabupaten Bandung. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(1), 89–96. http://journal.ikopin.ac.id/index.php/coopetition/article/view/590%0Ahttps://journal.ikopin.ac.id/index.php/coopetition/article/download/590/801
Willem, A., & Tumbel, A. L. (2020). Analisis Efektivitas Marketing Media Sosial Facebook Terhadap Keputusan Pelanggan D’Brothers Laundry Analysis of the Effectiveness of Social Media Marketing on Facebook on D’Brothers Laundry’S Customer Decisions. Samadi… 156 Jurnal EMBA, 8(1), 156–1165.