Pengaruh Variasi Menu, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Di Tom Sushi Pada Mahasiswa FEBI UINSU

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ahmad Fuadi Tanjung
Raju Adha
Chuzaimah Batubara

Abstract

Suatu perusahaan perlu memperhatikan orientasi dalam mempertahankan bisnis terkait dengan strategi perusahaan dalam mencari pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi menu, harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian makanan di Tom Sushi oleh mahasiswa FEBI UINSU. Metode deskriptif kuantitatif digunakan dengan 100 responden yang dipilih secara purposive sampling. Kajian ini membahas tentang strategi pemasaran restoran.  Hasilnya menunjukkan variasi menu tidak berpengaruh secara parsial, tetapi harga dan lokasi memengaruhi keputusan pembelian. Secara keseluruhan, ketiga variabel tersebut berpengaruh simultan terhadap keputusan pembelian di Tom Sushi oleh mahasiswa FEBI UINSU. Temuan penelitian ini memiliki kontribusi teoritis dan praktis yang penting. Secara teoritis, menekankan determinan keputusan pembelian di restoran. Secara praktis, menyoroti pentingnya variasi menu, harga, dan lokasi untuk menciptakan keputusan pembelian berulang.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Tanjung, A. F., Adha, R., & Batubara, C. (2023). Pengaruh Variasi Menu, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Di Tom Sushi Pada Mahasiswa FEBI UINSU. Jurnal E-Bis, 7(2), 586-600. https://doi.org/10.37339/e-bis.v7i2.1277

References

Ainun Reska. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Membeli Produk Takaful Dana Pendidikan pada PT Takaful Keluarga Cabang Medan. 3(1), 951–985.
Antika, N. W. P. F., & Indiani, N. L. P. (2023). Peran Variasi Menu, Lokasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Kembali (Studi Kasus Pada Zactie Bar and Restaurant). Warmadewa Management and Business Journal (WMBJ), 5(1), 1–13. https://doi.org/10.22225/wmbj.5.1.2023.1-13
Aprileny, I., Arifiani, P. N., & Emarawati, J. A. (2022). Pengaruh Variasi Menu, Store Atmosphere Dan Citra Restoran Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Konsumen: Restoran Bijin Nabe By Tsukada Nojo Plaza Senayan, Jakarta). Ikraith-Ekonomika, 5(3), 108–116. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v5i3.2446
Ayu Fahriana. (2012). PENGARUH VARIASI MENU, KUALITAS PRODUK DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DONAT KAMPAR. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 1(8), 1–21.
Dewi, L. K. C., Widagdo, S., Martini, L. K. B., & Suardana, I. B. R. (2022). Pengaruh Digital Marketing Dan Customer Relationship Marketing Terhadap Keputusan Wisatawan Dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 6(2), 243–270. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2022.v6.i2.5205
Dharmawan, W. P., & Oktafani, F. (n.d.). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Makanan pada Aplikasi Gojek. 5(1), 130–140. https://doi.org/10.37531/sejaman.vxix.456
Fitriyani, S., Murni, T., & Warsono, S. (2019). Pemilihan Lokasi Usaha Dan Pengaruhnya Terhadap Keberhasilan Usaha Jasa Berskala Mikro Dan Kecil. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(1), 47–58. https://doi.org/10.33369/insight.13.1.47-58
Nurhadi. (2019). Manajemen Strategi Pemasaran Bauran (Marketing Mix) Perspektif Ekonomi Syariah. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 6(2), 142–157.
Permana, A. E., Yusnita, R. T., Suci, ), Lestari, P., Program, ), Manajemen, S., Ekonomi, F., Bisnis, D., & Perjuangan Tasikmalaya, U. (2022). The Effect Of Caf Menu Variations And Atmosphere On Competitive Advantage (Case Study on Volkswagen Café in Tasikmalaya) Pengaruh Variasi Menu Dan Atmosfer Café Terhadap Keunggulan Bersaing (Survei Pada Konsumen Volkswagen Café di Tasikmalaya). Journal of Indonesian Management, 2(3), 719–726.
Puspitaningrum, Y., & Aji Damanuri. (2022). Analisis Lokasi Usaha Dalam Meningkatkan Keberhasilan Bisnis Pada Grosir Berkah Doho Dolopo Madiun. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 2(2), 289–304. https://doi.org/10.21154/niqosiya.v2i2.977
Santoso, K. I., & Nugroho, M. (2020). Analisis Desain Menu Pada Restoran. II(September 2019), 1–12.
Simanjuntak, C. P., & Drs. Budiono, M. S. (2020). Pengaruh kualitas produk, promosi dan harga terhadap keputusan pembelian makanan cepat saji. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Jakarta, 21(2), 1–17.
Sutantri, S. C. (2019). Pencak Malioboro Festival Sebagai Soft Power Dalam Promosi Pariwisata di Yogyakarta. 10, 22–25.
Syah, N. H. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Melalui Online Shop di Kota Medan. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 6(2), 213. https://doi.org/10.30829/ajei.v6i2.768
Tahir, M. (2023). Pengaruh Produk , Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Smart Phone Pada Toko Rahmat Cell Di Kabupaten Mamuju The Effect of Product , Price and Location on Smart Phone Purchasing Decisions at Rahmat Cell Stores in Mamuju Regency. 2(1), 91–105.
Turzillo, A. M., Campion, C. E., Clay, C. M., & Nett, T. M. (1994). PRINSIP DASAR MANAJEMEN PEMASARAN. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 135, Issue 4).
Viana, E. O., & Hartati, R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada rumah makan “Mie Gacoan” Di Daerah Istimewa Yogyakarta). Cakrawangsa Bisnis, 3(2), 149–164. http://journal.stimykpn.ac.id/index.php/cb/article/view/341
Wibowo, F., Khasanah, A. U., & Putra, F. I. F. S. (2022). Analisis Dampak Kehadiran Pasar Modern terhadap Kinerja Pemasaran Pasar Tradisional Berbasis Perspektif Pedagang dan Konsumen di Kabupaten Wonogiri. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 53–65. https://doi.org/10.23917/benefit.v7i1.16057
Zubaidah, I., & Latief, M. J. (2022). Analisis Proses Pengambilan Keputusan Konsumen E-commerce Shopee di Lingkungan RT08 / RW10 Sriamur Bekasi. 6(2), 324–333.