Analisis Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Consumer Cyclicals Di Bursa Efek Indonesia

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Alfi Dufa Wardana Alfi
Rahman Amrullah Suwaidi

Abstract

PPerusahaan consumer cyclicals adalah perusahaan yang sangat sensitive terhadap pengkembangan ekonomi tiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis nilai perusahaan pada perusahaan consumer cyclicals. Variabel X yang digunakan adalah Likuidtas, Leverage dan Rasio Aktivitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor utama Consumer Cylicals Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia pada web www.idx.co.id. Metode penelitian ini menggunakan metode Purposive Sampling Sampel yang memenuhi kriteria penarikan sampel pengamatan yang dilakukan selama tiga tahun dan sebanyak  tiga puluh tujuh (37) Perusahaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Berganda. Hasil penelitian ini membuktikan Likuiditas dan Rasio Aktivitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Alfi, M. A. D. W., & Suwaidi, R. A. (2023). Analisis Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Consumer Cyclicals Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal E-Bis, 7(2), 647-658. https://doi.org/10.37339/e-bis.v7i2.1313

References

Aprilia, N., & Riharjo, I. B. (2023). Pengaruh kebijakan hutang, profitabilitas, dan likuiditas terhadap nilai perusahaan. 12(Vol 12 No 1).
Ariosafira, T. R., & Suwaidi, R. A. (2022). Pengaruh Profitabilitas dan Aktivitas terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Moderasi pada Perusahaan Property dan Real Estate. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(2), 773. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i2.645
Baihaqi, N., Geraldina, I., & Wijaya, S. Y. (2021). Pengaruh Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan pada Kondisi Kedaruratan Pandemi Covid-19. Jurnal Akunida, 7(1), 72–84.
Hariningsih, E., & Harsono, M. (2019). Kajian Kritis Kontribusi Signaling Theory Pada Area. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 2(2), 241–257.
Irawan, P., & Mu’arifin, H. (2021). ANALISIS KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DITINJAU DARI RENTABILITAS, LIKUIDITAS DAN SOLVABILITAS. 3(3), 533–545.
Jannata, S. N. (2022). Analisis Nilai Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Sub Sektor Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia. 3(4), 739–754.
Merinda, P., & Pertiwi, T. K. (2019). Analisis Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Transportasi Di Bursa Efek Indonesia. Potensi Perkembangan Ekonomi Digital Di Indonesia, 55–63.
Nisa, K., & Muslimah, N. (2020). Pengaruh Manajemen Modal Kerja Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur di Indeks Saham Syariah The influence of working capital management on financial performance of manufacturing in the Indonesia sharia stock. 1(3), 54–70.
Pangestu, J. C. (2022). Peran kebijakan hutang pemoderasi pada pengaruh kinerja keuangan dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan saat pandemik covid 19 di indonesia. 3(2), 189–202.
Pradani, A. P., Nur, D. I., & Wikartika, I. (2021). ANALISIS KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN WHOLESALE. Ilmu Manajemen, 10.
Pratiwi, T. A., & Budiarti, A. (2020). Struktur Modal Memediasi Pertumbuhan Perusahaan dan ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 3(2), 126–143. https://doi.org/10.36778/jesya.v3i2.166
Ramadhan, M., & Takarini, N. (2022). Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Food And Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia ( BEI ). SEIKO: Journal of Management & Business, 5(2), 461–469. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/view/2305/0
Rezki, A., & Meilany, P. (2022). SEIKO?: Journal of Management & Business Pengaruh Likuiditas , Rasio Aktivitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Leverage sebagai Variabel Moderasi pada Perusahaan Sektor Teknologi Yang Terdaftar di BEI. 4(3), 463–472. https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.2666
Rina, Ass, S. B., & Nurwahidah, M. (2019). Analisis Rasio Aktivitas Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Brand, 1(2), 4–7. http://ejournals.umma.ac.id/index.php/brand/article/view/435
Sukmahayati, L., & Suwaidi, R. (2021). Jurnal E-Bis ( Ekonomi-Bisnis ) Analisis Nilai Perusahaan pada Sektor Food and Beverages yang Terdaftar. 5(2), 425–438.
Surya Abbas, D., & Dillah, U. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan (Jurnal Akutansi dan Manajemen, Vol. 17 No.01). 17(01), 42–49.
Suryani, F. (2020). The Effect of Current Ratio , Quick Ratio , and Debt To Equity Ratio on Profit of Consumption Industry Companies Pengaruh Rasio Lancar , Rasio Cepat , Rasio Utang terhadap Ekuitas terhadap Laba pada Perusahaan Industri Konsumsi. 1(1), 25–37.
Yuininingsih. 2018. “Dasar-Dasar Manajeimein Keiuiangan, Eidisi Peirtama. Sidoarjo: Indomeidia Puistaka