Gaya Hidup dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kopi Nescafe di Kabupaten Mojokerto

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rohmatus Shofia
Ugy Soebiantoro

Abstract

Perkembangan pesat sektor minuman ringan dewasa ini telah menimbulkan terjadinya persaingan komersial yang nyata, yang terlihat pada ranah minuman olahan berbahan dasar kopi. Meningkatnya pola konsumsi individu yang rutin mengonsumsi kopi telah menghasilkan banyak produk baru. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh gaya hidup dan citra merek terhadap perilaku pembelian konsumen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah individu pengguna produk Nescafé di Kabupaten Mojokerto dengan jumlah sampel 100 responden. Metodologi sampel penelitian ini adalah non-probability sampling, khususnya menggunakan purposive sampling. Metodologi dalam analisis data melibatkan penggunaan pendekatan analisis partial least square (PLS). Hasil penelitian yaitu terdapat hubungan positif dan signifikan secara statistik antara gaya hidup, citra merek, dan keputusan pembelian barang Nescafé di Kabupaten Mojokerto.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Shofia, R., & Soebiantoro, U. (2023). Gaya Hidup dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kopi Nescafe di Kabupaten Mojokerto. Jurnal E-Bis, 7(2), 682-692. https://doi.org/10.37339/e-bis.v7i2.1359

References

Anoraga, & Iriani. (2014). PENGARUH GAYA HIDUP DAN KELOMPOK ACUAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MEREK SAMSUNG GALAXY.
Candra Gunawan, A., & Susanti Sekolah Tinggi Ilmu Eknomi, F. (2019). PENGARUH BAURAN PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK MAYBELLINE DI KOTA PADANG.
Dwi Pangestu, S., & Dra Sri Suryoko, dan. (2016). PENGARUH GAYA HIDUP (LIFESTYLE) DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus pada Pelanggan Peacockoffie Semarang). http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/kafe-tumbuh-pesat/
Fatmaningrum, R. S., & et al. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi , 4(1), 1–13.
Faulina, T., & Susanti, F. (2023). PENGARUH GAYA HIDUP DAN KELAS SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MEREK SAMSUNG DI BHINTANG PONSEL PADANG. https://doi.org/10.46306/vls.v3i1
Firmansyah, A. (2019). Pemasaran (Dasar & Konsep). June, 398.
Gandes, K. (2016). PENGARUH GAYA HIDUP, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KAIN BATIK MIROTA SURABAYA.
Hanif Nasution, H., & Nobelson. (2022). Pengaruh Strategi Promosi Media Sosial Instagram, Citra Merek, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hito Coffee Bekasi.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing, Seventeenth Edition. In Pearson.
Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara?: Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83. https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.795
Nasution, S. L., Herawati Limbong, C., & Ramadhan Nasution, D. A. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE(Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu).
Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., Asir, M., Majenang, S., Jambatan Bulan, S., Bina Bangsa, U., Bandung, S., & Makassar, I. (2023). Literature Review: Analysis Of Factors Influencing Purchasing Decisions, Product Quality And Competitive Pricing Literature Review: Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 4, Issue 1). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Primadasari, A., & Sudarwanto, T. (2021). Pengaruh brand awareness, brand image, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. FORUM EKONOMI, 23(3), 413–420. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI
Sepang, J., & Mandagie, M. (2014). Iklan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Gsm Tri Di Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 1575–1583.
Setiadi, N. J. (2019). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Prenadamedia Group.
Somantri, B., Afrianka, R., & Fahrurrazi. (2020). Pengaruh Gaya Hidup dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Iphone (Studi Kasus pada Siswa dan Siswi SMAN 3 Kota Sukabumi). Cakrawala-Repositori IMWI, 3(1), 1–10.
Sudodo, Y., & Hakim, L. (2019). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Oriflame( Studi Kasus pada Konsumen Oriflame di Kabupaten Sumbawa ). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 1.
Sumarwan, U. (2014). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia.
Susanti, T., & Susanti, D. N. (2021). Pengaruh Citra Merek, Variasi Produk dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Wardah (Studi pada Konsumen Pengguna Lipstik Wardah di Kabupaten Kebumen). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 3(6), 1157–1167.
Terence A. Shimp. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Periklanan dan Promosi. Salemba Empat.
Vivian, S. (2020). Pengaruh Brand Image dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z pada Produk Starbuck. In Jurnal Transaksi (Vol. 12, Issue 1).
Wiranata, & Prayoga. (2020). PENGARUH DIGITAL MARKETING, QUALITY PRODUCT DANBRAND IMAGETERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROTI DI HOLLAND BAKERY BATUBULAN.
Wowor, C., Lumanuw, B., Ogi, I., Wowor, C. A., Lumanauw, B., Ogi, I. W., Manajemen, J., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2021). PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI JANJI JIWA DI KOTA MANADO THE INFLUENCE OF BRAND IMAGE, PRICE AND LIFESTYLE ON BUYING DECISION OF JANJI JIWA COFFEE IN MANADO CITY. 9(3), 1058–1068.
Yulianti, Y., & Deliana, Y. (2018). Gaya Hidup Kaitannya dengan Keputusan Konsumen dalam Membeli Minuman Kopi. Jurnal AGRISEP, 17(1), 39–50. https://doi.org/10.31186/jagrisep.17.1.39-50
Zahroh, A., & Dwijayanti, R. (2020). PENGARUH BRAND IMAGE DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KOPI JANJI JIWA DI ROYAL PLAZA SURABAYA. 8(2), 6.