Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Shopee Food Di Kota Bandung

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhamad Akbar Suryadarma
Pramitha Aulia

Abstract

In fact, to achieve economic equality in Indonesia, we must utilize the large volume of e-commerce transactions. This is possible if local economic sectors such as plantations, agriculture, fisheries, and even MSMEs from all regions can actively participate in digital trade. The purpose of this study was to determine how the effect of the promotion mix on product purchasing decisions at Shopee Food in Bandung City. This study applies quantitative methods with data analysis techniques using descriptive analysis. Population and samples used consumers who have bought products from Shopee Food who live in Bandung City with the number of users is not known with certainty. The sample in this study used Purposive Sampling with 100 respondents. Based on the test results, Promotion Mix has an influence on purchasing decisions partially and also simultaneously.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Suryadarma, M. A., & Aulia, P. (2023). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Shopee Food Di Kota Bandung. Jurnal E-Bis, 7(2), 659-666. https://doi.org/10.37339/e-bis.v7i2.1380

References

Andriani, Femi. (2021). Pengaruh Iklan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Tokopedia (Studi Kasus Pada Pengguna Tokopedia di Jabodetabek). JIMEN Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen. 1, 266-178.
Ardiansyah, A. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Digital, Promosi, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Shopeefood. Jurnal Manajemen Universitas Satya Negara Indonesia. 6, 22–35.
Ariyani, Riska. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap; Kepuasan Pelanggan, Perceived Value, dan Loyalitas Pelanggan Pengguna Shopee Food di Kota Yogyakarta. Jurnal Indonesia Sosial Sains. 3, 639-648.
Fauzan, Moh. (2019). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Menggunakan Tabungan ib Hasanah Pada PT. BNI Syariah Cabang Palu. Jurnal Perbankan Dan Keuangan Syariah. ¬1, 37-55.
Febrianti, Resti. (2023). The role of website quality, perceived value, and consumer satisfaction on repurchase intentions of Indonesian railway tickets. Journal Of Enterprise and Development. 5, 123-136.
Garib, Wini Bin. (2019). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Pada Pt. Hasjrat Abadi Sentral Yamaha Malalayang. Jurnal EMBA. 7, 901-910.
Haryani, D. S. (2019). Pengaruh Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Tanjungpinang. Jurnal Dimensi, 8, 198–209.
Kaluku, F. (2018). Analisis Bauran Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Unggulan Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Manado. Jurnal EMBA, 6, 888–897.
Khusna, Galu Khotimatul. (2017). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dunkin’donuts Bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship. 11, 27-36.
Kusmiati Yopi. (2020). Promosi Pariwisata Islami Sebagai Komunikasi Pembangunan Pemerintah Kota Pagaralam Sumatera Selatan. Jurnal Kajian Dakwah Dan Kemasyarakatan. 24, 34-49.
Lestari, Maya Alda. (2021). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Gofood Di Kota Bandung. Telkom University. 24, 15-26.
Reppi, Lavenia V. Y. (2021). Bauran Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Grabfood (Study Pada Pengguna Jasa Grabfood Di Kota Manado Pada Masa Pandemi Covid-19). Jurnal EMBA, 9, 1482-1490
Rusby, Z. (2017). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Peningkatan Jumlah Tamu Pada Wsima Graha Az-Zahra Pekanbaru. Jurnal Al-Hikmah, 14, 1412–5382.
Sae, Marchellino Ronaldo. (2023). Pengaruh Kualitas Informasi, Nilai Yang Dirasakan Pelanggan, Dan Kualitas Pengalaman terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Shopeefood. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah. 5, 2369-2382.
Sari, Ni Putu Wistya. (2015). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Oles Bokashi . E-Jurnal Manajemen Unud. 4, 1271-1282.
Sari, Rissa Mustika. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi). 5, 1171-1184.
Wiastuti, R. D. (2018). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian di Simetri Coffee Roaster Puri, Jakarta. Jurnal Pariwisata, 5, 136–136.
Widodo, A. & Y. R. (2021). Metodelogi Penelitian Penentuan Metode Dengan Pendekatan Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). . PT Refika Aditama.
Widyayanti, Evi Rosalina. (2022). Analisis Penjualan Produk Kuliner Melalui Online Pada Aplikasi Sophee Platform Sopheefood Di Yogyakarta . Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia. 2, 394-417.