Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Strength Weakness Opportunity Threat Di Martabak Acil Gama Cikutra Bandung

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yehezkiel Eberhard Sagala
Barick Ahmad Setiawan

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh Martabak Acil Gama di Cikutra Bandung dan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT dan QSPM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode deskriptif, dengan menggunakan teknik analisis Matrik SWOT, dan Matrik QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekutan utama perusahaan adalah memiliki rasa yang lezat dan berkualitas, melayani pemesanan dan penjualan online dan offline, sedangkan kelemahan utama nya adalah minimnya kegiatan promosi, untuk peluang utamaya adalah berada pada lokasi yang strategis, sedangkan ancaman terbesar nya yaitu fluktuasi harga dan kelangkaan bahan baku. Hasil simpulan dari analisis tersebut dapat dilihat bahwa Martabak Acil Gama berada pada sel IV pada Matrik IE. Hasil analisis berdasarkan Matrik QSPM yaitu meningkatkan kegiatan promosi disosial media dengan skor TAS tertinggi yakni sebesar 6,06.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Yehezkiel Eberhard Sagala, & Setiawan, B. A. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Strength Weakness Opportunity Threat Di Martabak Acil Gama Cikutra Bandung. Jurnal E-Bis, 8(1), 216-228. https://doi.org/10.37339/e-bis.v8i1.1449

References

Kistari, F. A., & Marlena, N. (2022). Analisis Swot Sebagai Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Usaha Sentra Ukm Telur Asin Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Pendidikan Tambusai, 6(2), 14595–14605.
Lestari, T. I., & Yunita, L. (2020). The Implementation of SWOT Analysis As a Basis For Determining Marketing Strategies. Enrichment: Journal of Management, 10(2), 25–29.
Lupi, F. R., & Nurdin. (2016). Analisis strategi pemasaran dan penjualan. Jurnal Elektronik Sistem Informasi Dan Komputer, 2(1), 20–31.
Luthfiyah, A., Djamhur, F., Melinda, R., Rasyid, Y., Mustika Putri, A., Studi Akuntansi, P., Ekonomi dan Bisnis, F., & Muhammadiyah Riau, U. (2021). Analisis SWOT Untuk Meningkatkan Manajemen Strategi Pada UMKM (Studi Usaha Jahit Pani di Pekanbaru). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3033–3041. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1337
Noor, S. (2014). Penerapan Analisis Swot dalam Menentukan Strategi Pemasaran Daihatsu Luxio di Malang. Jurnal INTEKNA, 14(2), 102–209.
Nur’Aini, F. (2023). Master Analisis SWOT (F. Husaini (ed.); Pertama). Anak Hebat Indonesia.
Putong, I. (2020). Teknik Pemanfaatan Analisis SWOT Tanpa Skala Industri (A-SWOT-TSI). Jurnal Ekonomi & Bisnis, 2(8), 65–71. http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/491/1/PUTONG_65-71.pdf
Saefullah, E., Nani Rohaeni, B., & Tabroni, Ma. (2022). Manajemen Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Penerbit Cv.Eureka Media Aksara.
Setyorini, H., Effendi, ud, & Santoso, I. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang) Marketing Strategy Analysis Using SWOT Matrix and QSPM (Case Study: WS Restaurant Soekarno Hatta Malang). Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46–53.
Sugiyono, P. D. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (27th ed.). Alfabeta.
Sundari, Octobery, R., & Abolladaka, J. (2020). Strategi Usaha Dengan Analisis SWOT Pada Rental Adinda Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 12(1), 49–56. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JP-IPS/article/view/1135/962
Tamara, A. (2016). Implementasi Analisis Swot Dalam Strategi Pemasaran Produk Mandiri Tabungan Bisnis. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 4(3), 395–406.
Wahyudin, W., Herwanto, D., Nugraha, B., Hamdani, H., & Putra, C. G. G. (2021). Pemberdayaan Strategi Umkm Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat Dengan Pendekatan Analisis Swot. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 236. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6225
Widowati, M., & Andrianto, F. (2022). Analisis Swot Untuk Pengembangan Bisnis. Jurnal Teknologika (Jurnal Teknik-Logika-Matematika), 21.
Yulia, Bahtera, N., & Evahelda. (2019). a Swot Analysis on the Implementation of the Marketing Strategy: a Case Study in the Raja Abon Makmur Lestari, Pangkalpinang City. INDONESIA. International Journal Of Business And Economy, 1(2), 24–30. http://myjms.mohe.gov.my/index.php/ijbechttp://myjms.mohe.gov.my/index.php/ijbechttp://myjms.mohe.gov.my/index.php/ijbec