User Interface, User Experience, Gratis Ongkir Terhadap Keputusan pembelian melalui Preferensi E-Commerce Sebagai mediasi
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Ada banyak faktor yang Mempengaruhi preferensi seseorang dalam memilih aplikasi e-commerce dan melakukan keputusan pembelian, Tmenganalisis pengaruh User Interface (UI), User Experience (UX), dan promo Gratis.Ongkos kirim r terhadap keputusan pembelian.dengan.preferensi.penggunaan aplikasi sebagai variabel intervening. Fokus penelitian adalah pengguna e-commerce Tokopedia di wilayah.Yogyakarta. Peneliti ingin mengetahui apakah variabel preferensi penggunaan apliaksi e-commerce dapat memediasi variabel User interface, User.experience dan promo gratis ongkir terhadap keputusan pembelian ? Metode penelitian menggunakan kuantitatif data dikumpulkan melalui survei online. Analisis data dilakukan menggunakan teknik regresi 2 jalur untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel independen (UI, UX, dan promo Gratis Ongkir) terhadap variabel intervening (preferensi penggunaan aplikasi) lalu selanjutnya dengan variabel dependen (keputusan pembelian) Hasilnya variabel Preferensi tidak memediasi pengaruh antara variabel user interface terhadap keputusan pembelian, tetapi Variabel Preferensi penggunaan aplikasi e-commerce mampu memediasi antara Variabel user experience, promo gratis ongkir terhadap keputusan pembelian
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Piksi Ganesha Indonesia
References
Amalia, R. D., Wibowo, S., & Si, M. (2019). Analisis siaran iklan dan gratis ongkos kirim sebagai tipu muslihat di youtube terhadap minat beli konsumen (studi pada e-commerce shopee) universitas telkom.
A’yuni, S. G., & Chusumastuti, D. (2020). Pengaruh User Interface Aplikasi Shopee terhadap Minat Beli Masyarakat The Effect of User Interface of Shopee Application to People’s Buying Interest.
Hadiansyah, I. (2021, Agustus 23). Jenis-jenis User Interface (Tipe, Definisi, dan Contoh). Portal UX. Https://portalux.id/jenis-jenis-user-interface-tipe-definisi-dan-contoh/
Irma Marpaung, F. L. (2023). Pengaruh iklan, sistem cod, dan promo gratis ongkir terhadap keputusan pembelian pada tiktokshop (studi kasus pada mahasiswa uin sumatera utara) | jmbi unsrat (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jmbi/article/view/44292
ISO 9241-210:2019(en), Ergonomics of human-system interaction—Part 210: Human-centred design for interactive systems. (t.t.). Diambil 9 April 2023, dari https://www.iso.org/obp/ui/#iso:std:iso:9241:-210:ed-2:v1:en
Izzuddin, M. G., & Ilahiyyah, I. (2022). Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 12(1), 144. Https://doi.org/10.30588/jmp.v12i1.994
Maulana, H. A., & Asra, Y. (2019). Analisa Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce oleh Generasi Z di Daerah Pedesaan. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 7(2), 162. Https://doi.org/10.35314/inovbiz.v7i2.1220
Permana, P. A. G. (2018). Penerapan Metode TAM (Technology Acceptance Model) dalam Implementasi Sistem Informasi Bazzar Banjar. 10(1).
Purnama, N. I., & Putri, L. P. (2021). Analisis Penggunaan E-Commerce Di Masa Pandemi. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), Article 1. Https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.357
Razali, G., Andamisari, D., & Saputra, J. (2022). Pengaruh promosi diskon dan gratis ongkir shopee terhadap keputusan pembelian konsumen. Citizen?: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(3), 482–491. Https://doi.org/10.53866/jimi.v2i3.132
Rusni, A., & Solihin, A. (2022). pengaruh motivasi belanja hedonis, diskon harga dan tagline “gratis ongkir” terhadap keputusan pembelian impulsif secara online di shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 7(2), 167–179. Https://doi.org/10.38043/jimb.v7i2.3841
Sabar, S., Dewi, R. E., Teofilus, Gosal, G. G., & Budi, A. S. (2022). Pengaruh User Interface Pada Platform Digital Shopee Terhadap Shopping Enjoyment Customer Dalam Paradigma Information Foraging Theory. MBR (Management and Business Review), 6(2), Article 2. Https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/mbr/article/view/7297
Sai, kommaru. (2020). UI/UX impacts on product sales.
Sanjaya, C., & Candraningrum, D. A. (2021). Pengaruh Promosi Gratis Ongkos Kirim Shopee Terhadap Minat Beli Konsumen di Toko Non Star Seller. Prologia, 5(2), 369. Https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10216
Syam, S. A., Haeruddin, M. I. W., Ruma, Z., & Musa, I. (2020). pengaruh preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian produk pada marketplace.
Tusanputri, A. V., & Amron, A. (2021). Pengaruh iklan dan program gratis ongkir terhadap keputusan pembelian. FORUM EKONOMI, 23(4), Article 4. Https://doi.org/10.30872/jfor.v23i4.10213
Watulingas, E. B. (2020). The influence of user interface, user experiance and digital marketing toward purchase intention (study in sejasa.com). International Humanities and Applied Science Journal, 3(2). Https://doi.org/10.22441/ihasj.2020.v3i2.05
Widjieanto, G. F. (2020). Analisa pengaruh user experience terhadap customer loyalty dengan trust sebagai variabel intervening pada aplikasi digital payment dana.
Zulfikar hardiansyah. (2022). Pengertian E-Commerce beserta Jenis, Contoh, dan Manfaatnya Halaman all—Kompas.com. Https://tekno.kompas.com/read/2022/09/26/10150007/pengertian-e-commerce-beserta-jenis-contoh-dan-manfaatnya?Page=all