Peran Pemasaran Digital Dalam Mengembangkan Bisnis Syariah Di Era Digital

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yessi Avita Sari
Reza Ronaldo

Abstract





Perkembangan zaman dan kompleksitas bisnis mendorong perusahaan untuk mengelola hubungan pelanggan dan meningkatkan daya saing melalui pemasaran digital sejalan dengan pengembangan bisnis syariah. Penelitian ini mengeksplorasi peran pemasaran digital dalam bisnis syariah di era digital, dengan tujuan memahami dinamika pemasaran, fokus pada implementasi bisnis syariah, dan dampaknya terhadap kepercayaan konsumen. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa platform seperti YouTube, Facebook, dan Instagram memiliki dampak besar dalam meningkatkan visibilitas dan mencapai audiens luas. Implementasi bisnis syariah membawa nilai-nilai keadilan, transparansi, dan integritas dalam pemasaran, menciptakan lingkungan bisnis yang patuh terhadap syariah. Kesimpulan penelitian menegaskan bahwa pemasaran digital efektif untuk pengembangan bisnis syariah jika diimplementasikan sesuai prinsip-prinsip Islam, dengan keberhasilan tergantung pada keselarasan inovasi digital, nilai bisnis syariah, dan kepatuhan terhadap etika Islam, yang membangun kepercayaan konsumen dan mendukung pertumbuhan bisnis di era digital.





##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sari, Y. A., & Ronaldo, R. (2024). Peran Pemasaran Digital Dalam Mengembangkan Bisnis Syariah Di Era Digital . Jurnal E-Bis, 8(1), 263-275. https://doi.org/10.37339/e-bis.v8i1.1555

References

Aditama, R. A. (2020). Pengantar Manajemen. https://books.google.co.id/books?id=9zfvDwAAQBAJ&lpg=PR8&ots=a6teDiqNRG&dq=Tujuannya adalah agar setiap komponen perusahaan berjalan secara optimal sehingga aktivitas perusahaan akan berjalan dengan efektif dan efisien. Dengan adanya struktur ini%2C seora
Arifin, N. (2010). Pergeseran Paradigma Pemasaran Global ( Tinjauan Aspek Strategik ). Mengembangkan Sikap Proaktif Terhadap Tuntutan Perubahan., 7(1), 93–102.
Ayesha, I., Pratama, I. W. A., Hasan, S., Amaliyah, Effendi, N. I., Yusnanto, T., Diwyarthi, N. D. M. S., Utami, R. D., Firdaus, A., Mulyana, M., Fitriana, Norhidayati, & Egim, A. S. (2022). Digital Marketing (Tinjauan Konseptual). In Pt. Global Eksekutif Teknologi.
Aysa, imma R. (2021). Tantangan Transformasi Digital Bagi Kemajuan Perekonomian Indonesia Challenges of Digital Transformation for Indonesia’s Economic Progress. Jurnal At-Tamwil Kajian Ekonomi Syariah, 3(2), 140–153.
Cahyono, H. (2020). Konsep Pasar Syariah Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Ecobankers?: Journal of Economy and Banking, 1(2), 14. https://doi.org/10.47453/ecobankers.v1i2.171
Darus, P., & Silviani, I. (2022). Peran Strategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Penjualan Ditinjau Dari Bauran Pemasaran. Message: Jurnal Komunikasi, 60–73. http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/messageilmukomunikasi/article/view/1515%0Ahttp://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/messageilmukomunikasi/article/download/1515/1351
Djayapranata, G. F. (2020). Kepuasan Konsumen Tidak Selalu Linear dengan Loyalitas Konsumen: Analisis pada Restaurant Cepat Saji di Indonesia. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(4), 569–579. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i4.160
Endang, A. H., Pramita, A. J., Syahruddin, A. D., Syafaat, M., & Ismaya, I. (2022). Pengenalan Digital Dalam Membentuk Milenial Kreatif Untuk Menghadapi Era Society 5.0 Di Kabupaten Enrekang. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2), 369–376. https://doi.org/10.37680/amalee.v3i2.1321
Fadilla, I., Wardana, B., Astutiningsih, E., Islam, U., Sayyid, N., & Tulungagung, A. R. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan (Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Moderating) Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(03), 2626–2640.
Fathy, R. (2019). Modal Sosial: Konsep, Inklusifitas Dan Pemberdayaan Masyarakat. Sosioglobal?: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Sosiologi, 3(2), 35. https://doi.org/10.24198/jsg.v3i2.21267
Fauziah, A. (2021). Takaran Dan Timbangan Yang Adil Dalam Perdagangan Sesuai Al-Quran Surat Hud Ayat 85. Ulumul Qur’an, x, 1–10.
Fitrah S.Pd., M.Pd, M., & Luthfiyah Dr, M. A. (2017). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. https://books.google.co.id/books?id=UVRtDwAAQBAJ&lpg=PP1&ots=lrw1DEzjXH&dq=Ruang lingkup merupakan luas objek yang tercakup yang berkenaan dengan batasan- batasan yang dicakup oleh suatu bidang atau kajian&lr&hl=id&pg=PA125#v=onepage&q&f=false
Hartini, S., Fasa, M. I., & Suharto. (2019). Etika Marketing Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Syariah, Akuntansi Dan Perbankan (JESKaPe), 3(1), 75–93. https://doi.org/10.52490/jeskape.v3i1.441
Husni Shabri. (2022). Transformasi Digital Industri Perbankan Syariah Indonesia. El-Kahfi | Journal of Islamic Economics, 3(02), 1–7. https://doi.org/10.58958/elkahfi.v3i02.88
Irawan, H., Dianita, I., & Salsabila Mulya, A. D. (2021). Peran Bank Syariah Indonesia Dalam Pembangunan Ekonomi Nasional. Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi Dan Bisnis Islam, 3(2), 147–158. https://doi.org/10.47435/asy-syarikah.v3i2.686
Khairan, K. (2018). Strategi Membangun Jaringan Kerjasama Bisnis Berbasis Syariah. Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 265–288. https://doi.org/10.33367/tribakti.v29i2.597
Kholid, M. (2018). Prinsip-Prinsip Hukum Ekonomi Syariah Dalam Undang-Undang Perbankan Syariah. Asy-Syari’ah, 20(2), 145–162. https://doi.org/10.15575/as.v20i2.3448
Maksum, M., & Ali, H. (2012). Dasar-Dasar Fikih Muamalah. Fikih Muamalah, 1–37. http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/EKSA4305-M1.pdf
Nasrulloh, N. (2022). Implementasi Etika Bisnis Islam dan Transformasi Digital UMKM Madura dalam Mendukung Ketercapaian Sustainable Development Goals. JES (Jurnal Ekonomi Syariah), 7(1), 63. https://doi.org/10.30736/jesa.v7i1.183
Nawarini, A. T. (2019). Pengaruh Perceived Value Dan Kepuasan Pada Loyalitas Pengguna Kartu Seluler Di Kota Purwokerto Dengan Variabel Variety Seeking Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 21(1). https://doi.org/10.32424/jeba.v21i1.1294
Prasetio, M. W., Sudarto, & Rehab. (2022). Perilaku Beralih Pelanggan Dalam Pembelian Produk Digital Melalui Aplikasi E-Commerce. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi, 24(1), 59–73.
Purba, E., Purba, B., Syafii, A., Khairad, F., Damanik, D., Siagian, V., Ginting, A. M., Pandapotan, S. H., Fitrianna, N., SN, A., & Ernanda, R. (2021). Metode Penelitian Ekonomi (Issue June).
Putera, D. A. P. M. H. (2019). Hukum Perbankan: Analisis Mengenai Prinsip, Produk, Risiko Dan Manajemen Risiko Dalam Perbankan. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=vTPLDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR4&dq=Analisis+manajemen+risiko+imbal+hasil+memiliki+beberapa+item+yang+perlu+diketahui+secara+mendalam+mulai+dari+identifikasi+risiko,+pengukuran+risiko,+pengendalian+risiko+dan+pemant
Rahmandika, Y. F., Puji, L., & Purwanto, H. (2020). Analisis Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. EKOBIS?: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 8(1), 65–74. https://doi.org/10.36596/ekobis.v8i1.319
Sahla, H. (2018). Konsep pemasaran dalam perspektif ekonomi islam. Maliyah?: Jurnal Hukum Bisnis Islam, 8(1), 96–124. https://doi.org/10.15642/maliyah.2018.8.1.65-93
Sari, A. M., & Aslami, N. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Asuransi Syariah. Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, 2(1), 57–72. https://doi.org/10.47467/manageria.v2i1.870
Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Suretno, S. (2018). Jual Beli Dalam Perspektif Al-Qur’an. Ad Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(01), 93. https://doi.org/10.30868/ad.v2i01.240
Tourek, G. (2022). Targeting in tax behavior: Evidence from Rwandan firms. Journal of Development Economics. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0304387822000700
Wuisan, J. S. (2018). Analisis Efektivitas Pengendalian Intern Piutang Lease Pada PT. Finansia Multi Finance Tomohon. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1(4), 10–27.
Yogaswara, G. N. O. P., & Pramudana, K. A. S. (2019). Peran Kepuasan Pelanggan Memediasi Pengaruh Perceived Value Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Konsumen Warung Kopi Bhineka. E-Jurnal Manajemen, 3(2), 58–66. http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987