Analisis Tecnology Acceptance Model pada Aplikasi Pembiayaan Kredit FIFGROUP Mobile Customer Sistem Informasi Akuntansi Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammat Hanafi Fathur Rohim
Wuryaningsih Wuryaningsih

Abstract

Perkembangan teknologi telah mengubah paradigma layanan keuangan menjadi lebih terkoneksi dan inovatif. Namun, adopsi teknologi masih menjadi isu penting yang perlu dipahami dalam konteks aplikasi pembiayaan kredit. Penelitianl ini bertujuanl menganalisis faktor yang memengaruhi penggunaan aplikasi pembiayaan kredit pada pengguna Fifgroup Mobile Customer (FMC) denganl menggunakan model penerimaanl teknologi (TAM). Penelitianl ini melibatkan 145 pengguna aplikasi pembiayaan kredit (FMC) pada PT. FIFGROUP Cabang Malang. Metode penelitian yang dilakukan bersifat kuantitatif dan pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner. Pengolahan data dilakukan menggunakan software SmartPLS 4.0 untuk menguji hipotesis penelitian. Temuan dari penelitianl ini menunjukkanl bahwa persepsil kemudahanl penggunaan berpengaruhl signifikanl terhadapl persepsil manfaat, sikapl penggunaan, dan minatl menggunakan aplikasi

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rohim, M. H. F., & Wuryaningsih, W. (2024). Analisis Tecnology Acceptance Model pada Aplikasi Pembiayaan Kredit FIFGROUP Mobile Customer : Sistem Informasi Akuntansi. Jurnal E-Bis, 8(2), 654-665. https://doi.org/10.37339/e-bis.v8i2.1718

References

Adiatama, M. H., & Lestari, D. T. (2020). Persepsi Milenial Terhadap Layanan Mobile Payment Di Indonesia Dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). In e-Proceeding of Management (Vol. 7, Issue 2, pp. 4190–4205). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/viewFile/13534/13067
Ajzen, I., & Fishbein, M. (1977). Attitude-behavior relations: A theoretical analysis and review of empirical research. Psychological Bulletin, 8(5), 888–918. https://doi.org/10.1037/0033-2909.84.5.888
Chawla, D., & Joshi, H. (2019). Consumer Attitude and Intention to Adopt Mobile Wallet in India – An Empirical Study. International Journal of Bank Marketing, 37(7), 1590–1618. https://doi.org/10.1108/IJBM-09-2018-0256
Davis, F. (1989). User Acceptance of Information system: Technology acceptance Model (pp. 1–34). Division of Research School of Business Administration. https://quod.lib.umich.edu/b/busadwp/images/b/1/4/b1409190.0001.001.pdf
Fajri, R. A., & Aziz, F. (2022). Analisis Minat Penggunaan Gopaylater Pada Aplikasi Gojek Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (Tam) Di Kota Bandung (The Analysis Of Intention To Use Gopaylater On Gojek Application With Technology Acceptance Model (Tam) Approach In Bandung). Agustus, 9(4), 2055.
Finance, F. I. (2018). Juknis FIFGROUP Mobile Customer.
Ichsan, R. N., & Nasution, L. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Kurnia Aneka Gemilang Tanjung Morawa. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(3), 1281–1288. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i3.629
Kavitha, K., & Kannan, D. (2020). Factors Influencing Consumers Attitude Towards Mobile Payment Applications. International Journal of Management, 11(4), 140–150. https://doi.org/10.34218/IJM.11.4.2020.015
Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 61 Tahun 1988 Tentang Pembiayaan.pdf, Pub. L. No. 61, 1 (1988). https://jdih.kemenkeu.go.id/fulltext/1988/61TAHUN~1988Kpres.HTM
Kota, T. P., & Kusumastuti, S. Y. (2022). Analisis Pengaruh Minat Nasabah Dalam Menggunakan Mobile Banking Dengan Menggunakan Kerangka Technology Acceptance Model (Tam). Jurnal Apresiasi Ekonomi, 10(3), 276–288. https://doi.org/10.31846/jae.v10i3.515
Larasati, N., & Wulandadari, C. A. (2019). Implementation of Unit Dose Dispensing using Management Information System in Pharmacy Installation of Panti Rapih Hospital. JURNAL MANAJEMEN DAN PELAYANAN FARMASI (Journal of Management and Pharmacy Practice), 8(4), 153. https://doi.org/10.22146/jmpf.37402
Lee, C. B. P., & Wan, G. (2010). Including Subjective Norm and Technology Trust in the Technology Acceptance Model: A Case of E-Ticketing in China. The DATA BASE for Advances in Information Systems, 41(4), 40–51. https://doi.org/10.1145/1899639.1899642
M. Nooruddin, U. (2021). An Analysis of Attitude Towards Online Shopping in Pakistan Using the Technology Acceptance Model. Journal of Entrepreneurship, Management and Innovation, 3((1)), 27–56.
Nur, A., Zalfaa, N., Mohi, A., & Tuloli, M. S. (2023). Analisis Aplikasi SRIKANDI Menggunakan Metode TAM. Journal of System and Information Technology, 3(2), 214–223. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/diffusion/article/view/21188
OJK. (2020). Otoritas Jasa Jeuangan Republik Indonesia.
Sholihah, R., & Indriyanti, A. D. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Camscanner Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) dan End-User Computing Satisfaction (EUCS). Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, 3(3), 102–109. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/47236/39485
Siswoyo, A., & Irianto, B. S. (2023). Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Pengguna Aplikasi Mobile Banking. Owner, 7(2), 1196–1205. https://doi.org/10.33395/owner.v7i2.1440
Sodik, F., Nur Zaida, A., & Zulmiati, K. (2022). Analisis Minat Penggunaan pada Fitur Pembelian Mobile Banking BSI: Pendekatan TAM dan TPB. Journal of Business Management and Islamic Banking, 1(1), 35–53. https://doi.org/10.14421/jbmib.2022.011-03
Thathsarani, U. S., & Jianguo, W. (2022). Do Digital Finance and the Technology Acceptance Model Strengthen Financial Inclusion and SME Performance? Information (Switzerland), 13(8). https://doi.org/10.3390/info13080390
Widodo, T., & Putri, S. F. (2021). Analisis Minat Penggunaan Dompet Digital LinkAja dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) di Bandung. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 12(2), 134–145. https://doi.org/10.29244/jmo.v12i2.34462
Wuryaningsih, & Dzulhasni, S. (2022). Intensi Whistleblowing Mahasiswa dan Profesional Akuntansi: Aplikasi Theory Planned of Behavior. E-Jurnal Akuntansi, 32(8), 2167. https://doi.org/10.24843/eja.2022.v32.i08.p16
Zhang, Q., Khan, S., Cao, M., & Khan, S. U. (2023). Factors Determining Consumer Acceptance of NFC Mobile Payment: An Extended Mobile Technology Acceptance Model. Sustainability (Switzerland), 15(4), 1–18. https://doi.org/10.3390/su15043664