Dampak Gaya Hidup, Pengalaman Belanja, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Enggit Arul Maulana
Alshaf Pebrianggara
Misti Hariasih

Abstract

Perkembangan teknologi dan digitalisasi yang modern membuat para pelaku usaha dapat mengakses internet dengan mudah dan efektif. Hasil dari pengembangan digitalisasi saat ini yaitu dengan adanya e-commerce dan marketplace. Tokopedia termasuk platform yang menawarkan beragam kebutuhan serta pengalaman berbelanja online yang menarik, aman, dan cepat. Tantangan yang dihadapi oleh perusahaan e-commerce adalah mempertahankan keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini ditujukan untuk memahami dampak gaya hidup, pengalaman belanja, dan keyakinan konsumen terhadap keputusan pembelian di platform Tokopedia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif. Kriteria penelitian ini adalah masyarakat sidoarjo yang pernah bertransaksi di Tokopedia setidaknya 2 kali. Penelitian ini memanfaatkan non-probability sampling melalui pendekatan purposive sampling, dengan 96 responden sebagai sampel. Analisis data dilakukan menggunakan PLS-SEM melalui perangkat lunak SmartPLS 3.0. Temuan penelitian menegaskan bahwa gaya hidup, pengalaman berbelanja, dan kepercayaan konsumen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Arul Maulana, E., Pebrianggara, A., & Hariasih, M. (2024). Dampak Gaya Hidup, Pengalaman Belanja, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia. Jurnal E-Bis, 8(2), 711-723. https://doi.org/10.37339/e-bis.v8i2.1744

References

Agustiningrum, D., & Andjarwati, A. L. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Keamanan terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 896–906. https://doi.org/10.26740/jim.v9n3.p896-906
Ahdiat, A. (2023). Jumlah Kunjungan ke 5 Situs E-CommerceTerbesar di Indonesia (Januari-Juni 2023).
Alimuddin, A. (2021). Penggunaan Internet Dan Peluang Berwirausaha Di Indonesia. Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis, 26(2), 112. https://doi.org/10.20961/jkb.v26i2.50913
Amelia, Y., & Sukmasari, D. (2022). Pengaruh Gaya Hidup dan Kualitas Produk Pada Keputusan Pembelian Starbucks Coffee. Journals of Economics and Business, 2(1), 47–56. https://doi.org/10.33365/jeb.v2i1.77
Anjani, K. P. D., & Wimba, I. G. A. (2021). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt.Warisan Eurindo Di Dalung, Kerobokan, Kedonganan. Widya Amrita, 1(1), 115–125. https://doi.org/10.32795/widyaamrita.v1i1.1155
Arbaini P. (2020). Pengaruh Consumer Online Rating Dan Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Marketplace Tokopedia. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 7(1), 25–33.
Ardianti, A. N., & Widiartanto, M. A. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee . Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1–11.
Arif., M. (2021). Pengaruh Social Media Marketing, Electronic Word Of Mouth (EWOM) Dan lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Online. SiNTESa Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 111–122.
Arsita, N. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Dan Trend Fashion Terhadap Keputusan Pembelian Online Produk Fashion Pada Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS), 7(2), 125–131. https://doi.org/10.24967/jmb.v7i2.1390
Azmi, M. W., & Patrikha, F. D. (2021). Pengaruh Online Customer Experiences Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening (Studi Pada Pembelian Elektronik Di Marketplace Shopee). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1610–1618. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n1.p1610-1618
Cholis, N. R., Purbawati, D., & Listyorini, S. (2023). Pengaruh E-Service Quality Dan Customer Experience Terhadap Keputusan Pembelian (Pengguna Layanan Gofood Mahasiswa Fisip Universitas Diponegoro Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 12(1), 266–275. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab
Fathurrahman, A., & Anggesti, M. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik (Studi Kasus pada Produk Safi). JES (Jurnal Ekonomi Syariah), 6(2), 113–127. https://doi.org/10.30736/jesa.v6i2.125
Faulina, T., & Susanti, F. (2023). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelas Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung Di Bhintang Ponsel Padang. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(1), 560–578.
Gultom, D. K., Arif, M., & Muhammad Fahmi. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 273–282. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO
Isfiandi, & Amin, A. M. (2019). Pengaruh Variasi Produk, Harga, dan Customer Experience terhadap Keputusan Pembelian Ulang Keramik Mulia Tile pada PT. SURYA ASIA ABADI DI PEKANBARU. Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan, Dan Bisnis, 4(1), 114–129. http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/KURS/index
janah, M., Haryanti, I., Ernawati, S., Studi Manajemen, P., Tinggi Ilmu Ekonomi Bima, S., Wolter Monginsidi Komplek Tolobali, J., & Bima, K. (2023). Pengaruh Customer Experience Dan Kepuasan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Di Foodbox Kota Bima. Journal of Management and Social Sciences, 2(3), 216–237. https://doi.org/10.55606/jimas.v2i3.496
Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180
Karim, R., Wolok, T., & Lesmana Radji, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Online di kalangan mahasiswa fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 5–24.
Kartika, M., & Ganarsih, R. L. (2019). Analisis E-Wom, Online Shopping Experience dan Trust Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen E-Commerce Shopee pada Mahasiswa Pascasarjana Universitas Riau. Tepak Manajemen Bisnis, XI(2), 289–307.
Kurniawati, E. (2022). PENGARUH KEPERCAYAAN DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Konsumen Lazada.co.id di Kota Semarang). Solusi, 20(1), 65. https://doi.org/10.26623/slsi.v20i1.4713
Manajemen, P. S., Ilmu, F., Dan, S., & Batam, U. P. (2022). Pengaruh ease of use dan shopping experience terhadap keputusan pembelian online pelanggan lazada di kota batam.
Marpaung, F. K., Arnold, M. W., Sofira, A., & Aloyna, S. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomie Pada Pt. Alamjaya Wirasentosa Kabanjahe. Jurnal Manajemen, LMII Medan, 7(1), 49–64. http://ejournal.lmiimedan.net
Prathama, F. (2019). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen E-Commerce Lazada. Agora, 7(1). http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/8142%0Ahttp://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/viewFile/8142/7326
Pratiwi, B. F. N., & Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Kedai Kopi Ruang Temu Kabupaten Tulungagung). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1501–1511. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n1.p1501-1511
Pratiwi, M., & Patrikha, F. (2021). Pengaruh gaya hidup, harga dan influencer terhadap keputusan pembelian di rumah makan se’I sapiku Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1417–1427. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/41930
Purwita Sari, M., Aulia Rachman, L., Ronaldi, D., & F Sanjaya, V. (2020). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Y.O.U. Enterpreneuer Dan Bisnis (JEBI), 1(2), 122–129.
R. S. Hamid and S. M. Anwar. (2019). STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) BERBASIS VARIAN: Konsep Dasar dan Aplikasi dengan Program SmartPLS 3.2.8 dalam Riset Bisnis. Jakarta: PT Inkubator Penulis Indonesia.
Rorie, A. G. S., Tumbel, A. L., & Gunawan, E. (2022). Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Pada Tokopedia. The Effect Of Trust And Perceived Risk On E-Commerce Purchase Decisions On Tokopedia.Com In Noongan Village, Langowan Barat District. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum (Ekonomi, Sosial, Budaya, Dan Hukum, 6(1), 365–370.
Sandora, M. (2020). Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Belanja Secara Online. Eko Dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 11(3), 290–310. https://doi.org/10.36975/jeb.v11i3.288
Sari, M., & Kapuy, H. R. (2021). Pengaruh Interior Display Dan Customer Experience Terhadap Keputusan Pembelian di Cafe Butterfly. Jurnal EKOMEN, 21(1), 39–46. https://ojs.unsimar.ac.id/index.php/EkoMen/article/view/426
Siwi, B. K., & Maskur, A. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Harga, Lokasi dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Taman Gaharu Kabupaten Kendal. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(2), 1156. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i2.536
Sobandi, A., & Somantri, B. (2020). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Winter Journal: Imwi Student Research Journal, 1(1), 41–52. https://doi.org/10.52851/wt.v1i1.5
Solihin, W. A., Tewal, B., & Wenas, R. (2020). Pengaruh Sikap Konsumen dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone (Studi Pada Mahasiswa UNSARAT di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 511–520.
Sopiyan, P. (2020). Pengaruh Strategi Harga dan Visual Merchandising terhadap Keputusan Pembelian Online. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 3(2), 193. https://doi.org/10.33603/jibm.v3i2.2204
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta.
Susilawati, E., Prastiwi, E. H., & Kartika, Y. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Diskon, dan Customer Experience terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Fashion Shopee. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 5(1), 1. https://doi.org/10.47201/jamin.v5i1.131
Wolff, M., Tumbuan, W. J. F. A., & Lintong, D. C. A. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Merek Iphone Pada Kaum Perempuan Milenial Di Kecamatan Tahuna. Ekonomi Bisnis Manajemen Dan Akuntansi (EBMA), 10(1), 1671–1681. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/viewFile/39411/36142
Wowor, C. A. S., Lumanuw, B., & Ogi, I. W. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Janji Jiwa Di Kota Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(3), 1058–1068.
Yulandra, S. T., & Haryati, R. (2020). Pengaruh Reputasi, Kualitas Pelayanan, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Rio Mini Market Di Lubuk Basung Kabupaten Agam. Matua Jurnal, 2(4), 295–306. https://ejurnal-unespadang.ac.id/index.php/MJ/article/view/221

DB Error: Unknown column 'Array' in 'WHERE'