Digital Marketing, Online Customer Review, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa UMSIDA pada E-Commerce Shopee
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Berbelanja secara online memberikan daya tarik tersendiri seperti fleksibilitas, kenyamanan, proses transaksi yang efisien dan transparan, pada tahun 2023 Shopee mengalami peningkatan sebesar 70,9 juta pengguna. Permasalahan yang diteliti yaitu kenaikan jumlah pengguna Shopee yang berkaitan dengan keputusan pembelian di aplikasi Shopee. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, diantaranya digital marketing, online customer review, dan kualitas produk. Studi yang dilaksanakan memiliki tujuan untuk mengetahui penjelasan tentang pengaruh digital marketing, online customer review, dan kualitas produk pada keputusan pembelian mahasiswa UMSIDA pada e-commerce Shopee. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif. penghimpunan data melalui pembagian kuesioner google form kepada 100 responden mahasiswa pengguna Shopee. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Menurut temuan dari penelitian ini diketahui bahwa digital marketing menimbulkan pengaruh parsial pada keputusan pembelian. Online customer review menimbulkan pengaruh parsial terhadap keputusan pembelian. Kualitas produk berpengaruh parsial terhadap keputusan pembelian.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Piksi Ganesha Indonesia
References
Agung Widhi Kurniawan. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif (Cetakan 1). Pandiva Buku.
Amstrong, P. K. G. (2018). Principles of Marketing (Edisi 17). Pearson Education.
Ayu Safika Dewi, Titik Inayati, & Mohamad Johan Efendi. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Electronic Word of Mouth, dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee Indonesia. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan, 1(3), 202–209. https://doi.org/10.55826/tmit.v1iiii.50
Didik Harjadi, I. A. (2021). Experiental Marketing & Kualitas Produk dalam Kepuasan Pelanggan Generasi Milenial. Penerbit Insania.
Ekasari, R., & Mandasari, E. D. (2022a). Pengaruh Harga dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian di E-Commerce Sociolla Pada Masa Pandemi Covid-19. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(1), 49–74. https://doi.org/10.55927/fjmr.v1i1.416
Ekasari, R., & Mandasari, E. D. (2022b). Pengaruh Kualitas Produk, Digital Marketing Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Lipcream Pixy Di Kabupaten Sidoarjo. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 4(1), 1. https://doi.org/10.51804/iej.v4i1.1583
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). CV Penerbit Qiara Media.
Kotler, P. (2016). Marketing Management (Edisi 15). Pearson Education.
Kotler Philip. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th ed.). Erlangga.
Mertha Jaya, I. M. L. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Anak Hebat Indonesia.
Mokodompit, H. Y., Lapian, S. L. H. V. J., & Roring, F. (2022). Pengaruh Online Customer Rating, Sistem Pembayaran Cash on Delivery Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Tiktok Shop (Studi Pada Mahasiswa Dan Alumni Equil Choir Feb Unsrat). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 975. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.43393
Musnaini. (2020). Digital Marketing (Cetakan 1). CV Pena Persada.
Nadiya, F. H., & Wahyuningsih, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion 3second Di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3second Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(2), 1–20.
Pasi, L. N. K., & Sudaryanto, B. (2021). Analisis Pengaruh Online Customer Reivews Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Shopee Di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 10(3), 1–12. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Putri, C. A., & Hariasih, M. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Sumber Rezeki di Desa Kedungkembar. Innovative Technologica: Methodical Research Journal, 2(2), 14. https://doi.org/10.47134/innovative.v2i2.31
Putri, L., & Wandebori, H. (2016). Factors Influencing Cosmetics Purchase Intention. International Conference on Ethics of Business, Economics, and Social Science, 1, 255–263.
Riyanto, S. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif. Deepublish.
Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i07.p07
Sari, dewi komala. (2021). Buku Ajar Digital Marketing (Cetakan 1). UMSIDA Press.
Sastra Millenium, A., Suardana, I. W., & Kusuma Negara, I. M. (2021). Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Startup Bike Rental Bananaz Bali. Jurnal IPTA, 9(1), 173. https://doi.org/10.24843/ipta.2021.v09.i01.p17
Setiawan, Z. (2023). Buku Ajar Digital Marketing (Cetakan 1). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Smith P.R, D. C. (2013). E-Marketing Excellence: At the Heart of E-Bussiness. Butterworth Heinemann, Oxford.
Tonce, Y. (2022). Minat dan Keputusan Pembelian (Tinjauan melalui persepsi harga dan kualitas produk) (Cetakan 1). CV. Adanu Abimata.