Prediksi Permintaan Barang Bedasarkan Penjualan Menggunakan Metode Arima Box-Jenkins (Studi Kasus : Pt. Beststamp Indonesia)
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Sering terjadinya batal penjualan membuat semakin sulitnya mencapai target yang diberikan perusahaan, hal tersebut terjadi karena kekosongan bahan baku untuk memenuhi kebutuhan pelanggan karena pihak manajemen membatasi permintaan barang. Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan metode ARIMA (Autoregressive Integrated Moving Average) untuk memprediksi permintaan barang setiap bulannya. Bedasarakan pemilihan model dari ARIMA, model yang terbaik ialah model ARIMA 1,0,1 dengan nilai AIC -4,010352 dan SC -3,835823 dengan nilai uji validasi mengunakan RMSE dengan hasil 0,04, MSE 0,02, MAPE 0,55. Dari hasil diatas dijelaskan bahwa data tersebut bisa digunakan untuk peramalan permintaan barang pada periode satu tahun kedepan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Piksi Ganesha Indonesia
References
Nurhalimah, “Implementasi Metode Arima Untuk Prediksi Penjualan Mobil Pada PT . ARISTA AUTO LESTARI,†Inf. dan Teknol. Ilm., vol. 12,no. 2, pp. 215–218, 2017.
A. P. Desvina, “Penerapan metode box-jenkins untuk memprediksi jumlah mahasiswa universitas islam negeri suska riau,†Jurnal SiTekIn, vol. 12, no. 1, pp. 80–89, 2014.
P. Linda, M. Situmorang, and G. Tarigan, “Peramalan Penjualan Produksi Teh 2014 Dengan Metode Arima Box-Jenkins,†Jurnal Saintia Mat., vol. 02, no. 03, pp. 253–266, 2014.
O. A. Zakina and N. P. W. P. Susatyo, “USULAN PERAMALAN PRODUKSI PADA PRODUK BS-PRC DENGAN METODE TIME SERIES (Studi Kasus pada PT . PARDIC JAYA CHEMICAL).â€Jurnal indutrial engineering, vol 5, No.4, pp.13645-14111,2015.