Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelayanan di Kantor Kelurahan X
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh dari kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelayanan, serta besarnya pengaruh tersebut di Kantor Kelurahan X. Penelitian ini merupakan survei menggunakan pendekatan deskripsi korelasional dengan teknik kuesioner tertutup untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh signifikan dari kualitas pelayanan sebagai variabel bebas terhadap kepuasan pelayanan sebagai variabel terikat di Kantor Kelurahan X. Respondennya 30 masyarakat yang diberi pelayanan di Kantor Kelurahan X, sedangkan analisis datanya menggunakan regersi linear sederhana.. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan: (1) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelayanan di Kantor Kelurahan X, karena perolehan nilai thitung (5,747) ternyata lebih besar dibandingkan ttabel (2,048); (2) kualitas pelayanan memberikan pengaruh sebesar % 54,10 persen terhadap kepuasan pelayanan di Kantor Kelurahan X, dengan perolehan koefisien determinasi R² = 0,541. Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut dapat disimpulkan, pemerintah Kelurahan X disarankan untuk meningkatkan kualitas pelayanannya kepada masyarakat, agar masyarakat merasa puas terhadap pelayanan yang dilakukan
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Piksi Ganesha Indonesia
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional. (2015). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Dwiyanto, A. 2012. Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Yogyakarta: Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan UGM.
Ghozali, I. (2012). Analisis Multivariat Aplikasi dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/7/ 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
Santoso. (2012). Latihan SPSS Statitik Parametrik. Jakarta: Alex Media Komputindo Gramedia.
Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
Sulaiman, W. (2012). Analisis Regresi Menggunakan SPSS. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, F. (2012). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.
Zeithaml, A., A. dan Bitner, M. J. (2012), Service Marketing (3rd ed.). New Delhi: Tata McGraw Hill.