Pelaksanaan Standar Operasional Prosedur Check In Di Kantor Depan Hotel De Paviljoen Bandung
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan standar operasional prosedur check in di kantor depan Hotel De Paviljoen Bandung Metode penelitian yang akan digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara penyebaran kuesioner, observasi. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan skala likert. Keefektifan Pelaksanaan Standar Operasional Prosedur check in yang ada di Hotel De Paviljoen Bandung belum terlaksana secara maksimal, dikarenakan adanya beberapa faktor yang belum terlaksana dengan baik oleh setiap petugas kantor depan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Piksi Ganesha Indonesia
References
Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Bagyono. (2012). Teori dan Praktek Hotel Front Office. Bandung: CV. Alfabeta
Bagyono dan Agus Sambodo. (2006). Dasar – dasar Kantor Depan Hotel. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Bungkaes, H.R., Posumah, J. H., & Kiyai, B. (2013). Hubungan efektifitas pengelolaan program raskin dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat di desa mamahan kecapatan gameh kabupaten kepulauan talaud. Jurnal “Acta Diurnaâ€. Universitas Sam Ratulangi Manado, (September), 1-23.
Djaali. (2008). Skala Likert. Jakarta: Pustaka Utama.
Endraswara, S. (2006). Metodologi Penelitian Kebudayaan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Fatimah, Endah Nur, dkk. (2015). Mudah Menyusun SOP. Indonesia: Pustaka Baru Press.
Hartantik, Indah Puji. (2014). Buku Pintar Membuat SOP. Yogyakarta: FlashBooks.
Kountur, Ronny. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: PPM.
Mangkunegara, A .A. Anwar Prabu. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kelima. Bandung: PT. Remaja Rosdayakarya.
Sailendra, Andi. (2015). Langkah – Langkah Praktis Membuat SOP. Yogyakarta: Cetakan Pertama. Trans Idea Publishing.
Soenarno, Adi. (2006). Front Office Manajemen. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulastiyono, Agus. (2011). Manajemen Penyelenggaraan Hotel: Manajemen Hotel. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, Danang. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku.
Tambunan, Rudi M. (2013). Pedoman Penyusunan Standard Operating Procedures (SOP). Jakarta: Maistas Publishing.