Penerapan 7P Dalam Pembangunan Usaha Walaraba Amygdala Coffee

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Arum Hidayati
Henry Riyandi
Herman Susanto

Abstract

Amygdala Coffee adalah salah satu usaha di bidang kuliner yang menawarkan minuman kopi kekinian dengan biji kopi asli varian arabica dan robusta dengan pengolahan, penggilingan biji kopi hingga pemasakan secara manual untuk memberikan rasa originalnya, serta ada juga menu minuman olahan kopi dengan tambahan varian rasa dengan makanan pendamping kopi yang cocok dimakan dan diminum kapan saja. Alasan memilih usaha ini adalah menciptakan gaya hidup sehat dengan meminum kopi asli yang digiling dan bukan disobek. Usaha mikro ini berlokasi di Area Legok Tangerang berdekatan dengan kampus PPIC Tangerang dibuat dengan modal minim dan berawal dari usaha rumahan yang bisa dilakukan di waktu luang dan mendapatkan hasil bulanan yang cukup menjanjikan. Promosi yang akan dilakukan menggunakan media online dan media sosial. Dari pemasaran yang sudah dilakukan via media social banyak yang bertanya dan berminat untuk menjadi franchisee maka  usaha ini juga akan dikembangkan dengan sistem waralaba. Berdasarkan aspek kelayakan usaha menggunakan penerapan 7P (Product, Price, Promotion, Placement, People, Process, Physical Evidence)  Amygdala Coffee dinyatakan layak untuk dijalankan dan berprospek menguntungkan di masa mendatang dengan buy back period 14 bulan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Hidayati, A., Henry Riyandi, & Herman Susanto. (2020). Penerapan 7P Dalam Pembangunan Usaha Walaraba Amygdala Coffee. Jurnal E-Bis, 4(2), 192-202. https://doi.org/10.37339/e-bis.v4i2.369

References

T. Nurseto, “Strategi Menumbuhkan Wirausaha Kecil Menengah yang Tangguh,” J. Ekon. dan Pendidik., vol. 1, no. 1, 2012, doi: 10.21831/jep.v1i1.675.
Nurbayti, “Tren Pengguna Aplikasi Go-Food di Era Digital (Studi Fenomenologi Pengguna Go-Food di Universitas Amikom Yogyakarta),” J. Komunikasi, Masy. dan Keamanan, vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2019.
M. Rahmawati, “Pengaruh Penggunaan Cyberpreneurship Sebagai Media Pemasaran dalam Dunia Bisnis,” J. Sist. Inf., vol. 6, no. 1, pp. 26–33, 2017, [Online]. Available: www.facebook.com/SuperSilampari.
A. Haekal and B. Widjajanta, “Pengaruh kepercayaan dan persepsi risiko terhadap minat membeli secara online pada pengunjung website classifieds di inonesia,” J. Bus. Manag. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 183–195, 2016.
D. J. Priansa, “Perilaku konsumen dalam persaingan bisnis kontemporer,” Bandung Alf., 2017.
Y. R. Suci, “Development of MSME (Micro, Small and Medium Enterprises) in Indonesia,” J. Ilm. Cano Ekon., vol. 6, no. 1, pp. 51–58, 2017.
A. Umar, “Peranan media sosial sebagai sarana promosi bagi usaha kecil dan menengah,” Konf. Nas. Ilmu Pengetah. dan Teknol., vol. 1, no. 1, pp. 29–36, 2016.
P. Baku and A. Proporsionalitas, “Volume 8 , Nomor 2 , Tahun 2019 Website : https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/dlr/ PENERAPAN ASAS PROPORSIONALITAS DALAM PERJANJIAN WARALABA KEBAB KEBUL Rizky Eka Agustina *, Ery Agus Priyono , Suradi Program Studi S1 Ilmu Hukum , Fakultas Hukum , Uni,” vol. 8, pp. 1446–1458, 2019.
H. A. Mumtahana, S. Nita, and A. W. Tito, “Pemanfaatan Web E-Commerce untuk meningkatkan strategi pemasaran,” Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 3, no. 1, pp. 6–15, 2017.
I. Farida, A. Tarmizi, and Y. November, “Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online,” J. Ris. Manaj. dan Bisnis Fak. Ekon. UNIAT, vol. 1, no. 1, pp. 31–40, 2016, doi: 10.36226/jrmb.v1i1.8.
S. W. Listiawati, J. T. Pertambangan, F. Teknik, and U. N. Padang, “Investment Analisys Planning Untuk Kelayakan Ekonomi Penambangan Batubara pada Blok A PT . Tebo Agung,” Tambang, J. Bina, vol. 4, no. 1, pp. 71–80, 2019.
R. Arfiliando and C. Ayu Pramuditha, “KOPI BAIK (Perencanaan Pendirian Usaha Waralaba Kedai Kopi).”
A. Gofur, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan,” J. Ris. Manaj. dan Bisnis Fak. Ekon. UNIAT, vol. 4, no. 1, pp. 37–44, 2019, doi: 10.36226/jrmb.v4i1.240.
D. D. Agusrinal, “Perancangan Strategi Pemasaran Pada Produk Anyaman Pandan,” J. Sains, Teknoligi dan Ind., vol. Vol. 11, N, no. 2, p. 2, 2014.
J. R. Rossiter and L. Percy, Advertising and promotion management. McGraw-Hill Book Company, 1987.
K. F. Hana, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Non Muslim Menjadi Anggota Pada KSPPS Fastabiq Khoiru Ummah Pati,” MALIA J. Islam. Bank. Financ., vol. 2, no. 2, pp. 189–200, 2018.