Determinan Niat beli pada Customer Geprek BENSU: Peran E-Wom, Celebrity Endorser dan Customer Attitude
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan sikap konsumen sebagai mediasi pengaruh e-wom, celebrity endorser terhadap niat beli. Penelitian ini dilakukan pada customer Geprek Bensu. Pengambilan sampel menggunakan metode nonprobalibility sampling dengan teknik purposive sampling, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Alat bantu pengolahan data menggunakan SPSS for windows versi 23.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa e-wom dan selebriti endorser memiliki pengaruh positif terhadap sikap konsumen dan niat beli. Namun, sifat konsumen tidak berpengaruh positif terhadap niat beli. Sikap konsumen sebagai variabel mediasi juga tidak berpengaruh positif pada variabel e-wom dan selebriti endorser terhadap niat beli.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Piksi Ganesha Indonesia
References
Muda, M. dan Musa, R., 2014. Celebrity Entrepreneur Endorsement and Advertising Effectiveness. Procedia: Social and Behavioral Sciences, 130, 11-20.
Nelson, Okorie. 2012. Multiple Uses of Celebrities in Brand Promotion: An Experimental Investigation. Journal of comunication, Vol. VII, No. 2, pp. 51-58.
Qian, Zu dan Teik, Derek Lai. 2015. The Impact of Celebrity Credibility On Consumer’s Purchase Intention Toward the Footwear Industry in Malaysia: The Mediating Effect of Attitude Toward Advertisement. Information Management and Business Review, 7(4), 55-63.
Sallam, M.A.A., Nabsiah A.W. 2012. Endorser Credibility Effects on Yemeni Male Consumer’s Attitudes towards Advertising, Brand Attitude and Purchase Intention: The Mediating Role of Attitude toward Brand. International Business Research. vol. 5 no. 4: 55-66.
Schiffman, Leon G. dan Kanuk, Leslie L. 2010. Consumer Behavior Tenth Edition. Pearson Education.
Shafiq, R., Raza, I., and Zia-ur-Rehman, M. 2011. Analysis of the factors affecting customers’purchase intention: the mediating role of perceived value. African Journal of Business Management, 5 (20): 8041-8049.