Analisis Nilai Perusahaan pada Sektor Food and Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Nilai perusahaan yakni nilai jual dari perusahaan tercermin dari harga sahamnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara variabel pertumbuhan perusahaan, ukuran perusahaan, dan leverage terhadap nilai perusahaan pada sektor food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2019. Data penelitian ini menggunakan data sekunder. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan sektor food and beverages sebanyak 27 perusahaan. Metode pengambilan sampelnya menggunakan purposive sampling yakni adanya penetapan dalam sampelnya yang disesuaikan kriterianya secara khusus sehingga diperoleh sebanyak 19 perusahaan. Teknik analisis datanya berupa analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian diketahui bahwa pertumbuhan perusahaan berpengaruh negatif dan tidak signifikan, ukuran perusahaan berpengaruh positif dan tidak signifikan, dan leverage berpengaruh negatif dan signfikan terhadap nilai perusahaan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Piksi Ganesha Indonesia
References
Bariyyah, K., Ermawati, E., & DP, R. W. D. W. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2015-2017. Counting: Journal of Accounting, 2(1), 37-45.
Brigham, Eugene. F., & Houston, Joel F. (2011). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.
Husna, R., & Rahayu, Y. (2020). Pengaruh pertumbuhan perusahaan, kebijakan dividen, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 9(1).
Kodrat, D. S., & Herdinata, C. (2009). Manajemen Keuangan Based On Empirical Research (Pertama ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kolamban, D. V., Murni, S., & Baramuli, D. N. (2020). Analisis Pengaruh Leverage, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Industri Perbankan yang Terdaftar di BEI. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(3).
Manoppo, H., & Arie, F. V. (2016). Pengaruh struktur modal, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2014. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(2).
Meidiawati, K., & Mildawati, T. (2016). Pengaruh size, growth, profitabilitas, struktur modal, kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 5(2).
Novari, P. M., & Lestari, P. V. (2016). Pengaruh ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada sektor properti dan real estate (Doctoral dissertation, Udayana University).
Rahmadani, F. D., & Rahayu, S. M. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance (Gcg), Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahan Perbankan Yang Terdaftar Pada Bei Periode 2013-2015). Jurnal Administrasi Bisnis, 52(1), 173-182.
Riyanto, Bambang. (2010). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.
Safrida, E. (2008). Pengaruh Struktur Modal dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta. Medan: Universitas Sumatera Utara.
Sartono, R. Agus. (2016). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.
Sasurya, A., & Asandimitra, N. (2018). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Deviden terhadap Nilai Perusahaan. BISMA (Bisnis dan Manajemen), 6(1), 1-10.
Setiawan, M. R., Susanti, N., & Nugraha, N. M. (2021). Pengaruh Struktur Modal, Perputaran Modal Kerja, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 5(1), 208-218.
Solihah, E. dan Taswan. (2002). Pengaruh Kebijakan Utang Terhadap Nilai Perusahaan serta Beberapa Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. September 2002.
Suharli, M. (2006). Stud! Empiris Terhadap Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Go Public Di Indonesia. MAKSI, 6.
Sutama, D., & Lisa, E. (2018). Pengaruh leverage dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. JSMA (Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi), 10(1), 21-39.
Tommy, P., & Saerang, I. S. (2014). Struktur modal, ukuran perusahaan dan risiko perusahaan terhadap nilai perusahaan otomotif yang terdaftar di BEI. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(2).
Ukhriyawati, C. F., & Dewi, R. D. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan LQ-45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. EQUILIBIRIA, 6(1).
Wahyudi, H. D., Chuzaimah, C., & Sugiarti, D. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Kebijakan Deviden, Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Penggunaan Indeks LQ-45 Periode 2010-2014). Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(2), 156-164.
Weston, J. F., & Copeland, T. E. (1992). Manajemen Keuagan Jilid 2 (Delapan ed.). Jakarta: Erlangga.
Widyantari, N. L. P., & Yadnya, I. P. (2017). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Food and Baverage (Doctoral dissertation, Udayana University).