Penerapan E-Bekal Dalam Menekan Perilaku Konsumtif Santri Di Pondok Pesantren Nurul Jadid

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Emilia Rosa
Sugiono

Abstract

Pondok Pesantren Nurul Jadid memberikan fasilitas transaksi uang elektronik bernama E-bekal sebagai solusi untuk system pembayaran dengan e-payment. Transaksi ini dipantau langsung oleh wali santri, bahkan untuk melayani santri, presensi kegiatan yang sudah mulai menggunakan E-bekal untuk mempermudah santri , layanan kesehatan, perizinan, dan lain sebagainya. E-bekal merupakan chasless payment yang bertujuan untuk memudahkan pengiriman wali santri melalui aplikasi E-bekal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan google form. Yang menjadi subjek penelitian ini merupakan Santri Pondok Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukan 82% presentase responden menyatakan penerapan E-bekal sangat berpengaruh terhadap perilaku konsumtif seorang santri di Pesantren Nurul Jadid. dengan memiliki berbagai macam manfaat. E-bekal dapat menekan perilaku konsumtif santri, selain itu E-bekal juga memiliki beberapa manfaat yaitu mempermudah transaksi, meminimalisir pembayaran non-tunai, membantu mempermudah pelayanan wali santri (untuk melakukan uang pembayaran santri).


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Emilia Rosa, & Sugiono. (2022). Penerapan E-Bekal Dalam Menekan Perilaku Konsumtif Santri Di Pondok Pesantren Nurul Jadid. Jurnal E-Bis, 6(1), 171-183. https://doi.org/10.37339/e-bis.v6i1.884

References

Afrina, Dita, “Rasionalitas Muslim Terhadap Perilaku Israf Dalam Konsumsi Perspektif Ekonomi Islam,” EkBis: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2 (2019), 23
Afrina, Dita, dan Siti Achiria, “Rasionalitas Muslim Terhadap Perilaku Israf dalam Konsumsi Perspektif Ekonomi Islam,” EkBis: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2 (2018), 23–38
AHZ, Nadiyah, “E-bekal E- BEKAL SEBAGAI MEDIA KONTROL BELANJA SANTRI PONDOK PESANTREN NURUL JADID,” Jurnal Aplikasi Teknologi Informasi dan Manajemen (JATIM), 2 (2021), 23–34
Anggraini, Ranti Tri, & Fauzan, dan Heru Santhoso, “Hubungan antara Gaya Hidup Hedonis dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja the relationship between hedonic lifestyle and consumptive behavior in adolescents,” Gadjah Mada Journal of Psychology, 3 (2017), 131–40
Ariesta, Ristra Putri, “Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang 2015,” Pengaruh Kompetensi Akuntansi dan Komputer Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi MYOB dengan Computer Attitude sebagai Variabel Intervening pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Batik Sakti 1 Kebumen, 1 (2017), 6–7
Dan, Tantangan, Hambatan Implementasi, Produk Uang, Elektronik Di, Magister Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, et al., “Jurnal Sistem Informasi ( Journal of Information Systems ). 1 / 13 ( 2017 ), 38-48 DOI : http://dx.doi.org/10.21609/jsi.v13i1.465,” Jurnal Of Information System, 13 (2017), 38–48
DEVI, ERVINA ROSAMITHA SANDRA, “Analisis pengaruh praktik,” ANALISIS PENGARUH PRAKTIK RELIGIUSITAS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SANTRI DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA BAITUL JANNAH MALANG JURNAL, 3 (2020), 1–14
Ervina, “Analisis Pengaruh Praktik Religiusitas Terhadap Perilaku Konsumtif Santri Di Pondok Pesantren Mahasiswa Baitul Jannah Malang Jurnal Ilmiah,” Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8 (2020), 12–30
Febriandika, Nur Rizki, dan Fifi Hakimi, “Analaisis Kesesuaian Syariah ELECTRONIC MONEY PADA BANK PENERBIT UANG ELEKTRONIK DI INDONESIA,” jurnal ekonomi syariah, 07 (2020), 212–49
Gunawan, Rahmat, “KEBUTUHAN MANUSIA DALAM PANDANGAN EKONOMI KAPITALIS DAN EKONOMI ISLAM RAHMAT,” KEBUTUHAN MANUSIA DALAM PANDANGAN EKONOMI KAPITALIS DAN EKONOMI ISLAM RAHMAT, 13 (2017), 131–50
Hayati, Rezkina, Iiz Izmuddin, dan Anne Putri, “Pengaruh Religiusitas Dan Budaya Terhadap Prilaku Konsumen Muslim Dalam Membeli Makanan Kafe,” EKONOMIKA SYARIAH : Journal of Economic Studies, 3 (2019), 72–84
Jufrizen, Jufrizen, Raihanah Daulay, Maya Sari, dan Muhammad Irfan Nasution, “Model Empiris Peningkatan Kepuasan Dan Niat Beli Konsumen Dalam Pemilihan Online Shop Instagram,” Mix Jurnal Ilmiah Manajemen, 10 (2020), 249–65
Kartawidjaja, Jesslyn, “PENGARUH KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI SHOPEE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA MUSLIM (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya),” Orphanet Journal of Rare Diseases, 21 (2020), 1–9
Lugina, Ugin, “Pengembangan Ekonomi Pondok Pesantren Di Jawa Barat,” Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 4 (2018), 53–64
Maghfiroh, Imroatul, A Khairuddin, Wawan Juandi, Fakultas Dakwah, Universitas Ibrahimy, dan Sukorejo Situbondo, “PENDEKATAN BEHAVIOR DALAM MENANGGULANGI PERILAKU KONSUMTIF PADA SANTRI Imroatul,” jurnal ilmu ekonomi dan keislaman, 2 (2020), 63–69
Mahmud, Mila Sartika, dan Hendri Hermawan Adinugraha, “PENDAMPINGAN PENINGKATAN SANTRIPRENEUR PADA SISWA-SISWI,” Jurnal Ekonomi, 3 (2020), 65–70
Mensari, Rizki Dian, dan Ahmad Dzikra, “Islam dan Lembaga Keuangan Syariah,” Journal of Chemical Information and Modeling, 3 (2017), 239–56
Miswan, Ansori, “Perkembangan dan Dampak Financial Technology (Fintech) terhadap Industri Keuangan Syariah di Jawa Tengah,” Wahana Islamika: Jurnal Studi keislaman, 5 (2019), 32–45
Mochtar, Syam Sudin, “Studi Komparasi Pemikiran Keynes dan Qardhawi tentang Produksi,” Li Falah: Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, 4 (2020), 274
Mumtaha, Hani Atun, dan Halwa Annisa Khoiri, “Analisis Dampak Perkembangan Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 Pada Perilaku Masyarakat Ekonomi (E-Commerce),” JURNAL PILAR TEKNOLOGI : Jurnal Ilmiah Ilmu Ilmu Teknik, 4 (2019), 55–60
Nugroho, Aditya, “UNIVERSITAS MERCU BUANA JAKARTA 2018 REGULASI TERKAIT PEMBAYARAN ELEKTRONIK DI INDONESIA,” REGULASI TERKAIT PEMBAYARAN ELEKTRONIK DI INDONESIA, 3 (2018), 1–12
Oktafikasari, Eva, dan Amir Mahmud, “Konformitas Hedonis Dan Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Melalui Gaya Hidup Konsumtif,” Economic Education Analysis Journal, 6 (2017), 684–97
Pratami, Salsabila Wahyu, “Pengaruh Faktor Persepsi, Sosialdemografi Dan Keuangan Terhadap Preferensi Masyarakat Dalam Penggunaan Alat Pembayaran Non Tunai,” Pengaruh Faktor Persepsi, Sosial-Demografi dan Keuangan terhadap Preferensi Masyarakat Dalam Penggunaan Alat Pembayaran Non Tunai (Studi Kasus pada Pengguna APMK dan Uang Elektronik di Kota Malang), 7 (2018), 1–22
Rahmadi, Usman, “Karakteristik uang elektronik dalam sistem pembayaran,” Jurnal Yuridika, 32 (2017), 134–66
Rahmat, Arif, Asyari Asyari, dan Hesi Eka Puteri, “Pengaruh Hedonisme dan Religiusitas Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa,” EKONOMIKA SYARIAH : Journal of Economic Studies, 4 (2020), 39–55
Rahmat, Arif, dan Hesi Eka Puteri, “Pengaruh Hedonisme dan Religiusitas Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa,” EKONOMIKA SYARIAH : Journal of Economic Studies, 4 (2020), 2614–7890
Ramadani, Laila, “Pengaruh Penggunaan Kartu Debit dan Uang Elektronik (E-Money) Terhadap Pengeluaran Konsumsi Mahasiswa,” Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Studi Pembangunan, 8 (2016), 1–8
Riswantoro, “Penyaluran Dari Tunai Ke Non Tunai,” Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran dan Dakwah Pembangunan, 2 (2018), 43–66
Romadloniyah, Ayun, dan Khasan Setiaji, “Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Konformitas, Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Dalam Prespektif Gender,” Economic Education Analysis Journal, 9 (2020), 50–64
Setiawan, Daryanto, “Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya Impact of Information Technology Development and Communication on Culture,” SIMBOLIKA, 4 (2018), 62–72
Tarantang, Jefry, Annisa Awwaliyah, Maulidia Astuti, dan Meidinah Munawaroh, “Perkembangan Sistem Pembayaran Digital Pada Era Revolusi Industri 4.0 Di Indonesia,” Jurnal Al-Qardh, 4 (2019), 60–75
Tazkiyyaturrohmah, Rifqy, “TRANSAKSI KEUANGAN MODERN,” EKSISTENSI UANG ELEKTRONIK SEBAGAI ALAT TRANSAKSI KEUANGAN MODERN Rifqy, 3 (2018), 21–39