Kontribusi Self Efficacy dan Motivasi Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan Pada PT. BPR Bank Jombang (Perseroda)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yusrizal Aminullah
Kustini Kustini

Abstract

Setiap perusahaan dimotivasi oleh keinginan untuk memberikan layanan yang lebih baik dengan menjalankan operasi yang efektif dan efisien. Di musim pandemi yang terjadi seperti sekarang ini, banyak dari masyarakat yang enggan untuk menabung di bank maupun kredit dikarenakan kondisi ekonomi yang sedang tidak stabil. Kondisi seperti ini diduga dapat menurunkan kepercayaan diri karyawan untuk mendapatkan nasabah baru maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik pengaruh self-efficacy (X1) dan motivasi kerja (X2) terhadap kinerja karyawan dalam pekerjaannya. 43 orang mengikuti penelitian ini. Mereka semua bekerja di bagian pemasaran dan bisnis PT. BPR Bank Jombang (Perseroda). Penelitian ini menggunakan strategi sampel jenuh untuk memperoleh data, sedangkan PLS atau Partial Least Square digunakan sebagai metode analitik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, karyawan yang memiliki kepercayaan pada PT. BPR Bank Jombang (Perseroda) lebih baik dalam pekerjaannya. Sebagai hasil dari peningkatan motivasi, kinerja karyawan di PT. BPR Bank Jombang (Perseroda) sudah sangat berkembang.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Yusrizal Aminullah, & Kustini, K. (2022). Kontribusi Self Efficacy dan Motivasi Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan Pada PT. BPR Bank Jombang (Perseroda). Jurnal E-Bis, 6(1), 256-270. https://doi.org/10.37339/e-bis.v6i1.885

References

Bandura, A. (2010). Self Efficacy Mechanism in Psychological and Health Promoting Behavior. Prentice Hall.

Hidayat, H., & Setiawan, I. A. (2018). Pengaruh Self Esteem dan Self Efficacy Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan PT. Tomo Food Industri, Sumedang) Herman. Sains Manajemen Dan Akuntansi, VIII(2), 65–85.

Indrawati. (2014). Pengaruh Self Esteem, Self Efficacy Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Perawat RS Siloam Manado). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 2, 4.

Judge, T. A., & Bono, J. E. (2001). Relationship of core self-evaluations traits—self-esteem, generalized self-efficacy, locus of control, and emotional stability—with job satisfaction and job performance: A meta-analysis. Journal of Applied Psychology, 86(1), 80.

Kartika, E. (2021). Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan pada Bank PD. BPR Sarimadu Kecamatan Bangkinang. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 1(69), 5–24.

Kustini, Kustini; Rahma, Dea Talitha; Iriyanti, E. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha (Studi pada Industri Kecil Alas Kaki di Kota Mojokerto). MEBIS: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6, 76–84.

Kustini, K. (2020). The Effect Of Self Efficacy And Motivation On Readiness For Changes Executive staff To Implementation Financial Budget-Based Information System by Kustini Kustini (1st editio). Faculty Of Economics and Business, Universitas Tanjungpura.

Mangkunegara, A. . (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT. Remaja Rosdakkarya Offset.

Mangkunegara, A. P., & Octorend, T. R. (2015). Effect of Work Discipline, Work Motivation and Job Satisfaction on Employee Organizational Commitment in the Company (Case Study in PT. Dada Indonesia). Universal Journal of Management, 3(8), 318–328. https://doi.org/10.13189/ujm.2015.030803

Mathis, D. J. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Salemba Empat.

Notoadmodjo, S. (2015). Ilmu Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.

Noviawati, D. R. (2016). Pengaruh Self Efficacy terhadap Kinerja Karyawan dengan Motivasi sebagai Variabel Intervening (Studi pada Karyawan Divisi Finance dan Human Resources PT. Coca-Cola Distribution Indonesia, Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen, 4(3), 1–12. https://www.trijurnal.lemlit.trisakti.ac.id/semnas/article/viewFile/3339/2833

Robbins, Stephen, P. (2012). Perilaku Organisasi. Salemba Empat.

Sebayang, S., & Sembiring, J. (2017). Pengaruh self esteem dan self efficacy terhadap kinerja karyawan studi kasus di PT. Finnet Indonesia. EProceedings of Management, 4(1).

Sedarmayandi. (2017). Perencanaan dan Pengembangan SDM Untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja, dan Produktivitas Kerja. PT Refika Aditama.

Setiawan, Akhir Putra; Andjarwati, T. (2017). Pengaruh Self Efficacy dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Busson Auto Finance (BAF) Cabang Surabaya I. Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(3), 275–284.

Yusoff, W. F. W., & Kian, T. S. (2013). Generation Differences in Work Motivation : From Developing Country Perspective. International Journal of Economy, Management and Social Science, 2(April), 97–103.