Kajian Electronic Word Of Mouth (E-WOM) dan Promosi di Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Viva Cosmetics di Kota Blitar
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Kosmetik telah menjadi salah satu kebutuhan sehari-hari bagi para wanita, salah satunya produk lipstik. Selain itu, perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat informasi dapat ditemukan dengan cepat dan mudah dengan cara mengakses internet ataupun media sosial. Penelitian ini memiliki tujuan guna meneliti pengaruh electronic word of mouth dan promosi di media sosial terhadap keputusan pembelian Lipstik Viva Cosmetics di Kota Blitar. Dalam mengumpulkan sebuah data peneliti melakukan penyebaran kuesioner melalui google form dengan responden sebanyak 90 orang yaitu konsumen yang pernah membeli Lipstik Viva Cosmetics di Kota Blitar. Metode purposive sampling dilakukan di penelitian ini. Analisis yang dilakukan memakai Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menghasilkan bahwasannya electronic word of mouth serta promosi di media sosial berpengaruh positif serta signifikan terhadap keputusan pembelian Lipstik Viva Cosmetics di Kota Blitar.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Piksi Ganesha Indonesia
References
Angela, Z., & Siregar, O. M. (2021). Pengaruh Promosi Media Sosial dan Store Atmosphere Terhadap Tingkat Kunjungan Konsumen pada Cafe Taman Selfie Binjai. Univesitas Sumatera Utara, 1(1), 417–433.
Angraeni, Baharuddin, & Mattalatta. (2020). Pengaruh Online Costumer Review Dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Di Sociolla. Jurnal Mirai Managemnt, 6(1), 122–136.
Atika, M. N., Rahmah, S. P., & Fitriyani, F. (2022). Analisis Risiko Kesehatan Masyarakat Akibat Pajanan Logam Timbal (Pb) Pada Penggunaan Kosmetik Lipstik Yang Diperjualbelikan Di Pasar Bandar Buat Kota Padang. Jurnal Keselamatan Kesehatan Kerja Dan Lingkungan, 3(1), 17–21. https://doi.org/10.25077/jk3l.3.1.17-21.2022
Augusty Ferdinand. (2014). Metode Penelitian Manajemen(Edisi 5). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Cahyani, W., & Raya Sulistyowati. (2021). PENGARUH SALES PROMOTION DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET BIOSKOP MELALUI APLIKASI TIX ID ( Studi pada Pengguna Aplikasi TIX ID di Surabaya ) Wiwik Cahyani Raya Sulistyowati. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1055–1061.
Cahyono, A. T., & Pradana, M. (2021). PENGARUH ATRIBUT PRODUK WISATA DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH ( EWOM ) TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA OBYEK WISATA UMBUL MANTEN KLATEN THE EFFECT OF TOURISM PRODUCT ATTRIBBUTES AND ELECTRONIC WORD OF MOUTH ( EWOM ) ON VISITING DECISIONS at UMBUL MANTEN. E-Proceeding of Management, 8(1), 152–163.
Fandy, Tjiptono. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi
Garaika, G., & Feriyan, W. (2019). Promosi Dan Pengaruhnya Terhadap Terhadap Animo Calon Mahasiswa Baru Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal AKTUAL, 16(1), 21. https://doi.org/10.47232/aktual.v16i1.3
https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia
https://www.topbrand-award.com/. 10 November 2021.
Kotler, P and Keller, K, L (2016): Marketing Management, 15th Edition, New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Kotler Philip. 2018. Principles of Marketing : Global Edition, 17th. United Kingdom : Pearson.
Lukito, W. A., & D, A. F. (2020). Pengaruh Promosi dengan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Ortuseight Pada Masyarakat Tanjung Morawa. Journal of Economics and Accounting, 1(2), 90–95.
Manap, Abdul. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran.Jakarta: Mitra Wacana Media.
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Ningsi, W. P. W., & Ekowati, S. (2021). Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Skincare MS GLOW. JURNAL MANAJEMEN MODAL INSANI DAN BISNIS (JMMIB)e-ISSN 2723-424X, 2, 50–57. www. jurnal.imsi.or.id
Pradhana, A. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Gadget (Telepon Pintar) (Studi pada Mahasiswa Administrasi Bisnis FISIP UNILA). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Rahmadhani, R., & Prihatini, A. E. (2018). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN PERCEIVED RISK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN TOKOPEDIA. Journal of Social and Politic, 1–6. http://ejournal-s1.undip.ac.id/cgi-sys/suspendedpage.cgi
Rupayana, I. K., Suartina, I. W., & Mashyuni, I. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Impulse Buying dan Electronic Word of Mouth (EWOM) terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Smartphone Merek Oppo di Kota Denpasar. Widya Amrita, 1(1), 233–247. https://doi.org/10.32795/widyaamrita.v1i1.1167
Sitompul, S. S. (2019) ‘Model Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Xiaomi Smartphone’, 2, Pp. 322–334.
Sofyan. 2020. Pengaruh Atribut Halal Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah (Survey Pada Karyawan PT. Barclay Products Jakarta) Paska. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Sosial, 1(46), 34–39.
Sonatasia, D., dan Arini, E. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. (Jmmib) Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 1(1).
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilowati, D., & Santoso, T. (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth pada Media Sosial Terhadap Keputusan Berkunjung. Jurnal Ilmiah …, 1(2), 95–101. http://www.journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/article/view/943%0Ahttp://www.journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/article/download/943/509
Viva Cosmetics. (2021). Viva Cosmetics. https://vivacosmetic.com/en/