Pengaruh Intelligence Quotient Pada Pemahaman Akuntansi Dengan Emotional Quotient dan Adversity Quotient Sebagai Pemoderasi (Studi Kasus Pada Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia – INSTIKI)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Luh Gede Bevi Libraeni
Ni Made Mila Rosa Desmayani
Ayu Gede Willdahlia

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh Intelligence Quotient pada tingkat pemahaman akuntansi dan menguji Emotional Quotient dan Adversity Quotient dapat memperkuat pengaruh tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research, yang akan menjelaskan hubungan kausal antara variabel independen tersebut terhadap variabel dependen dengan dua variabel pemoderasi. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan teknik purposive sampling. Responden pada penelitian ini adalah Mahasiswa Jurusan TI  dengan jumlah responden sebanyak 56 orang. Analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif dan  Moderated Regression Analysis (MRA).


Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Intelligence Quotient berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Artinya semakin tinggi intelligence quotient mahasiswa maka tingkat pemahaman terhadap akuntansi akan semakin meningkat, Emotional Quotient dan Adversity Quotient tidak mampu memoderasi pengaruh positif Intelligence Quotient pada tingkat pemahaman akuntansi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Libraeni, L. G. B., Ni Made Mila Rosa Desmayani, & Ayu Gede Willdahlia. (2022). Pengaruh Intelligence Quotient Pada Pemahaman Akuntansi Dengan Emotional Quotient dan Adversity Quotient Sebagai Pemoderasi (Studi Kasus Pada Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia – INSTIKI). Jurnal E-Bis, 6(2), 407-415. https://doi.org/10.37339/e-bis.v6i2.953

References

Asrawaty. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran, Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa.
Chintya, C. (2020). Pengaruh Adversity Quotient, Locus of Commitment dan Tipe Kepribadian Terhadap Kinerja Auditor Dengan Islamic Work Ethic Sebagai Variabel Moderasi.
Febriansyah, E. (2020). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Mata Kuliah Pengantar Akuntansi (Studi Pada Mahasiiswa Jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Bengkulu).https://doi.org/10.37676/ekombis.v8i2.
Fitri, N. (2017). Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi Dasar Dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderating. Jounal of Accounting Science. , 1(2), 2548-3501.
Hidayah, N. R. (2020). Effect Of Education And Training (diklat/bimtek), Understanding Of Regional Financial Accounting Systems (Simda) On Performance Of Regional Financial Management. Bima Journal (Business, Management, & Accounting Journal), 1(1), 61-72.
Hidayat, R., & Hati, R. P. (2017). Pengaruh Kualitas Dosen dan Metode Mengajar Terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Riau Kepulauan Batam). Jurnal Equilibiria, 4(1), 1–20.
Husnurrosyidah, (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi Syariah dan Kecerdasan Adversitas Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah STAIN Kudusdan UNISNu Jepara).
Lutfi, B., & Ayu, A. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) Mahasiswa dan Metode pengajaran Dosen Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Akuntansi Trisakti, VIII(1), 41-50.
Mahmud, M. D. (2020). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap pemahaman akuntansi (studi kasus pada mahasiswa fakultas ekonomi universitas muhammadiah Maluku Utara). FINANCIAL: Jurnal Akuntansi, 6(1), 24-35.
Nuraini, Maya (2010). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Mahasiswa Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman akuntansi. Gresik : jurnal BETA.
Paskah, ika. (2010). “Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Pemahaman Akuntansi, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. X, No. 2.
Pratiwi, S. Y., Masyhad, & Rahman, A. (2021). Pengaruh kecerdasan intelektual, emosional, spiritual terhadap tingkat pemahaman akuntansi keuangan mahasiswa universitas bhayangkara Surabaya. UBHARA Accounting Journal, 1(2), 246-254.
Riandi,Edi (2016) statistika penelitian ( Analisis Manual dan IBM SPSS).Yogyakarta : Penerbit Andi.
Sari, I. P., & Sartika, R. (2018). Pengaruh Perilaku Belajar, Gaya Mengajar Dosen, dan Kecerdasan Emosional Terhadap Pemahaman Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi. Menara Ekonomi, IV(2), 39–49.
Singarimbun, Masri. (2011). MetodePenelitianSurvay. Jakarta: PT Pustaka LP3ES Indonesia.
Sri, L., & Wanda, N. (2022). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdaan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa di Kota Batam. Proceeding of National Conference On Accounting & Finance, VIII, 440-448.
Sugiyono.(2016). MetodePenelitianBisnis (PendekatanKuantitatif, Kualitatif, dan R&D).Bandung :Alfabeta.
Syaifudin, M., Diana, N., & Hariri. (2021). Pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan intelektual terhadap tingkat pemahaman akuntansi (studi empiris pada mahasiswa akuntansi fakultas ekonomi dan bisnis universitas Islam Malang). Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi UNISMA, 10(9).
Syarifah. (2019). Konsep kecerdasan majemuk howard gardner. Jurnal Ilmiah Sustainable, 2(2), 154-175.
Umar, Husein (2011). MetodePenelitianUntukSkripsidanTesisBisnis, Jakarta: Raja Grafindopersada.
Utami, S., & Sangsoko, N. (2021). The effect of learning behavior, intellectual intelligence, emotional intelligence, spiritual intelligence,and social intelligence on accounting understanding (case study of accounting study program students at muhammadiyah university of Surakarta). Duconomics Sci-meet, 1, 117-129.