Pengaruh Citra Merek Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Yoghurt Cimory di Surakarta
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Kajian ini tujuannya yakni guna memahami dampak citra merek, kualitas barang serta harga kepada keputusan pembelian Cimory Yogurt di Surakarta. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sebanyak 100 responden yang berada di Surakarta. Penggunaan metode analisis data yakni PLS-SEM. Berdasarkan perhitungan menggunakan software PLS-SEM versi 3.3.9 diperoleh hasil perhitungan nilai R2 sebesar 0,551 dan Q2 sebesar 0,418. Hasil hipotesis memperlihatkan bahwa citra merek mempunyai hubungan baik tetapi tidak signifikan kepada keputusan pembelian, kualitas produk serta harga memperoleh hasil hubungan baik dan signifikan dengan keputusan pembelian Cimory Yogurt di Surakarta. Implikasi dari penelitian ini adalah Yoghurt Cimory harus meningkatkan citra merek, apabila citra merek dapat diperkenalkan dengan baik selanjutnya pelanggan akan lebih terpikat guna melakukan pembelian. Selain itu, instansi Cimory harus mempertahankan kualitas dan harga barang agar konsumen tetap memilih Yoghurt Cimory sebagai pilihan utama
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Piksi Ganesha Indonesia
References
Amilia, S., & Asmara, O. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 660–669.
Astuty, E., Yunita, M., & Fadhilah, A. N. (2021). Edukasi Manfaat Yoghurt Sebagai Salah Satu Probiotik dan Metode Pembuatan Yoghurt Sederhana. Jurnal Kreativitas Pengamdian Kepada Masyarakat, 4(1), 129–136.
Ayumi, S. A., Riptanti, E. W., & Khomah, I. (2022). Jurnal E-Bis ( Ekonomi-Bisnis ) Pengaruh Citra Destinasi dan Electronic Word Of Mouth ( E-WOM ) Dalam Menentukan Kunjungan Wisata ( Studi Kasus Pada Kampoeng Kopi Banaran). 6(1), 1–16.
BPS Jawa Tengah. (2021). Jawa Tengah Dalam Angka 2021. Badan Pusat Statistika Provinsi Jawa Tengah.
Ehsani, Z., & Ehsani, M. H. (2014). Effect of Quality and Price on Customer Satisfaction and Commitment in Iran Auto Industry. International Journal of Service Science, Management, and Engineering, 1(5), 52–56. http://www.openscienceonline.com/journal/ssme
Ervikayanti, N. K. A., & Kusumawijaya, I. K. (2020). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pada produk Yoghurt Republic di Legian. Journal Research Management (JARMA), 2(1), 95–105.
Faritzal, A., Sari, V. N., Lestri, C. S., Putri, A. G., Raihan, B., & Wendhiarko, R. H. (2021). The Influence of Price, Product Quality, and Brand Image on Purchase Decisions for Ultra UHT Milk Products During the Covid-19 Pandemic in Indonesia. Review of International Geographical Education Online, 11(5), 2378–2388. https://doi.org/10.48047/rigeo.11.05.138
Aditya, W. L., & Immanuel, D. M. (2021). Pengaruh kualitas produk dan persepsi harga terhadap minat beli calon konsumen susu. Performa, 4(3), 360–371. https://doi.org/10.37715/jp.v4i3.1648
Amilia, S., & Asmara, O. (2017). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 660–669.
Astuty, E., Yunita, M., & Fadhilah, A. N. (2021). Edukasi manfaat yoghurt sebagai salah satu probiotik dan metode pembuatan yoghurt sederhana. Jurnal Kreativitas Pengamdian Kepada Masyarakat, 4(1), 129–136.
Ayumi, S. A., Riptanti, E. W., & Khomah, I. (2022). Jurnal E-Bis ( Ekonomi-Bisnis ) Pengaruh Citra Destinasi dan Electronic Word Of Mouth ( E-WOM ) Dalam Menentukan Kunjungan Wisata ( Studi Kasus Pada Kampoeng Kopi Banaran). 6(1), 1–16.
BPS Jawa Tengah. (2021). Jawa Tengah Dalam Angka 2021. Badan Pusat Statistika Provinsi Jawa Tengah.
Dewi, D. R., Hartono, S., & Istiqomah. (2017). Pengaruh iklan, kualitas produk dan citra merek tehadap keputusan pembelian minuman probiotik merek Yakult (studi kasus pada konsumen Yakult di Kampung Botokan Pajang Laweyan Surakarta). Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora, 1(1), 1–12.
Ehsani, Z., & Ehsani, M. H. (2014). Effect of quality and price on customer satisfaction and commitment in Iran Auto Industry. International Journal of Service Science, Management, and Engineering, 1(5), 52–56. http://www.openscienceonline.com/journal/ssme
Ervikayanti, N. K. A., & Kusumawijaya, I. K. (2020). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pada produk Yoghurt Republic di Legian. Journal Research Management (JARMA), 2(1), 95–105.
Faritzal, A., Sari, V. N., Lestri, C. S., Putri, A. G., Raihan, B., & Wendhiarko, R. H. (2021). The influence of price, product quality, and brand image on purchase decisions for ultra UHT Milk products during the covid-19 pandemic in Indonesia. Review of International Geographical Education Online, 11(5), 2378–2388. https://doi.org/10.48047/rigeo.11.05.138
Fitriani, C. (2021). Statistik Daerah Kota Surakarta. BPS Kota Surakarta.
Fuadi, N., Khairawati, S., & Sasono, H. (2019). Pengaruh store layout, kualitas pelayanan dan motivasi rasional terhadap keputusan pembelian konsumen. AT-TAUZI: Jurnal Ekonomi Islam, 19(2), 85–97.
Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hernawan, R. T., & Hasibuan, S. (2016). Analisis pengaruh tingkat pengalaman dan coaching style terhadap kualitas kepemimpinan manajer proyek dalam upaya peningkatan produktivitas di PT. JCI. Jurnal PASTI, 11(1), 84–97.
Hidayat, R. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi consumer decision making process (studi kasus Rumah Makan Bebek Sinjai Madura). JIEMS (Journal of Industrial Engineering and Management Systems), 9(2), 77–95. https://doi.org/10.30813/jiems.v9i2.40
Kementerian Perindustrian. (2020). Perkembangan Impor Kelompok Olahan Produk Susu Lainnya. Kementerian Perindustian. https://kemenperin.go.id/statistik/barang.php?ekspor=&kode=202010043
Kementerian Pertanian. (2021). Kementan Berkomitmen Kembangkan Produksi Susu Segar Dalam Negeri. Kementerian Pertanian. https://ditjenpkh.pertanian.go.id/berita/1340-kementan-berkomitmen-kembangkan-produksi-susu-segar-dalam-negeri
Kusuma, L., & Sahetapy, D. W. L. (2019). Pengaruh harga produk, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap brand love melalui kepuasan konsumen pada Koi Thé di Surabaya. Jurnal Agora, 7(1), 1–6. https://ejurnal.seminar-id.com/index.php/jbe/article/view/191
Novitasari, A., Rizkiyah, D., & Sanjaya, V. F. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Oriflam. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Keuangan, 3(1), 40–46.
Nurhidayah, Rahmidani, R., & Syofyan, R. (2018). Pengaruh produk dan harga terhadap minat beli cimory di Kota Padang. EcoGen, 1(4), 967–976.
Prasastiningtyas, T. R., & Djawoto. (2016). Pengaruh citra merek, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian kartu seluler. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(7), 1–15.
Puspita, S. D., Taslim, & Fitriani, A. (2015). Pengaruh harga, kualitas produk, dan citra merek terhadap keputusan pembelian yoghurt. J. Unpad, 4(1), 1–7. http://jurnal.unpad.ac.id/ejournal/article/view/5705
Putra, F. K. (2016). Pengaruh shopping lifestyle, usia dan gender terhadap impulse buying produk fashion. Jurnal MAnajemen Bisnis, 6(1), 1–11.
Putri, E. (2016). Kualitas protein susu sapi segar berdasarkan waktu penyimpanan. Chempublish Journal, 1(2), 14–20. https://online-journal.unja.ac.id/chp/article/view/3309/pdf
Razak, I. (2019). Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(2), 1–14.
Resnawati, H. (2020). Kualitas Susu Pada Berbagai Pengolahan dan Penyimpanan. In Semiloka Nasional Prospek Industri Sapi Perah Menuju Perdagangan Bebas.
Rianse, U., & Abdi. (2008). Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi: Teori dan Aplikasi. Alfabet.
Rifai, A. (2015). Partial Least Square-Structural Equation Modeling ( PLS-SEM ) untuk mengukur ekspektasi penggunaan repositori lembaga ( Pilot studi di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ). Al-Maktabh, 14(1), 56–65.
Rosanti, N., Karta Negara Salam, & Panus. (2021). The effects of brand image and product quality on purchase decisions. Quantitative Economics and Management Studies, 2(6), 365–375. https://doi.org/10.35877/454ri.qems360
Sari, D. P., & Nuvriasari, A. (2018). Pengaruh citra merek, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk merek Eiger (Kajian pada mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta). Jurnal Penelitan Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 73–83. https://doi.org/10.33633/jpeb.v3i2.2298
Sari, & Suryoko, S. (2017). Pengaruh harga, kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian teh siap minum dalam kemasan teh botol sosro (Studi kasus pada mahasiswa S1 Fisip Undip Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(3), 453–464.
Sholiha, E. U. N., & Salamah, M. (2015). Structural equation modeling-partial least square untuk pemodelan derajat kesehatan Kabupaten/Kota di Jawa Timur (Studi kasus data indeks pembangunan kesehatan masyarakat Jawa Timur 2013). Jurnal Sains Dan Seni ITS, 4(2), 169–174.
Shomad, M. (2021). Analisis harga dan ekuitas merek terhadap keputusan pembelian susu kental manis Frisian Flag. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 779–791.
Sinaga, O. S., Irianto, H., & Widiyanti, E. (2017). Pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen (Studi pada konsumen Rumah Teh Ndoro Donker Kemuning). Jurnal Agista, 5(1), 80–88.
Suharto, E. L. S., Arief, I. I., & Taufik, E. (2016). Quality and antioxidant activity of yogurt supplemented with roselle during cold storage. Media Peternakan, 39(2), 82–89. https://doi.org/10.5398/medpet.2016.39.2.82
Wardhani, N. I. . (2015). Analisis kualitas produk dan harga dalam meningkatkan loyalitas melalui kepuasan pelanggan pada Minuman Sari Buah Frutang. Jurnal Neo-Bisnis, 6(1), 64–75.