Pengaruh Produk Pariwisata dan Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Pariwisata Dipantai Nirwana Kota Baubau Tahun 2021
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh produk wisata, citra destinasi terhadap keputusan berkunjung, di Wisata pantai Nirwana Kota Baubau. Metode penelitian adalah menggunakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan data sekunder dan primer. Analisis data menggunakan software SPSS versi 20 dan menggunakan uji asumsi klasik, uji t dan uji f. Teknik penarikan sampel menggunakan simple random sampling berjumlah 78 orang wisatawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk wisata berpengaruh positif dan signifkan terhadap keputusan berkunjung di Wisata Pantai Nirwana Kota Baubau. Kemudian citra destinasi berpengaruh positif dan signifkan terhadap keputusan berkunjung di Wisata Pantai Nirwana Kota Baubau dan Produk wisata dan citra destinasi secara simultan berpengaruh positif dan signifkan terhadap keputusan berkunjung di Wisata Pantai Nirwana Kota Baubau.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Piksi Ganesha Indonesia
References
Ardiyanto, N. S., & Hari, S. (2016). Pengaruh Produk Wisata Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan berkunjung (Studi pada Pengunjung Objek Wisata Pantai Bondo Jepara). E-Journal Undip, 1–9.
Arjana, I. G. B. (2017). Geografi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Depok: Rajawali Pers.
Ayu, J. P. (2021). Pengaruh Pemasaran Digital dan Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Wisata Bahari di Kepulauan Seribu. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 26(3), 223–232.
Basu Swastha dan T. Hani Handoko. (2000). Manajemen Pemasaran (Analisa Perilaku Konsumen),. Yogyakarta : BPFE UGM.
Bigne, J. Enrique, Sanchez, M. Isabel, Sanchez, J. (2001). Tourism image evaluation variables and after purchase behavior. Journal tourism management, 22 (2001) 607616. Eleveir.
Cahyono, A. T., & Pradana, M. (2021). Pengaruh Atribut Produk Wisata Dan Electronic Word Of Mouth ( Ewom ) Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Obyek Wisata Umbul Manten Klaten The Effect Of Tourism Product Attribbutes And Electronic Word Of Mouth ( Ewom ) On Visiting Decisions At Umbul Manten. E-Proceeding of Management, 8(1), 152–163.
Cappadocia, C. (2015). The Effects of the Image of Destination on Tourist Satisfaction and Loyalty : The The Effects of the Image of Destination on Tourist Satisfaction and Loyalty : The Case of Cappadocia. March 2012.
Chamdani, U. (2016). Digital Marketing Melalui Informasi Pesan Destinasi Pariwisata. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Croy, W. G. (2014). The Lord Of The Rings, New Zealand, And Tourism: Image Building With Film. 1-21.
Desy, I., Nurhajati, & Ridwan, B. M. (2015). Pengaruh Produk Wisata dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Dengan Citra Destinasi Sebagai Variabel Intervening. E-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Unisma, 7(1), 37–72. https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civilwars_12December2010.pdf%0Ahttps://thinkasia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625
Devin Cahya Triansya dan Beta Budisetyorini. (2018). Influence of Tourism Destination Products and Images on Tourist Visiting Decision to Kota Seribu Sungai Banjarmasin. Jurnal Pariwisata Terapan, No. 2, Vol. 2, Pp 73-83.
Dwi, C., Makawoka, P., Soepeno, D., Loindong, S. S. R., Ekonomi, F., Bisnis, D., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. (2022). Daya Tarik Wisata , Citra Destinasi Dan Electronic Word Of Mouth ( E-Wom ) Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Objek Wisata Pantai Kenzo Desa Kombi The Influence Of Tourist Attractions , Destination Image And Electronic Word Of Mouth ( E-Wom ) On The Decis. 10(3), 817–829.
Elmas, M. S. H. (2019). The Influence Of Green Marketing, Attribute Tourism Products, E-Wom The Visit Decision. International Journal of Social Science and Business, 3(1), 46–54. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ijssb.v3i1.17254
Ester, A., Syarifah, H., & ZA Zainurossalamia Saida. (2020). Pengaruh daya tarik wisata citra destinasi dan sarana wisata terhadap kepuasan wisatawan citra niaga sebagai pusat cerminan budaya khas kota samarinda. Jurnal Manajemen, 12(1), 145–153. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen
Eviana, N., & Achmadi, R. (2018). Pengaruh Produk Wisata, Motivasi Wisata, Citra Daya Tarik Wisata dan Keputusan Berwisata Terhadap Kepuasan Wisatawan di Daya Tarik Wisata Taman Buah Mekarsari. Jurnal Eduturisma, 2(2), 1–26.
Ghaitsani, S., & Prihatini, A. E. (2020). Pengaruh Produk Wisata, Citra Destinasi Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Pantai Bandengan Jepara (Studi Pada Pengunjung Pantai …. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, IX(Iii), 284–294. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/28081%0Ahttps://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/download/28081/24332
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. .Bandung: Alfabetha.
Indri Safitri, A. M. R. dan E. S. (2020). Peran produk wisata dan citra destinasi terhadap keputusan berkunjung wisatawan. 8, 734–741.
Inkky Arista, D. dan S. M. (2017). Pengaruh Produk Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Pulau Lengkuas Belitung. 1.
kamal musthofa, H., Rachma, N., & Hufron, M. (2019). Keputusan, Terhadap Ke, Berkunjung Coban, Wisata. E – Jurnal Riset ManajemenPRODI MANAJEMEN. Fakultas Ekonomi Unisma, 1, 90–101.
Khairani. (2009). Analisis Variabel Yang Berpengaruh Terhadap Pembentukan Citra Daerah Tujuan Wisata : Studi Kasus Wisatawan Nusantara Yang Berwisata Ke Yogyakarta Periode 2007-2009. Indonesia, Universitas Ekonomi, Fakultas Studi, Program Reguler, Sarjana Pemasaran, Kekhususan.
Kotler, P. & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. 14 th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Martı, J. D. (2004). Factors Influencing. 31(3), 657–681. https://doi.org/10.1016/j.annals.2004.01.010
Muljadi, A. . (2009). Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta: Penerbit PT Raja Grafindo Persada.
Nafis, R. W. (2020). Pengaruh Citra Destinasi dan Kepercayaan Wisatawan Terhadap Keputusan Berkunjung. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), 40–45.
Nurul, Ittaqullah, R., Madjid, N., & Suleman, R. (2020). Pengaruh Pemasaran Seluler, Discount, Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Konsumen Di Pasar Online.
Octaviany, V. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Pariwisata Terhadap Keputusan Berkunjung Di Bale Seni Barli-Kota Baru Parahyangan The Effect Of Tourism Quality Product Towards Decision To Visit Bale Seni Barli-Kota. 1, 184–195.
Prima, E., Damarsiwi, M., Manajemen, E., & Bengkulu, U. D. (2020). Pengaruh Electronic Worth Of Mouth Dan Citra Destinasi. 9986(September 2018), 1–6.
Priyanto, R., Widiartono, & Listyorini, S. (2016). Pengaruh Produk Wisata, Destination Image, dan Word of Mouth terhadap Keputusan Berkunjung (Studi Kasus pada Pengunjung Objek Wisata Goa Kreo Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, 5(1), 217–226.
Putri, A. K., Sos, A. P. S., Si, M., Komunikasi, P. I., Komunikasi, F., & Telkom, U. (2019). Pengaruh Citra Merek Traveloka Terhadap Loyalitas Konsumen. 6(2), 5007–5021.
Rafika, A., & Nugroho, E. S. (2021). the Effect of Tourism Product Attributes and Destination Image on Visit Decisions in Sri Baduga Tourism Destination, Purwakarta Regency. Business and Accounting, 4, 656–664. www.jatiluhuronline.com
Ramadhan, & S. (2016). Pengaruh Produk Wisata dan Word of Mouth terhadap Keputusan Berkunjung. Jurnal Administrasi Bisnis Vol.5 No.4.
Riduwan. (2004). Skala Pengukuran Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Schiffman, L. dan L. L. K. (2008). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Indeks.
Sekaran, U. (2011). Research Methods For Business (Metode Penelitian Untuk Bisnis). Jakarta: Salemba Empat.
Shalsha Afifah Ayumi, Erlyna Wida Riptanti, & Isti Khomah. (2022). Pengaruh Citra Destinasi dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Dalam Menentukan Kunjungan Wisata (Studi Kasus Pada Kampoeng Kopi Banaran Semarang). Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 6(1), 1–16. https://doi.org/10.37339/e-bis.v6i1.890
Siagian., S. P. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia edisi satu, cetakan kesepuluh. Jakarta : Bumi Aksara.
Sodik, Nawangsih, & Lukiana. (2019). Pengaruh Citra Destinasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Berkunjung Wisata Alam Puncak B29 Kabupaten Lumajang. Journal of Organization and Business Management, 1(4), 48–51.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.
Sulsa Putra Edri, Yuliana, & Suyuthie, H. (2017). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Di Objek Wisata Pantai Carocok Painan. Prodi Manajemen Perhotelan Jurusan Pariwisata FPP UNP, 1, 43. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Suwantoro, G. (2004). Dasar-dasar Pariwisata. Yogyakarta: Andi Offset.
Tamahela, F., & Nugroho, D. A. (2020). Pengaruh Citra Destinasi, Kepuasan Pengunjung Dan Pengalaman Pengunjung Terhadap Keputusan Berkunjung Ulang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 8(2).
Teng, L., Loi, I., Siu, A., So, I., Sheungting, I., Hoc, L., & Fong, N. (2017). Journal of Hospitality and Tourism Management Does the quality of tourist shuttles in fl uence revisit intention through destination image and satisfaction ? The case of Macao. Journal of Hospitality and Tourism Management, 32, 115–123. https://doi.org/10.1016/j.jhtm.2017.06.002
Yoeti, O. A. (2013). Pemasaran Pariwisata Terpadu. Bandung: Penerbit Angkasa.
Zakia, S. Z., & Farida, N. (2017). Pengaruh Produk Wisata , Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusanzakia, S. Z., & Farida, N. (2017). Pengaruh Produk Wisata , Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Dengan Citra Destinasi Sebagai Variabel ( Studi Pada Obyek Wisata Colo Kudus ). Jurnal Imu Administrasi Bisnis, Universitas Diponegoro, 024.
Zurina Mohaidin, WEI, K. T., & Murshid, M. (n.d.). Factors influencing the tourists’ intention to select sustainable tourism destination: a case study of Penang, Malaysia. International Journal of Tourism Cities.