Analisis Antarmuka dan Layanan pada Website Program Studi X Menggunakan Rekayasa Kansei dan Metode Kano

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Seliwati Ginting
Ana Hadiana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah membuat rekomendasi elemen apa saja dalam merancang atau memperbaiki website mahasiswa berdasarakan kansei enginnering dan layanan-layanan yang perlu ditingkatkan pada website prodi X. Dalam memenuhinya dapat memanfaatkan rekayasa kansei untuk menganalisis desain website yang menterjemahkan perasaan stakeholder kedalam desain website dan metode kano untuk evaluasi layanan website. Data didapatkan menggunakan kuisioner terhadap 30 responden. Hasil kuisioner diolah menggunakan statistik multivariate, dan evaluasi layanan menggunakan Metode Kano. Faktor utama yang berpengaruh dalam tampilan website yaitu “segarâ€, artinya desain website dibuat sesuai selera anak muda dan keren seperti warna background, tidak membutuhkan header menu dan lain-lain. Sedangan untuk evaluasi layanan menghasilkan 10 atribut yang harus ditingkatkan sesuai dengan derajat prioritas, misalnya pada dimensi usability, webiste lebih mudah dioperasikan. Selain itu, ada layanan yang dipertahankan sesuai dengan derajat prioritas sebanyak 15 atribut.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ginting, S., & Hadiana, A. (2020). Analisis Antarmuka dan Layanan pada Website Program Studi X Menggunakan Rekayasa Kansei dan Metode Kano. Jurnal E-Komtek, 4(1), 48-61. https://doi.org/10.37339/e-komtek.v4i1.233

References

[1] Restama, M. (2014). Efektifitas Akademik Sebagai Saran Penyampaian Informasi Akademik Bagi Mahasiswa Universitas Riau. Jom FISIP Volumen 1 No.2 , 1-15
[2] Dauni, P. (2015). Implementasi Kansei Engineering Terhadap Desain Antarmuka Website Sistem Informasi Akademik Berbasis Online. Bandung: Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer LIKMI.
[3] Ramadhan, T. (2016). Implementasi Kansei Engineering dalam Desain Tampilan Website Perguruan Tinggi (Studi Kasus : STIEB Perdana Mandiri Purwakarta). Bandung: Sekolah TInggi Manajemen Informatika dan Komputer LIKMI.
[4] Wicaksono, F. (2016). Penerapan Kansei Engineering pada Rancangan Antarmuka E-Learning Berbasis Web. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia , 13-18.
[5] Ginanjar, A. (2016). Implementasi Kansei Engineering dalam Desain Tampilan Website Mobile Berita Informasi Orang Tua dan Anak (Studi Kasus : www.buahatiku.com) Bandung: Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer LIKMI.
[6] Hadiana, A. (2015). Pemanfataan Kansei Engineering dalam Pengembangan Sistem Informasi. Infotech Journal , 32-35.
[7] Muhaemin, M. (2016). Implementasi Kansei Engineering dalam Desain Website Profile Perguruan Tinggi (Studi Kasus:STMIK Sumedang). Jurnal Informan's , 32-39.
[8] Jaelani, I. (2015). Penerpan Metode Kano Berdimensi Servqual dalam Menganalisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Terhadap Kepuasan Penguna (Studi Kasus SIMAK STT. Wastukancana Purwakarta). Bandung: Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer LIKMI.
[9] Ramdon, E. (2013). Adopsi Metode Kano untuk Kesuksesan dan Ketidaksuksesan Sistem Informasi. Bandung: Institut Teknologi Bandung.