Efek Mediasi Literasi Keuangan Terhadap Hubungan Antara Kualitas Pembelajaran Keuangan dengan Keputusan Investasi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Perwito
Syamsu
Gunardi

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk menguji Efek Mediasi Literasi keuangan Terhadap hubungan antara kualitas pembelajaran keuangan dengan keputusan investasi.Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, bersifat deskriptif verifikatif. Sampel penelitian ini sebanyak 93 maasiswa yang telah mengikuti literasi keuangan, teknik sampling menggunakan purposive simple random sampling. Untuk menguji Efek Mediasi menggunakan Bootstrapping approach dengan bantuan SPSS versi 25 dan Process V3.4.Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa Literasi Keuangan (LK) memediasi secara penuh pengaruh Kualitas Pembelajaran Keuangan (KPK) terhadap Keputusan Investasi (KI). Pentingnya meningkatkan literasi keuangan (LK) melalui pembelajaran keuangan pada lingkungan perguruan tinggi, sehingga diharapkan dapat melakukan pengelolaan konsumsi, simpanan, dan perencanaan keuangan dengan baik yang pada akhirnya akan tercipta kesejahteraan hidupnya, hal ini menjadi pendorong bagi kemajuan pembangunan ekonomi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Perwito, Syamsu, & Gunardi. (2020). Efek Mediasi Literasi Keuangan Terhadap Hubungan Antara Kualitas Pembelajaran Keuangan dengan Keputusan Investasi. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 4(2), 118-130. https://doi.org/10.37339/e-bis.v4i2.228

References

Angga Budiarto, S. (2017) “Pengaruh Financial Literacy, Overconfidence, Regret Aversion Bias, Dan Risk Tolerance Terhadap Keputusan Investasi (Studi pada investor PT. Sucorinvest Central Gani Galeri Investasi BEI Universitas Negeri Surabaya) Angga Budiarto,” 05, pp. 1–9.
APJII (2017) “Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia,” Apjii. Available at: www.apjii.or.id.
Atkinson, A. (2011) “Finance : Assessing Financial literacy in 12 countries : an OECD / INFE Assessing financial literacy in 12 countries : an OECD / INFE international pilot exercise *,” pp. 657–665. doi: 10.1017/S1474747211000539.
Ayu Krishna, Maya Sari, R. R. (2007) “Analisis Tingkat Literasi Keuangan Di Kalangan Mahasiswa dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya ( Survey Pada Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia ),” pp. 1–6.
Dewi, M. K., Khotimah, S. and Puspasari, N. (2014) “Telah Financial Literasi Mahasiswa Feb Universitas Jenderal Soedirman : Suatu Implikasi Pembelajaran,” pp. 819–832.
Dorfleitner, G. et al. (2017) “FinTech in Germany,” FinTech in Germany, pp. 1–121. doi: 10.1007/978-3-319-54666-7.
Grohmann, A., Klühs, T. and Menkhoff, L. (2018) “Does financial literacy improve financial inclusion? Cross country evidence,” World Development. Elsevier Ltd, 111, pp. 84–96. doi: 10.1016/j.worlddev.2018.06.020.
Harahap, B. A. et al. (2017) “Perkembangan Financial Technology Terkait Central Bank Digital Currency (CBDC) Terhadap Transmisi Kebijakan Moneter Dan Makroekonomi,” Bank Indonesia, 2, pp. 1–80.
Herawati, N. T. (2015) “Kontribusi pembelajaran di perguruan tinggi dan literasi keuangan terhadap perilaku keuangan mahasiswa,” pp. 60–70.
Lusardi, A. (2019) “Financial literacy and the need for financial education: evidence and implications,” Swiss Journal of Economics and Statistics. Swiss Journal of Economics and Statistics, 155(1), pp. 1–8. doi: 10.1186/s41937-019-0027-5.
Lusardi, A. and Mitchell, O. S. (2007) “Baby Boomer retirement security : The roles of planning , financial literacy , and housing wealth $,” 54, pp. 205–224. doi: 10.1016/j.jmoneco.2006.12.001.
Lutfi & Iramani. 2008. Financial Literacy Among University Student and Its Implications to The Teaching Method. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi Ventura Volume 11 no. 3.
Margaretha, F. and Pambudhi, R. A. (2015) “Tingkat Literasi Keuangan Pada Mahasiswa S-1,” 17(1), pp. 76–85. doi: 10.9744/jmk.17.1.76.
Nyoman Olivia Udayanthi, Nyoman Trisna Herawati, I. P. J. (2018) “Pengaruh Literasi Keuangan, Kualitas Pembelajaran Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif,” pp. 195–208.
OECD (2018) “OECD / INFE TOOLKIT FOR MEASURING FINANCIAL LITERACY AND,” (May).
OJK (2017) “Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia ( Revisit 2017).”
OJK (2019) “Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 76 /POJK.07/2016,
Perwito (2011) “Pengaruh Analisis Faktor Fundamental Terhadap Return Saham,” ILmu Manajemen & Bisnis, 2(2), pp. 85–95. doi: https://doi.org/10.17509/jimb.v2i2.13089.
Putra, I. P. S. et al. (2016) “experienced regret , dan risk tolerance pada pemilihan jenis investasi.” doi: 10.14414/jbb.v5i2.548.
Rasuma Putri, N. M. D. and Rahyuda, H. (2017) “Pengaruh Tingkat Financial Literacy Dan Faktor Sosiodemografi Terhadap Perilaku Keputusan Investasi Individu,” E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 9, p. 3407. doi: 10.24843/eeb.2017.v06.i09.p09.
Research, A. S. (2019) “Perilaku dan Preferensi KonsumenMillennial Indonesia terhadap Aplikasi E-Commerce 2019.”
Susanti, A. S. (2014) “Pengaruh Pendidikan Keuangan Di Keluarga, Pengalaman Bekerja Dan Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Terhadap Literasi Keuangan,” 2(2), pp. 1–10.
Williamson, T. (1998) “An Analysis of Personal Financial Literacy Among College Students,” 7(2), pp. 107–128.
Zulbetti, R. et al. (2019) “Upaya Peningkatan Literasi Keuangan Pengurus BUMDES Melalui Pelatihan Keuangan di Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung Efforts to Increase Financial Literacy of BUMDES Management Through Financial Training in Cimaung District, Bandung R