Pengaruh Produk Dan Promosi Untuk Meningkatkan Breakfast Revenue Hotel Di Kota Bandung

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Idham Wibawa

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pengaruh Produk Dan Promosi Untuk Meningkatkan Breakfast Revenue Hotel Di Kota Bandung” bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh dari produk dan promosi terhadap breakfast revenue hotel di kota Bandung. Penelitian ini menguji mengenai pengaruh Produk dan Promosi untuk meningkatkan Breakfast Revenue Hotel di Kota Bandung yang diwakilkan oleh empat hotel yang antara lain Hotel Best Western, Hotel Novotel, Hotel Grand Tebu, GH Universal. Penelitian ini bersifat deskriptif yang mempunyai maksud untuk mengetahui gambaran secara keseluruhan mengenai Produk dan Promosi sebagai X yang terdiri dari Produk X1 ,Promosi X2. Adapun keputusan menggunakan Breakfast Revenue yang menjadi variabel endogen (Y). Dalam penelitian ini jumlah populasi sebanyak 453.637 Orang tamu dari Hotel Grand Tebu, Hotel GH Universal, Hotel Novotel, Hotel Best Western diambil hanya 130 responden saja. Teknik pengumpulan data menggunakan kuseioner yang diberikan kepada tamu yang membeli breakfast package. Dalam penelitian ini peneliti melakukan pengujian data validitas dan reabilitas, analisis jalur atau path analysis serta dilakukan pengujian uji f dan uji t dengan menguunakan SPSS 20. Berdasarkan hasil penelitian mengenai Pengaruh Produk dan Promosi  Untuk  Meningkatkan  Breakfast Revenue Hotel di Kota Bandung ”(Studi kasus  Hotel Novotel, Hotel Grand Tebu, Hotel GH Universal dan Hotel Best Western), dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Produk dan promosi berpengaruh terhadap revenue sebesar 70% sedangkan sisanya 30 % dipengaruhi oleh variable lainnya. Pengaruh langsung dari Produk (X1) terhadap Revenue (Y) sebesar 16,50% sedangkan pengaruh tidak langsung sebesar 11,50%. Jumlah total pengaruh produk terhadap revenue sebesar 28%. Sedangkan untuk pengaruh langsung dari promosi (X2) terhadap revenue (Y) sebesar 30,50%. Dan untuk pengaruh tidak langsung promosi terhadap revenue sebesar 11,50%.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Wibawa, I. (2020). Pengaruh Produk Dan Promosi Untuk Meningkatkan Breakfast Revenue Hotel Di Kota Bandung. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 4(2), 165-178. https://doi.org/10.37339/e-bis.v4i2.297

References

Arikunto, Suharsimi, 2008. Prosedur Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Armana, Made Adi I Ketut Kirya, I Wayan Suwendra. 2015. Pengaruh biaya promosi dan tarif kamar terhadap pendapatan hotel Damai Singaraja 2013. E. Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen. Vol 3
Atmoko T Prasetyo Hadi. 2018. Strategi Pemaasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan di Cavinton Hotel Yogyakarta. Jurnal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation Vol 1 No 2
Azwari, Saefuddin. 2007. Metode Penelitian. Yogya: Pustaka Pelajar.
Belch, George E., Belch, Michael A. (2009) Advertising and Promotion: an Integrated Marketing Comunication Prerspective. 8 th Edition. New York: Mc Graw-Hill.
Bojanic, David C. (2008). Houspitality Marketing Mix and Service Marketing.
Buchory, Herry Achmad & Saladin. (2010). Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya.
Clow,K.E and Black, D.(2002) Integrated Advertising Promotion abd Marketing Communication. New Jersy: Pearson Education/ Prentice Hall.
Darmadi Didik. 2013. Pengaruh Promosi Terhadap Penjualan (studi kasus PT. ASTRA Internasional TBK – TSO Cabang Soetoyo Malang) Jurnal Administrasi Bisnis (JAB Vol 2 No 1)
Djaslim, Saladin. (2007) Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran. Bandung : CV. Linda Karya.
Egan, John.2001. Strategi Menaklukan Pasar. Jakarta: Gramedia.
Griffin, Ricky w. and Ronald J. Ebert. (2006). Bussiness Esentials. 8th Edition Prentice Hall.
Hasan, Ali. 2013. Marketing dan kasus-kasus pilihan. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.
Hermawan Kartajaya. 2010. Brand Operation The Official MIM Academy course book. Jakarta: Esensi Erlangga Group.
Husein, Umar. (2008).Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa, Ghalia Indonesia, ISBN: 979-450468-6.
J. Paul Peter, James H. Donnelly, Jr. (2011). A Preface to Marketing Manajemen. 12th Edition. New York: Mc G
Kotler, Philip dan Keller, 2012. Principle Of Marketing (14th edition). New York: Prenrice Hall.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisi 13, Jilid 1). Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip. 2000. Marketing Managemen. Edisi Milenium. Internasional Edition, Prentice Hall.
Lovelock, Christoper.(2012) and Jochen writz 2011. Service Marketing New Jersey USA:Pearson.
Mashuri, Andi. 2008. Penelitian Verifikatif. Yogya: Media Komputindo.
Moriarty.Sandra.(2012). Advertising & IMC: Principles and Practising, 9th Edition. Upper Saddle River,N.J Prentice Hall/Pearson.
Mowen, Jhon. C dan Minor. M (2002) Prilaku Konsumen Jilid 1 Edisi Kelima (terjemahan). Erlangga. Jakarta.
Palilati, Alinda. 2007. Pengaruh Nilai Pelanggan & kepuasan. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Ridwan, 2008. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung Alfabeta
Riduan (2010). Dasar-Dasar statistika. Bandung: Alfabeta.
Lupiyoadi,Rambat, A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Sarwono, Jonathan. 2005. Analisis Data Penelitian Menggunakan SPSS. Yogyakarta: ANDI
Sekaran, Uma, 2006. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.
Shimp.Terence, A.(2014). Integrated Marketing Communication inAdvertising.
Sugyiono, 2011.Statistika Untuk Penelitian.Bandung : Alfabeta
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cetakan ke-8. Bandung: Alfabeta.
Susanto, AB. 2010. Bizmark. Jakarta: Esensi Erlangga Grup.
Tjiptono, Fandy.2008. Pemasaran Jasa Edisi Pertama. Malang: Bayu Media Publishing.
Tjiptono, Fandy, Gregorius Chandra, Dadi Adriana. 2008. Pemasaran Strategik. Yogyakarta. Andi.
Ulber, Silalahi. 2009. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Uma, Sekaran. 2006. Metode Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Alexander wirapraja dan Erni Halim (2017) Pengaruh Opaque pricing sebagai strategi pemasaran industri perhotelan (Sebuah studi literatur)
Deninna Rahmattia, Rini rinawati, (2017) Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Warung Salse.
Enne Molika, Yusri Abdillah, Edriana Pangestuti, (2017) Pengaruh bauran promosi hotel terhadap keputusan menginap business traveler di hotel bisnis (hotel ibis Surabaya).
W Yuliyanto,(2020) Pengaruh Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Toko Aleea Shopid Kebumen. Journal of Business and Economics Research (JBE), 2716-4128 Vol 1 No 2 (2020): JBE - Juni 2020 Hal. 161-167
Munyau, Peary Kilei and Fred Mugambi Mwiringi (2013) The Influnace of customer loyality on celebrity endorser choice Decision Marketing: An Explonatory survey of customer of selected celebrity Endorser Product in Kenya. European Journal of Business and Managemen.
Ida Iiahi Hayati dan Nellyaningsih,(2017) Tinjauan bauran promosi pada kamojang Green Hotel & Resort di Garut
Ni Wayan Awinasi dan Ni Made Restini (2018) Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan tamu menginap pada hotel Inna grand Bali beach Sanur.
www.kemenpar.go.id (29 Sep 2018)
http// www.kemenbudpar.com/
www.muhammaddiryawan.wordpress.com
www.studentjurnal.petra.ac.id/index.php
www.sandi.wordpress.com
http//www.tempo.co/
http//www.travel.kompas.com/
www.venuemagz.com
http//www.unwto.org/