Peningkatan Kapabilitas Teknologi dalam Menghadapi Era Disrupsi pada Generasi Milenial melalui Webinar

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Chandra Arifianto
Anom Susilo
Mutawali
Rahadyan Tajuddien
Faisal Romdonih

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan paradigma perlunya meningkatkan kapabilitas penggunaan teknologi terutama ponsel pintar pada generasi milenial. Ternyata banyak konsumen yang membeli kebutuhannya secara daring dan itu merupakan kesempatan. Permasalahan yang dihadapi oleh para generasi milenial adalah pemanfaatan ponsel pintar yang tidak maksimal karena kurangnya minat dan tidak menariknya wirausaha melalui daring. Metode pelatihan berupa pemberian materi secara daring melalui webinar, peserta dapat bertanya secara langsung tanpa perlu berkumpul. Pada akhir kegiatan dilakukan dengan sesi tanya jawab sebagai bentuk evaluasinya. Hasil setelah mengikuti pelatihan, paradigma mereka terbuka untuk memunculkan minat mereka untuk memulai usaha secara daring dengan memanfaatkan ponsel pintar mereka

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Anom Susilo, Universitas Pamulang

Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi

Mutawali, Universitas Pamulang

Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi

Rahadyan Tajuddien, Universitas Pamulang

Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi

Faisal Romdonih, Universitas Pamulang

Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi

How to Cite
Chandra Arifianto, Susilo, A., Mutawali, Tajuddien, R., & Romdonih, F. (2020). Peningkatan Kapabilitas Teknologi dalam Menghadapi Era Disrupsi pada Generasi Milenial melalui Webinar . JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 145-157. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i2.280

References

Apsari, F., Made Rama dan Eli Prasetyo. 2018. Pemanfaatan Teknologi bagi Generasi Millenial: Konseling Berbasis Teks Menggunakan Riliv-Aplikasi Android. Jurnal Experientia 6, no. 1 (Juli).
Haryanto, Agus. Riset: ada 175,2 juta pengguna internet di Indonesia. Detik.com. https://inet.detik.com/cyberlife/d-4907674/riset-ada-1752-juta-pengguna-internet-di-indonesia (diakses 31 Juli 2020).
Kemp, Simon. Digital 2020: 3.8 Billion People Use Social Media. Wearesocial.com. https://wearesocial.com/blog/2020/01/digital-2020-3-8-billion-people-use-social-media (diakses 10 Agustus 2020).
Syafarudin. Disrupsi Pemerintah dan Politik Era 4.0. Universitas Lampung. https://www.unila.ac.id/disrupsi-pemerintahan-dan-politik-era-4-0/ (diakses 31 Juli 2020).
Saputro, Fathan. Peran dan Tantangan Pemuda “di Era Generasi Milenial”. Pustakabergerak.co.id. https://pustakabergerak.id/artikel/peran-dan-tantangan-pemuda-di-era-generasi-millenial (diakses 31 Juli 2020).
Situmeang, Rosinta. 2018. Dampak Bisnis Online dan Lapangan Pekerjaan terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat (Studi Kasus Jasa Bisnis Online Transportasi Grab di Kota Medan). Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship 3, no. 3 (September).
Izzati, Nurul. 2015. Motif Penggunaan Gadget Sebagai Sarana Promosi Bisnis Online di Kalangan Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Jurnal Komunikasi ASPIKOM 2, no. 5 (Juli).
Taufiq, Adhitya, Andina Mandasari dan Andhy Romdani. 2018. Analisis Faktor-faktor Pembentuk Konsumsi Status pada Generasi Millenial. Jurnal Ekonomi Manajemen 4, no. 2 (November).
LIPI. Kapasitas Inovasi dan Kapasitas Teknologi Industri Indonesia masih rendah. LIPI. http://lipi.go.id/berita/single/Kapasitas-Inovasi-dan-Kapabilitas-Teknologi-Industri-Indonesia-Masih-Rendah/13650 (diakses 31 Juli 2020).
Brahma, Ismail. 2020. Penggunaan Zoom sebagai Pembelajaran Berbasis Online dalam Mata Kuliah Sosiologi dan Antropologi pada Mahasiswa PPKN di STKIP Kusumanegara Jakarta. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Aksara 6, no. 2 (April).
Harumiaty, Nurma. 2016. “Belajar Mandiri menggunakan Webinar untuk meningkatkan Kompetensi Pustakawan di Indonesia.” Prosiding Konferensi Call for Paper & Musda III FPPTI Jawa Timur, Sumenep, 21-23 September.
Dehghani, Milad dan Mustafa Tumer. 2015. A Research on Effectiveness of Facebook Advertising on Enhancing Purchase Intention of Consumers. Computers in Human Behavior 49 (April).
Firoz, Nadeem dan Atif Noor. 2020. Learning from WhatsApp’s Business Model: The World of Messaging Apps. The Journal of American Academy of Business 25, no. 2 (Maret).
Mohansyah, Alessander dan Rizaldi Parani. 2018. Digital Online dan Trust dalam Hubungan Antara Tokopedia dengan Pengguna Layanan. Jurnal Lontar 6, no. 1 (Januari-Juni).
Fauziah. 2020. Strategi Komunikasi Bisnis Online Shop “Shoppe” dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal Abiwara 1, no. 2 (Maret).
Sujanto, Raditia. 2018. Strategi Komunikasi Sosial Komunitas Pelapak Bukalapak. Channel 6, no. 1 (April).
Triyono, Sigit. Mengukur Efektivitas Webinar. Mediaindonesia.com. https://mediaindonesia.com/read/detail/331111-mengukur-efektivitas-webinar (diakses 10 September 2020).
Jamaluddin, Ibrahim, Rafidah Chee Ros, Nurul Faatihah Sulaiman, Roszaini Che Nordin dan Li Ze Yuan. 2014. Positive Impact of Smartphone Application: Whatsapp & Facebook for Online Business. International Journal of Scientific and Research Publications 4, no. 12 (Desember).
Agarwal, Satish dan Priyanka Bhagoliwal. 2016. Smart Phones are a Potential Tool for Succesful Business: A Literature Review. International Journal of Management & Social Sciences 5, no. 3.
Hussin, Harniyati, Naqib Sholikhin, Zairul Ali, dan Sharina Shariff. 2019. Entrprenenurship Readiness in The Eyes of The Young Generation: A Case Study on Melaka District. International Journal of Modern Tools in Social Sciences 2, no. 6 (Maret).
Kapinga, Alsen, Calkin Montero dan Esther Mbise. 2019. Mobile Marketing Application for Entrepreneurship Development: Codesign with Women Entrepreneurs in Iringa, Tanzania. The Electronic Journal of Information Systems in Developing Countries 85, no. 2 (Januari).
Aker, Jenny dan Isaac Mbiti. 2010. Mobile Phones and Economic Development in Africa. Center for Global Development (CGD) Working Paper 211. https://www.cgdev.org/publication/mobile-phones-and-economic-development-africa-working-paper-211 (diakses 10 September 2020).
Surahman, Arif, Chandra Fitra Arifianto, Andriyani Hapsari. 2019. Faktor-faktor Determinan Kemandirian Wanita dalam Berwirausaha untuk Wilayah Banten. Jurnal Mandiri 3, no. 2 (Desember).
Ameen, Nisreen dan Rob Willis. 2016. The Use of Mobile Phones to Support Women’s Entrepreneurship in the Arab Countries. International Journal of Gender and Entrepreneurship 8, no. 4 (November).
Sutter, Christopher, Garry Bruton dan Juanyi Chen. 2018. Entrepreurship as a Solution to Extreme Poverty: a Review and Future Reserach Directions. Journal of Business Venturing 34, no. 1 (Januari).
Dilanchiev, Azer. 2014. Relationship Between Entrepreneurship and Unemployment: The Case of Georgia. Journal of Social Science 3, no. 2.