Pemberdayaan Usaha Ekonomi Produktif bagi Masyarakat di Kelurahan Allepolea, Kecamatan Lau Kabupaten Maros

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

M. Ikhwan Maulana Haeruddin
Abdul Hakim
Muhammad Ichwan Musa
Agung Widhi Kurniawan
Abdi Akbar
Uhud Darmawan Natsir
M. Ilham Wardhana Haeruddin

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan dan pelatihan tentang kewirausahaan dan pengolahan luaran yang menghasilkan produk bernilai ekonomis yaitu sabun dan deterjen, serta mengetahui metode pemasarannya. Sasaran peserta dari kegiatan ini adalah warga kelurahan Allepolea Kecamatan Lau di Kabupaten Maros. Secara umum, peserta sangat antusias mengikuti pelatihan yang ditunjukkan dari ketekunan dan kedisiplinan dalam mengikuti setiap tahapan dalam kegiatan. Selain itu setiap peserta ikut berpartisipasi dalam menentukan materi pelatihan terkait dengan pelaksanaan tugas yang dijalankan sehari-hari. Setiap peserta mampu menghasilkan produk bernilai ekonomis dan juga mampu memasarkan produk tersebut baik melalui mekanisme penjualan offline maupun online. Melalui kegiatan ini setiap peserta merasakan manfaat dari kegiatan pemberdayaan usaha ekonomi produktif melalui kegiatan dan mengharapkan kegiatan seperti ini dapat diberikan secara rutin dan juga membawa khazanah baru bagi pengetahuan dan keterampilan mereka sehingga akan meningkatkan taraf kehidupan warga secara ekonomi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Haeruddin, M. I. M., Abdul Hakim, Muhammad Ichwan Musa, Agung Widhi Kurniawan, Abdi Akbar, Uhud Darmawan Natsir, & M. Ilham Wardhana Haeruddin. (2020). Pemberdayaan Usaha Ekonomi Produktif bagi Masyarakat di Kelurahan Allepolea, Kecamatan Lau Kabupaten Maros . JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 83-93. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i2.331

References

Alfian, M. G. Tan dan Selo Soemardjan (eds.), 1980. Kemiskinan Struktural; Suatu Bunga Rampai.
Blumberg, R. L. (2005, August). Women’s economic empowerment as the “magic potion” of development. In 100th Annual Meeting of the American Sociological Association, August, Philadelphia.
Buvinić, M., & Furst-Nichols, R. (2016). Promoting women's economic empowerment: what works?. The World Bank Research Observer, 31(1), 59-101.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Dewantara (JMD), 1(2), 61-76.
Gibbs, A., Corboz, J., Chirwa, E., Mann, C., Karim, F., Shafiq, M., Mecagni, A., Maxwell-Jones, & Jewkes, R. (2020). The impacts of combined social and economic empowerment training on intimate partner violence, depression, gender norms and livelihoods among women: an individually randomised controlled trial and qualitative study in Afghanistan. BMJ global health, 5(3), e001946.
Haeruddin, M. I. M., Musa, M. I., & Musa, C. I. (2017). Pelatihan Keterampilan Penggunaan Media Mailing List Sebagai Media Belajar Bagi Siswa-Siswa di SMK Sari Buana Makassar. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat), 1(2), 16-20.
Jorge, S. N. (2002, November). The economics of ICT: challenges and practical strategies of ICT use for women’s economic empowerment. In UN Meeting on ICTs and their Impact on and Use as an Instrument for the Advancement and Empowerment of Women, Seoul, Korea (pp. 11-14).
Kabeer, N. (2012). Women’s economic empowerment and inclusive growth: labour markets and enterprise development. International Development Research Centre, 44(10), 1-70.
Lahafi, F., Muchsin, A., Semaun, S., & Rahim, Z. A. (2019). Development of Creative Industries Training Towards Sharia Economic Empowerment in Bilalangnge Community, Parepare City, South Sulawesi. Malaysian E Commerce Journal (MECJ), 3(2), 33-35.
Mengstie, B., & Singh, A. (2020). Ethiopian Women Economic Empowerment Through Microfinance. Indian Journal of Finance and Banking, 4(2), 51-57.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Sage
Sadji, Partoatmodjo. (2004). Masalah Kemiskinan dan Kompleksitas Penanggulangannya. Jakarta. Kementerian Koordinator bidang Kesejahteraan.
Saksono, H. (2012). Ekonomi Kreatif: Talenta Baru Pemicu Daya Saing Daerah. Jurnal Bina Praja: Journal of Home Affairs Governance, 4(2), 93-104.
Septiyana, L., Nizaruddin, N., Rahmawati, N. I., Atma, S. R., Putri, A. S., & Astuti, N. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Masyarakat Melalui Pengolahan Makanan Tradisional Kerupuk Dapros Di Desa Gunung Rejo. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 105-117.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Utari, A. R. T., & Riani, A. (2015). Analisis Kelayakan Usaha Ternak Sapi Potong pada Berbagai Skala Kepemilikan di Desa Samangki Kecamatan Simbang Kabupaten Maros [Skripsi]. Fakultas Peternakan. Universitas Hasanuddin.

Most read articles by the same author(s)