TPQ Smart Rudlotul Jannah dengan Tabung Putar Guna Penguatan Kemampuan Menghitung

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fitria Khasanah
Yunita Oktavia Wulandari
Cynthia Tri Octavianti

Abstract

Banyak guru TPQ yang tidak memenuhi kualifikasi akademik dan kompetensi yang dipersyaratkan oleh peraturan pemerintah. Guru TPQ di sini umumnya telah mengajar selama 5 tahun atau lebih. Sementara itu, pengalaman di bidang pelatihan yang relevan dengan profesinya masih sangat terbatas. Latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar, pelatihan yang relevan, dan keterampilan yang kurang memadai mempengaruhi kualitas pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru di bidang ini, sebagian besar orang tua menginginkan anaknya menjadi melek huruf dan berhitung. Salah satu alasan di balik tingginya permintaan ini adalah persiapan anak-anak untuk memasuki sekolah dasar. Metode kegiatan ini berupa program pendampingan penggunaan media pembelajaran matematika bagi guru TPQ ROUDLOTUL JANNAH Karang Besuki menggunakan Tabung Putar. Sasarannya adalah para guru TPQ dengan latar belakang pendidikan tinggi atau sederajat yang terdaftar di TPQ ROUDLOTUL JANNAH. Oleh karena itu, terbentuklah “TPQ SMART ROUDLOTUL JANNAH Karangbesuki dengan Tabung Putar†dengan tujuan untuk memperkuat kemampuan berhitung.


Top of Form


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fitria Khasanah, Yunita Oktavia Wulandari, & Cynthia Tri Octavianti. (2022). TPQ Smart Rudlotul Jannah dengan Tabung Putar Guna Penguatan Kemampuan Menghitung . JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 349-357. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v3i2.1010

References

Abi Hamid, Mustofa, Rahmi Ramadhani, Masrul Masrul, Juliana Juliana, Meilani Safitri, Muhammad Munsarif, Jamaludin Jamaludin, and Janner Simarmata. 2020. Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Alwi, Said. 2017. “Problematika Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran.” ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilu Kependidikan 8, no. 2: 145–67. http://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/download/107/65/.
Arikunto, Suharsimi. 2013. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.”
Febrita, Yolanda, and Maria Ulfah. 2019. “Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Prosiding DPNPM Unindra 2019 0812, no. 2019: 181–88.
Inzani, Dian Aulia dkk. 2021. “Webinar Pelatihan Media Pembelajaran.” Jurnal Lepa-Lepa Open 1: 143–51.
Karima, Nadia. 2018. “PROFIL KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TAMAN KANAK-KANAK DITINJAU DARI KUALIFIKASI AKADEMIK.” EDUKIDS: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 2: 127. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127%0Ahttp://publicacoes.cardiol.br/portal/ijcs/portugues/2018/v3103/pdf/3103009.pdf%0Ahttp://www.scielo.org.co/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S0121-75772018000200067&lng=en&tlng=.
Kartini, Entin, and Agus Mulyanto. 2019. “Pengaruh Metode Bermain Tabung Berputar Terhadap Kemampuan Matematika Permulaan AUD (Anak Usia Dini) Pada Siswa Kelompok A TK Insan Kamil Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2018-2019.” EduChild: Majalah Ilmiah Pendidikan 2, no. 2: 32–44.
Khatimah, Husnul. 2018. “Posisi Dan Peran Media Dalam Kehidupan Masyarakat.” Tasamuh 16, no. 1: 119–38. https://doi.org/10.20414/tasamuh.v16i1.548.
Nugraheni, Nursiwi. 2021. “Implementasi Permainan Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.” Medives 3, no. 1: 59–64. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v3i1.218.
Zaman, Badru, and Cucu Eliyawati. 2010. “Media Pembelajaran Anak Usia Dini.”