TPQ Smart Rudlotul Jannah dengan Tabung Putar Guna Penguatan Kemampuan Menghitung
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Banyak guru TPQ yang tidak memenuhi kualifikasi akademik dan kompetensi yang dipersyaratkan oleh peraturan pemerintah. Guru TPQ di sini umumnya telah mengajar selama 5 tahun atau lebih. Sementara itu, pengalaman di bidang pelatihan yang relevan dengan profesinya masih sangat terbatas. Latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar, pelatihan yang relevan, dan keterampilan yang kurang memadai mempengaruhi kualitas pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru di bidang ini, sebagian besar orang tua menginginkan anaknya menjadi melek huruf dan berhitung. Salah satu alasan di balik tingginya permintaan ini adalah persiapan anak-anak untuk memasuki sekolah dasar. Metode kegiatan ini berupa program pendampingan penggunaan media pembelajaran matematika bagi guru TPQ ROUDLOTUL JANNAH Karang Besuki menggunakan Tabung Putar. Sasarannya adalah para guru TPQ dengan latar belakang pendidikan tinggi atau sederajat yang terdaftar di TPQ ROUDLOTUL JANNAH. Oleh karena itu, terbentuklah “TPQ SMART ROUDLOTUL JANNAH Karangbesuki dengan Tabung Putar†dengan tujuan untuk memperkuat kemampuan berhitung.
Top of Form
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Alwi, Said. 2017. “Problematika Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran.†ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilu Kependidikan 8, no. 2: 145–67. http://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/download/107/65/.
Arikunto, Suharsimi. 2013. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.â€
Febrita, Yolanda, and Maria Ulfah. 2019. “Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.†Prosiding DPNPM Unindra 2019 0812, no. 2019: 181–88.
Inzani, Dian Aulia dkk. 2021. “Webinar Pelatihan Media Pembelajaran.†Jurnal Lepa-Lepa Open 1: 143–51.
Karima, Nadia. 2018. “PROFIL KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TAMAN KANAK-KANAK DITINJAU DARI KUALIFIKASI AKADEMIK.†EDUKIDS: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 2: 127. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127%0Ahttp://publicacoes.cardiol.br/portal/ijcs/portugues/2018/v3103/pdf/3103009.pdf%0Ahttp://www.scielo.org.co/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S0121-75772018000200067&lng=en&tlng=.
Kartini, Entin, and Agus Mulyanto. 2019. “Pengaruh Metode Bermain Tabung Berputar Terhadap Kemampuan Matematika Permulaan AUD (Anak Usia Dini) Pada Siswa Kelompok A TK Insan Kamil Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2018-2019.†EduChild: Majalah Ilmiah Pendidikan 2, no. 2: 32–44.
Khatimah, Husnul. 2018. “Posisi Dan Peran Media Dalam Kehidupan Masyarakat.†Tasamuh 16, no. 1: 119–38. https://doi.org/10.20414/tasamuh.v16i1.548.
Nugraheni, Nursiwi. 2021. “Implementasi Permainan Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.†Medives 3, no. 1: 59–64. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v3i1.218.
Zaman, Badru, and Cucu Eliyawati. 2010. “Media Pembelajaran Anak Usia Dini.â€