Pengaruh Menanamkan Seni Budaya Tradisional Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Dimasa Kecil (TK Taman Indria Taman Siswa Karanganyar Kebumen)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Cici Nugraheni Wirjosantosa

Abstract

Kita bisa menyebutnya usia anak sebagai “Periode emas,†dimana waktu berharga tersebut lebih rentan terhadap dorongan yang baik dan dapat menimbulkan intelektual yang berkembang dengan baik, dan memiliki tempat yang penting dalam menonjolkan dorongan baik yang diperoleh. Salah satu media diperoleh dengan cara itu didapat melalui budaya kesenian. Perkembangan budaya dewasa ini harus beradaptasi dengan perkembangan zaman yang semakin kompleks. Oleh karena itu, agar anak tertarik untuk belajar tentang budaya, budaya yang inovatif, kreatif dan edukatif harus diperkenalkan sejak dini.. Ada keragaman yang luar biasa dalam seni tari dan musik. Gerakan tari sederhana sudah cukup sebagai pengenalan budaya anak di TK Taman Indria Karanganyar Kebumen. Dengan memperkenalkan kebudayaan daerah kepada anak, maka akan tercapai tujuan dilakukannya kegiatan ini yaitu untuk membangun rasa percaya diri anak-anak.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Wirjosantosa, C. N. (2022). Pengaruh Menanamkan Seni Budaya Tradisional Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Dimasa Kecil (TK Taman Indria Taman Siswa Karanganyar Kebumen). JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 372-381. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v3i2.1012

References

Apriani, A. (2017). Penerapan Tari Kreatif Dengan Eksplorasi Imagery Lingkungan Hidup Anak Usia Dini.
Early Childhood: Jurnal Pendidikan,1(2),64-75. https://doi.org/10.35568/earlychildho od.v1i2.118
Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Hartono. 2012. Pembelajaran Tari Anak Usia Dini. Semarang: Unnes Press. Hidajat, Robby. 2003.
Jazuli, M. 2008. Koreografi Anak. Malang: Balai Kajian Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Paradigma Kontekstual Pendidikan Seni. Surabaya: Unesa University Press.
Jurnal Pendidikan Modern, 5(1), 22–31. https://doi.org/10.37471/jpm.v5i1.64 Kamtini dan Tanjung. (2005).
Karyati, Dewi dkk. 2005. Bermain Gerak dan Lagu di Taman Kanak-kanak. Jakarta: DIRJEN DIKTI.
Kurniawati, L. D., & Azizah, E. N. (2019). Pengantar Bahan Ajar Pendidikan Seni Tari dan Drama.
Kusumastuti, E. (2004). Analisis Pembelajaran Tari Tradisional Penthul Melikan pada Anak Usia 4-6
V. Kusumastuti, E. (2016). Pendidikan Seni Tari Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Tadika Puri Cabang Erlangga Semarang Sebagai Proses Alih Budaya.
Sutisna, A. (2015). Pentingnya Menumbuhkan Kesadaran Budaya Tradisional Pada Anak.1(2), 62-71. s

DB Error: Unknown column 'Array' in 'WHERE'