Peningkatan Mutu Pengelolaan Data Administrasi Pembelajaran melalui Sistem Administrasi Sekolah Inklusi (SIADSI) Berbasis Website bagi Guru Pendamping Khusus

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rizqi Fajar Pradipta
Herlina Ike Oktaviani
Dimas Arif Dewantoro
Riza

Abstract

This service activity is intended to answer the problems that become the focus of the activity, namely 1) the absence of a good administrative inventory system; 2) special assistant teachers do not yet have the ability to manage good learning administration). By using a website-based SIADSI that is useful for assisting in compiling and managing archives of learning data for students with special needs by Special Assistant Teachers. The results of this activity found an increase in the competence of participants, especially in the management of learning data archives for students with special needs.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Pradipta, R. F., Herlina Ike Oktaviani, Dimas Arif Dewantoro, & Riza. (2022). Peningkatan Mutu Pengelolaan Data Administrasi Pembelajaran melalui Sistem Administrasi Sekolah Inklusi (SIADSI) Berbasis Website bagi Guru Pendamping Khusus. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(3), 505-512. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v3i3.1033

References

Amka, A., Utomo, U., & Ekasari Kusumastuti, D. (2020). Kompetensi Guru Pembimbing Khusus Dalam Melaksanakan Identifikasi Dan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif Kota Banjarmasin. Kompetensi Guru Pembimbing Khusus Dalam Melaksanakan Identifikasi Dan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif Kota Banjarmasin.
Azizah, N. (2019). Pembelajaran Program Khusus Orientasi Mobilitas Bagi Peserta Didik Tunanetra di Sekolah Luar Biasa. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 3(1), 1-8.
Berlinda, L. M., & Naryoso, A. (2018). Kompetensi Komunikasi Guru Pendamping Khusus di Sekolah Inklusi. Interaksi Online, 6(4), 411-422.
Chomza, N. (2017). Kolaborasi Guru Reguler Dengan Guru Pendamping Khusus Dalam Layanan Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi Kelas 1 SD Taman Muda Yogyakarta. Widia Ortodidaktika, 6(3), 267-279.
Komariah, S. (2021). Optimalisasi Peran Mgmp Internal Untuk Meningkatkan kemampuan Pembuatan Administrasi Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 6(1).
Mutakin, T. Z. (2015). Pengaruh kompetensi, kompensasi, dan latar belakang terhadap kinerja guru. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2).
Rapisa, D. R. (2018). Kemampuan Guru dalam Melakukan Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus. PEDAGOGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Zakia, D. L. (2015). Guru Pembimbing Khusus (GPK): Pilar Pendidikan Inklusi. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(2).