Pendampingan Penguatan Daya Saing UMKM Forkom Desa Wisata Bali Melalui Strategi Biaya Produksi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Lely Dahlia
Novita Novita
Aditya Azka

Abstract

Calculation of production costs is important to be understood by business actors who produce products or services. One of the strategies in determining the amount of production costs that can be applied by MSMEs is the target cost method or also known as target costing. As a form of tertiary involvement in encouraging MSMEs to advance in class and be able to compete both nationally and internationally, Trilogy University Accounting Study Program held community service activities in the form of virtual training and mentoring classes for MSMEs to be able to understand the characteristics of production costs, calculate production costs, and implement target costing production cost strategies. With this activity, participants gain a good understanding in calculating production costs reliably which also has the impact of increasing the competitiveness of the products or services offered and, in the end, can improve the welfare of the community, especially the MSME community who are under the auspices of the Bali Tourism Village Communication Forum.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Dahlia, L., Novita, N., & Azka, A. (2023). Pendampingan Penguatan Daya Saing UMKM Forkom Desa Wisata Bali Melalui Strategi Biaya Produksi. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1), 85-98. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v4i1.1105

References

Affiqah, C., & Fuadi, R. (2019). Penerapan Metode Target costing dalam Perencanaan Biaya Produksi untuk Optimalisasi Laba pada UMKM Dendeng Sapi Aceh di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, 4(2), 317-324.
Amilatussaadah, A., Widianti, H., & Amaliyah, F. (2021). Analisis Penerapan Target Costing Dalam Upaya Efisiensi Biaya Produksi Untuk Peningkatan Laba (Doctoral Dissertation, Politeknik Harapan Bersama Tegal).
Farina, K., & Opti, S. (2019). Kualitas Laporan Keuangan Umkm Di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Kesejahteraan Sosial, 6(01).
Fitriyah, F., Priminingtyas, D. N., & Retnoningsih, D. (2020). Penerapan Target costing dalam Upaya Efisiensi Biaya Produksi Keripik Apel di UD Ramayana Agro Mandiri Kota Batu Berdasarkan Sistem Penjualan Online dan Offline. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 4(1), 97-110.
Mahsunah, A., & Hariyati, H. (2021). Peran Penerapan Target Costing Dalam Peningkatan Laba Umkm. Jurnal Akuntansi AKUNESA, 9(3).
Mulyani, S., Gunawan, B., & Nurkamid, M. (2021). Pelatihan Perhitungan Harga Pokok Produksi Bagi UMKM Kabupaten Pati. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(02), 181-187.
Pomantow, L. P., Tinangon, J. J., & Runtu, T. T. (2021). Perhitungan Harga Pokok Produksi Dengan Menggunakan Metode Full Costing Pada RM. Ayam Goreng Krispy Dahar. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(3), 843-852.
Raflis, R., Wijaya, R. S., & Rahmi, Y. Y. (2019). Pelatihan Penerapan Akuntansi Dan Pajak Pada Badan Usaha Milik Nagari Barokah Lamo Kabupaten Sijunjung. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3.
Ramadhani, Azharan & Novita. (2021) Target Costing sebagai Upaya Meningkatkan Keunggulan Bersaing UMKM melalui Kemitraan Marketplace. Prosiding BIEMA, 2, 748 -765. Retrieve from https://conference.upnvj.ac.id/index.php/biema/ article/view/1758.
Supriyadi, H. Penerapan Metode Target Costing Dalam Upaya Pengurangan Biaya Produksi Untuk Peningkatan Laba Perusahaan (Studi Kasus pada Usaha Dagang Eko Kusen).
Titin, T. (2017). Analisa Efisiensi Biaya Produksi Untuk Peningkatan Laba Kotor Dengan Menggunakan Metode Target Costing (Study Kasus Pada Pengrajin Batik Sendang Paciran Lamongan). JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 2(2), 8-Halaman