Rebranding Mewujudkan Perpustakaan SMK Negeri 1 Puring Terakreditasi Nasional

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Umi Rokhayatun

Abstract

Praktik baik ini bertujuan untuk mengetahui rebranding dalam mewujudkan perpustakaan SMK Negeri 1 Puring terakreditasi nasional. Perpustakaan yang awalnya hanya semacam tumpukan buku, sangat sepi pengunjung, seperti telah hilang roh dari hakikat perpustakaan sebagai pusat belajar. Ada berbagai faktor yang menyebabkan perpustakaan tidak diminati diantaranya kurangnya fasilitas, kurangnya promosi, buku yang tersedia tidak up to date, suasana yang hanya gudang buku dan berdebu serta minimnya kegiatan. Perpustakaan yang tidak mengikuti perkembangan zaman yang mengakibatkan kurangnya daya tarik pengunjung. Berdasarkan keadaan tersebut, penulis mencoba melakukan rebranding. Mendesain perpustakaan sedemikian rupa, memaksimalkan pelayanan sehingga perpustakaan dapat memberikan pelayanan ilmu pengetahuan bagi para penggunanya. metode yang digunakan dengan deskriptif kualitatif yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan situasi yang bersifat fakta. Hasil dari rebranding yaitu adanya perubahan selera pengguna perpustakaan, sebab dengan keberagaman yang ditawarkan perpustakaan dalam pelayanan, menjadikan pengguna perpustakaan lebih banyak pilihan dalam memenuhi kebutuhan yang dicari, maka tentunya jika tidak ada pilihan yang didapat pengguna akan lari dan memilih pada pilihan-pilihan yang tersedia ditempat lain.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rokhayatun, U. (2023). Rebranding Mewujudkan Perpustakaan SMK Negeri 1 Puring Terakreditasi Nasional. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1), 110-121. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v4i1.1164

References

Darmono, (2007). “Perpustakaan Sekolah: Pendekatan aspek manajemen dan tata kerja”,Jakarta: Grasindo.
Febriansyah, (2013). “Pengaruh Perubahan Logo (Rebranding) Terhadap CitraMerek Pada PT Telkom tbk Di Bandar Lampung”, JMA Vol. 18 No. 2 Oktober -November
Gunawan, Indra, dkk, (2019). Rebranding Perpustakaan Umum Kota Pasuruan Dalam UpayaPeningkatan Citra Event Story Telling, MAVIS Volume 01 Nomor 02, September Tahun 2019 ISSN: 2656-9159, e-ISSN: 2656-9221.
Hartono, (2016). Manajemen Perpustakaan Sekolah, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Prastowo, Andi, (2012). Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional, Yogyakarta: DIVA Press.
Puter, Fiestanavirla Yunira, (2021). Implementasi Rebranding Dalam Aktivitas Komunikasi Bisnis Kita Center Pekanbaru Dimasa Pandemi, Riau: Universitas, Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Riza Rizki Isyana, (2015). “Strategi Pemasaran Melalui Rebranding (Studi Kasus Rebranding Piring Putih Menjadi Redberries Food and Folks Dalam Meningkatkan Penjualan)”, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Rohmadi, Muhammad, dkk, (2016). “Pengembangan Pustakawan Berbasis Literasi”, Yogyakarta: Ladang Kata.
Shaleh, Ibnu Ahmad, (2009). Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah, Jakarta: PT. Hidakarya Agung.
Supriyanto, (2017). Strategi Membangun Perpustakaan Sekolah yang Bermutu, Manajemen dan Supervisi Pendidikan, Volume 2, Nomor 1 November.Undang-Undang 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan
Sutarno, (2003). Perpustakaan dan Masyarakat edisi 1, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.