Pelatihan Sistem Manajemen Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (SMK3L) bagi Pelaku UMKM Kuliner Oleh-oleh Khas Pantai Carita, Banten

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Euis Puspita Dewi
Sularso Budilaksono
Rilla Sovitriana
Nana Trisnawati
Nurina
St. Trikariastoto St. Trikariastoto

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian lokal, termasuk di sektor pariwisata pantai. Namun, seringkali UMKM di pantai menghadapi tantangan dalam mengelola aspek kesehatan kerja dan lingkungan dalam proses produksi mereka. Pelatihan sistem manajemen kesehatan kerja dan lingkungan menjadi penting untuk memberdayakan UMKM tersebut dan memastikan keberlanjutan usaha mereka. Penelitian ini bertujuan untuk melaksanakan pelatihan sistem manajemen kesehatan kerja dan lingkungan kepada pemilik UMKM di Pantai Carita serta mengevaluasi dampaknya terhadap peningkatan kesadaran dan implementasi praktik yang sehat dan berkelanjutan di tempat kerja.  Pelatihan dilaksanakan menggunakan pendekatan partisipatif dan interaktif dengan melibatkan pemilik UMKM di Pantai Carita sebagai peserta pelatihan. Materi pelatihan mencakup konsep dasar kesehatan kerja dan lingkungan, identifikasi risiko potensial di tempat kerja, penerapan tindakan pencegahan dan pengendalian, serta pentingnya pengelolaan limbah secara aman. Setelah pelatihan, dilakukan evaluasi melalui wawancara dan observasi partisipatif untuk mengukur peningkatan kesadaran dan implementasi praktik usaha kuliner oleh-oleh khas Pantai Carita yang sehat dan berkelanjutan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Puspita Dewi, E., Budilaksono, S., Rilla Sovitriana, Nana Trisnawati, Nurina, & St. Trikariastoto, S. T. (2023). Pelatihan Sistem Manajemen Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (SMK3L) bagi Pelaku UMKM Kuliner Oleh-oleh Khas Pantai Carita, Banten. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 237-248. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v4i2.1346

References

Agustina, F., Ansori, N., & Lusitania, H. (2022). Evaluasi Implementasi Smk3 Dan Upaya Perbaikan Melalui Penilaian Ergonomi Dan Identifikasi Perilaku Tidak Aman (Studi Kasus: Pt. X). Waluyo Jatmiko Proceeding, 15(1), 153-158.
Badrianto, Y., & Ekhsan, M. (2021). Strategi Pengembangan Kualitas Lingkungan Hidup Melalui Penerapan SMK3 di Tempat Pembuangan Sampah Akhir. Dedikasi Sains dan Teknologi (DST), 1(1), 49-56.
Sujatini, S., Dewi, E. P., & Henni, H. (2020). Penyuluhan dalam Mewujudkan Rumah dan Lingkungan Tetap Sehat dengan Kehadiran Rumah Tinggal Usaha Di Hunian Padat Kota. IKRA-ITH ABDIMAS, 3(3), 55-65.
Dewi, E. P., Sujatini, S., & Henni, H. (2020). Pemilihan dan Penataan Ruang Usaha Mikro dan Kecil (UMK) Warung Makan pada Rumah Tinggal di Hunian
Dewi, E. P., Sujatini, S., & Henni, H. (2020). Programkewirausahaan Terpadu (Pkt) Dalam Rangka Penumbuhan Industri Baru Di Hunian Padat Wilayah Jakarta Pusat. Ikra-Ith Abdimas, 3(1), 107-113.Padat. IKRA-ITH Teknologi Jurnal Sains dan Teknologi, 4(2), 8-19.
Faridl, M. S. (2020). Analisis Potensi Bahaya dengan Metode Hazard Identification and Risk Assessment (HIRA) dan Job Safety Analysis (JSA)(Studi Kasus: UMKM Logam di Yogyakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).
Indrayani, R., Sastradiharja, J., & Rosanah, M. (2021). Identifikasi Resiko Kerja Menggunakan Metode Hirarc Pada Umkm Tahu Di Bandung. Sistemik: Jurnal Ilmiah Nasional Bidang Ilmu Teknik, 9(1), 23-27.
Monoarfa, V., & Miolo, R. N. B. (2022). Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Menggunakan Metode HIRARC Pada UMKM Pabrik Tahu. Mopolayio: Jurnal Pengabdian Ekonomi, 2(1), 1-6.
Mokalu, R. S., Mawuntu, R. J., & Soeikromo, D. (2023). Tinjauan Hukum Tentang Perlindungan Bagi Tenaga Kerja Sektor Umkm Dihubungkan Dengan Precarious Work (Kondisi Kerja Berbahaya). Lex Privatum, 11(4).
Rahman, A., & Perdana, S. (2019). Pelatihan SMK3 kepada siswa SMKS Muhammadiyah Cilegon dan SMK Al-Insan Cilegon untuk menambah wawasan dan membantu menjadikan siswa yang siap kerja. Abdimas Siliwangi, 2(1), 1-10.
Suparwo, A., Suhendi, H., & Shobary, M. N. (2019). Pengelolaan Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada UMKM Bandung Indo Garmen. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 10-20.
Suryanto, S., Heryanto, H., & Andodo, C. (2017). Pengaruh Pelatihan Safety Behavior Tehadap Pengetahuan Dan Sikap Kelompok Usaha Kecil Menengah (Ukm) Di Sekitar Unsoed Purwokerto. Kesmas Indonesia, 7(2), 132-144.
Suparwo, A., Suhendi, H., & Shobary, M. N. (2019). Pengelolaan Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada UMKM Bandung Indo Garmen. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 10-20.
Taufiqurrahman, M., & Wardani, R. (2020). Application of work safety and health management systems in the Technical Implementation Center of Primary Health Care Bendilwungu, Tulungagung, East Java. Journal for Quality in Public Health, 4(1), 1-9.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'