Pelatihan Perilaku Digital Marketing Ibu-ibu UMKM Produk Ikan Laut dan Olahan Krupuk Di Pantai Carita Kabupaten Pandeglang Banten

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rilla Sovitriana
Sularso Budilaksono
Euis Puspita Dewi
Nana Trisnawati
Nurina Nurina
Evi Syafrida Nasution

Abstract

Pelatihan penerapan perilaku bisnis digital untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berlokasi di sekitar pantai Carita di Banten. Melalui perilaku Digital Marketing UMKM, dapat memanfaatkan aspek digital dan teknologi informasi dalam upaya untuk meningkatkan visibilitas, menjangkau pasar yang lebih luas, membangun hubungan dengan pelanggan, dan meningkatkan keberhasilan pemasaran dan penjualan. Hal ini memberikan potensi untuk pertumbuhan dan kesuksesan bagi UMKM. Dalam era digital yang semakin maju ini, UMKM perlu mengadopsi teknologi digital untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing mereka. Pelatihan ini bertujuan untuk membekali UMKM dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam menerapkan perilaku bisnis digital yang efektif. Dengan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan teknologi digital, UMKM dapat mengoptimalkan potensi dan menghadapi persaingan yang semakin ketat. Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi UMKM dan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah pantai Carita di Banten.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rilla Sovitriana, Budilaksono, S., Euis Puspita Dewi, Nana Trisnawati, Nurina, N., & Evi Syafrida Nasution. (2024). Pelatihan Perilaku Digital Marketing Ibu-ibu UMKM Produk Ikan Laut dan Olahan Krupuk Di Pantai Carita Kabupaten Pandeglang Banten. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 220-228. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i1.1353

References

Agustina, F., Ansori, N., & Lusitania, H. (2022). Evaluasi Implementasi Smk3 Dan Upaya Perbaikan Melalui Penilaian Ergonomi Dan Identifikasi Perilaku Tidak Aman (Studi Kasus: Pt. X). Waluyo Jatmiko Proceeding, 15(1), 153-158.
Badrianto, Y., & Ekhsan, M. (2021). Strategi Pengembangan Kualitas Lingkungan Hidup Melalui Penerapan SMK3 di Tempat Pembuangan Sampah Akhir. Dedikasi Sains dan Teknologi (DST), 1(1), 49-56.
Sujatini, S., Dewi, E. P., & Henni, H. (2020). Penyuluhan dalam Mewujudkan Rumah dan Lingkungan Tetap Sehat dengan Kehadiran Rumah Tinggal Usaha Di Hunian Padat Kota. IKRA-ITH ABDIMAS, 3(3), 55-65.
Dewi, E. P., Sujatini, S., & Henni, H. (2020). Pemilihan dan Penataan Ruang Usaha Mikro dan Kecil (UMK) Warung Makan pada Rumah Tinggal di Hunian
Dewi, E. P., Sujatini, S., & Henni, H. (2020). Programkewirausahaan Terpadu (Pkt) Dalam Rangka Penumbuhan Industri Baru Di Hunian Padat Wilayah Jakarta Pusat. Ikra-Ith Abdimas, 3(1), 107-113.Padat. IKRA-ITH Teknologi Jurnal Sains dan Teknologi, 4(2), 8-19.
Faridl, M. S. (2020). Analisis Potensi Bahaya dengan Metode Hazard Identification and Risk Assessment (HIRA) dan Job Safety Analysis (JSA)(Studi Kasus: UMKM Logam di Yogyakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).
Indrayani, R., Sastradiharja, J., & Rosanah, M. (2021). Identifikasi Resiko Kerja Menggunakan Metode Hirarc Pada Umkm Tahu Di Bandung. Sistemik: Jurnal Ilmiah Nasional Bidang Ilmu Teknik, 9(1), 23-27.
Monoarfa, V., & Miolo, R. N. B. (2022). Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Menggunakan Metode HIRARC Pada UMKM Pabrik Tahu. Mopolayio: Jurnal Pengabdian Ekonomi, 2(1), 1-6.
Mokalu, R. S., Mawuntu, R. J., & Soeikromo, D. (2023). Tinjauan Hukum Tentang Perlindungan Bagi Tenaga Kerja Sektor Umkm Dihubungkan Dengan Precarious Work (Kondisi Kerja Berbahaya). Lex Privatum, 11(4).
Rahman, A., & Perdana, S. (2019). Pelatihan SMK3 kepada siswa SMKS Muhammadiyah Cilegon dan SMK Al-Insan Cilegon untuk menambah wawasan dan membantu menjadikan siswa yang siap kerja. Abdimas Siliwangi, 2(1), 1-10.
Suparwo, A., Suhendi, H., & Shobary, M. N. (2019). Pengelolaan Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada UMKM Bandung Indo Garmen. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 10-20.
Suryanto, S., Heryanto, H., & Andodo, C. (2017). Pengaruh Pelatihan Safety Behavior Tehadap Pengetahuan Dan Sikap Kelompok Usaha Kecil Menengah (Ukm) Di Sekitar Unsoed Purwokerto. Kesmas Indonesia, 7(2), 132-144.
Suparwo, A., Suhendi, H., & Shobary, M. N. (2019). Pengelolaan Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada UMKM Bandung Indo Garmen. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 10-20.
Taufiqurrahman, M., & Wardani, R. (2020). Application of work safety and health management systems in the Technical Implementation Center of Primary Health Care Bendilwungu, Tulungagung, East Java. Journal for Quality in Public Health, 4(1), 1-9.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'