Pendampingan Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran bagi Guru Senior Matematika

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Iin Ariyanti
Muhammad Yunus

Abstract

Teknologi pendidikan merupakan fenomena yang semakin berkembang dalam konteks pendidikan sekarang. Guru dapat mengembangkan konten pembelajaran yang inovatif serta menciptakan pengalaman pembelajaran yang menarik dan interaktif. Kesiapan dan adaptasi guru diperlukan dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi. Faktanya, tidak semua guru siap dalam menghadapi arus perkembangan teknologi di bidang pendidikan, khususnya guru senior. Kemampuan guru senior dalam menguasai teknologi pembelajaran masih terbatas meskipun mereka menunjukkan sikap optimis dan menyadari kebermanfaatannya dalam pembelajaran. Oleh karena itu mereka juga perlu diberikan kesempatan dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran dengan melakukan pendampingan. Guru senior yang terpilih adalah guru matematika dengan 2 tahun sebelum pensiun yang diterapkan pada siswa kelas 7 dengan siswa 28 orang. Teknologi pembelajaran diterapkan pada materi penyajian data menggunakan aplikasi web liveworksheet dan wordwall. Secara keseluruhan kegiatan berjalan dengan baik dan lancar dimulai dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan,  dan tahap evaluasi. Guru senior serta siswa merasakan kebermanfaatan dari pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran    di kelas.     

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Iin Ariyanti, & Muhammad Yunus. (2023). Pendampingan Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran bagi Guru Senior Matematika. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(3), 378-387. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v4i3.1363

References

Ariyanti, I., & Yunus, M. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Guru SMP dalam menggunakan Liveworksheets. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4).
Aspi, M. (2022). Profesional Guru dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. ADIBA: Journal of Education, 2(1), 64–73.
Aziz, H. A. (2022). Guru harus adaptif soal teknologi agar menjadi alat dalam melawan problematika pendidikan. Thesis Commons, 1–6.
Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48–52.
Leggett, W. P., & Persichitte, K. A. (1998). Blood, sweat, and TEARS: 50 years of technology implementation obstacles. TechTrends, 43(3), 33–36. https://doi.org/10.1007/bf02824053
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Nastiti, F. E., Ni’mal ’abdu, A. R., & Kajian, J. (2022). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era society 5.0. Edcomtech, 5(1), 61–66.
Sinaga, M. N. (2023). Strategi Praktis Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Lansia Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar. In Proceedings Series of Educational Studies.
Suryandari, K. C., Rokhmaniyah, R., Wahyudi, W., Chamdani, M., & Joharman, J. (2020). PENDAMPINGAN TPCK: TEKNOLOGI, PEDAGOGI DAN PENGETAHUAN BAGI PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SD DI KECAMATAN KEBUMEN. DEDIKASI: Community Service Reports, 2(2). https://doi.org/10.20961/dedikasi.v2i2.45226
Tsai, H. C. (2015). A senior teacher’s implementation of technology integration. International Education Studies, 8(6), 151–161. https://doi.org/10.5539/ies.v8n6p151
Wardiana, W. (2002). Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia. In Seminar dan Pameran Teknologi Informasi 2002, Fakultas Teknik Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Jurusan Teknik Informatika, tanggal 9 Juli 2002. https://doi.org/10.1007/BF02191578