Pendampingan Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran bagi Guru Senior Matematika
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Teknologi pendidikan merupakan fenomena yang semakin berkembang dalam konteks pendidikan sekarang. Guru dapat mengembangkan konten pembelajaran yang inovatif serta menciptakan pengalaman pembelajaran yang menarik dan interaktif. Kesiapan dan adaptasi guru diperlukan dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi. Faktanya, tidak semua guru siap dalam menghadapi arus perkembangan teknologi di bidang pendidikan, khususnya guru senior. Kemampuan guru senior dalam menguasai teknologi pembelajaran masih terbatas meskipun mereka menunjukkan sikap optimis dan menyadari kebermanfaatannya dalam pembelajaran. Oleh karena itu mereka juga perlu diberikan kesempatan dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran dengan melakukan pendampingan. Guru senior yang terpilih adalah guru matematika dengan 2 tahun sebelum pensiun yang diterapkan pada siswa kelas 7 dengan siswa 28 orang. Teknologi pembelajaran diterapkan pada materi penyajian data menggunakan aplikasi web liveworksheet dan wordwall. Secara keseluruhan kegiatan berjalan dengan baik dan lancar dimulai dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Guru senior serta siswa merasakan kebermanfaatan dari pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran di kelas.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Aspi, M. (2022). Profesional Guru dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. ADIBA: Journal of Education, 2(1), 64–73.
Aziz, H. A. (2022). Guru harus adaptif soal teknologi agar menjadi alat dalam melawan problematika pendidikan. Thesis Commons, 1–6.
Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48–52.
Leggett, W. P., & Persichitte, K. A. (1998). Blood, sweat, and TEARS: 50 years of technology implementation obstacles. TechTrends, 43(3), 33–36. https://doi.org/10.1007/bf02824053
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Nastiti, F. E., Ni’mal ’abdu, A. R., & Kajian, J. (2022). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era society 5.0. Edcomtech, 5(1), 61–66.
Sinaga, M. N. (2023). Strategi Praktis Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Lansia Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar. In Proceedings Series of Educational Studies.
Suryandari, K. C., Rokhmaniyah, R., Wahyudi, W., Chamdani, M., & Joharman, J. (2020). PENDAMPINGAN TPCK: TEKNOLOGI, PEDAGOGI DAN PENGETAHUAN BAGI PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SD DI KECAMATAN KEBUMEN. DEDIKASI: Community Service Reports, 2(2). https://doi.org/10.20961/dedikasi.v2i2.45226
Tsai, H. C. (2015). A senior teacher’s implementation of technology integration. International Education Studies, 8(6), 151–161. https://doi.org/10.5539/ies.v8n6p151
Wardiana, W. (2002). Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia. In Seminar dan Pameran Teknologi Informasi 2002, Fakultas Teknik Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Jurusan Teknik Informatika, tanggal 9 Juli 2002. https://doi.org/10.1007/BF02191578