Pembentukan dan Pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Untuk Mencetak Generasi Qur’ani di Kelurahan Montallat I
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Artikel ini membahas tentang Pembentukan dan Pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an bagi anak-anak di Kelurahan Montallat I. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan cara yang dilakukan mahasiswa KKN Institut Agama Islam Negeri untuk mencetak generasi Qur’ani yang bermanfaat bagi anak-anak, orang tua dan lingkungan sekitar. Metode yang digunakan adalah metode wawancara dan observasi dengan pihak tokoh agama yang berada di kelurahan tersebut, serta warga dan anak-anak. Dokumentasi sebagai data pendukung dalam penelitian ini. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan buku Iqra, poster huruf hijaiyah dan poster bacaan sholat di Masjid Jami Nurul Jannah agar anak-anak dapat mempelajarinya berkelanjutan saat kami mengakhiri tugas kuliah kerja nyata KKN di kelurahan montallat 1
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Aliwar, A. (2016). Penguatan model pembelajaran baca tulis quran dan manajemen pengelolaan organisasi (tpa). Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 9(1), 21-38.
Liana, P., & Sahri, S. (2020). TAMAN PENDIDIKAN AL QURAN SEBAGAI SARANA PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI DESA SEMAWOT. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas, 8(2).
Mubarok, R. (2020). Manajemen Pembelajaran Santri Taman Pendidikan Al-Qu’ran (TPA) Darus Sakinah Sangatta Utara. Al-Rabwah, 14(02), 173-188.
Nurjayanti, D., Pudyaningtyas, A. R., & Dewi, N. K. (2020). Penerapan Program Taman Pendidikan Alquran (Tpa) Untuk Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 8(2), 183-195.
Yumna, Y., Defitriliana, D., Prayoga, D., Pratama, M. R., & Nurhapid, R. (2021). Efektivitas Pembelajaran Taman Pendidikan Al-Quran dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran di TPA Haifdhin Royyan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(56).
Zaki, A. (2018). Upaya Madrasah Ulumul Quran dalam Mencetak Generasi Qurani di Kota Langsa (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).