Pembentukan dan Pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Untuk Mencetak Generasi Qur’ani di Kelurahan Montallat I

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Zulkifli Abrar
Nina Lovenia
Fatma Aulia
Baihaqi
Amissa Karolina
Yuliyanti
Rieke Navasati
Karlina
Delsia Febrianti
Arya Jumri

Abstract

Artikel ini membahas tentang Pembentukan dan Pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an bagi anak-anak di Kelurahan Montallat I. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan cara yang dilakukan mahasiswa KKN Institut Agama Islam Negeri untuk mencetak generasi Qur’ani yang bermanfaat bagi anak-anak, orang tua dan lingkungan sekitar. Metode yang digunakan adalah metode wawancara dan observasi dengan pihak tokoh agama yang berada di kelurahan tersebut, serta warga dan anak-anak. Dokumentasi sebagai data pendukung dalam penelitian ini. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan buku Iqra, poster huruf hijaiyah dan poster bacaan sholat di Masjid Jami Nurul Jannah agar anak-anak dapat mempelajarinya berkelanjutan saat kami mengakhiri tugas kuliah kerja nyata KKN di kelurahan montallat 1

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Abrar, Z., Nina Lovenia, Fatma Aulia, Baihaqi, Amissa Karolina, Yuliyanti, Rieke Navasati, Karlina, Delsia Febrianti, & Arya Jumri. (2024). Pembentukan dan Pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Untuk Mencetak Generasi Qur’ani di Kelurahan Montallat I. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 288-298. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i1.1458

References

Albab, M. U., Safitri, L., Febriana, A. C., Hidayah, A. S., Aziz, W. A., Rengganis, D. R., ... & Fauzan, A. (2019). Pembentukan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) untuk Mencetak Generasi Qur’ani. Prosiding Konferensi Pengabdian Masyarakat, 1, 29-31.
Aliwar, A. (2016). Penguatan model pembelajaran baca tulis quran dan manajemen pengelolaan organisasi (tpa). Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 9(1), 21-38.
Liana, P., & Sahri, S. (2020). TAMAN PENDIDIKAN AL QURAN SEBAGAI SARANA PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI DESA SEMAWOT. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas, 8(2).
Mubarok, R. (2020). Manajemen Pembelajaran Santri Taman Pendidikan Al-Qu’ran (TPA) Darus Sakinah Sangatta Utara. Al-Rabwah, 14(02), 173-188.
Nurjayanti, D., Pudyaningtyas, A. R., & Dewi, N. K. (2020). Penerapan Program Taman Pendidikan Alquran (Tpa) Untuk Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 8(2), 183-195.
Yumna, Y., Defitriliana, D., Prayoga, D., Pratama, M. R., & Nurhapid, R. (2021). Efektivitas Pembelajaran Taman Pendidikan Al-Quran dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran di TPA Haifdhin Royyan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(56).
Zaki, A. (2018). Upaya Madrasah Ulumul Quran dalam Mencetak Generasi Qurani di Kota Langsa (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'