Instagram sebagai Salah Satu Alat Pemasaran pada UMKM Widi Unique Kudus
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Sosial media digunakan untuk mempromosikan bisnis dari seseorang interpreneur. Pertumbuhan teknologi sekarang ini bisa dimanfaatkan untuk pelaksana bisnis guna mempromosikan serta memajukan bisnisnya secara luas dengan memanfaatkan aplikasi online misalnya instagram, facebook , tiktok dan lainnya. Pengabdian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana Widi Uniques UMKM memanfaatkan Instagram sebagai media promosi. Dalam kegiatan pengabdian ini, teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa perencanaan diawali dengan menganalisis masalah, mengidentifikasi masalah yang dihadapi serta menganalisis khalayak untuk mencapai sasaran yang tepat. Selanjutnya, pilih Instagramsebagai saluran komunikasi dan media untuk mendukung Widi unique dalam proses komunikasi pemasaran. Widi Unique melakukan pemasaran online dengan melakukan aktivitas media sosial menggunakan fitur foto dan video untuk menampilkan produk, komentar interaktif, caption dan penempatan postingan, hashtag, tag dan Instagram Stories untuk membantu menyebarkan berita. Dari evaluasi penggunaan Instagram dapat disimpulkan bahwa semua produk terjual dan Widi unique memperoleh keuntungan sesuai tujuannya.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
DISPERINDAGKOP. 2016. “Disnaker Perinkop Dan UKM Kabupaten Kudus.” 2016. https://disnakerperinkopukm.kuduskab.go.id/.
Gelar Guntara, Rangga. 2023. “Pemanfaatan Google Colab Untuk Aplikasi Pendeteksian Masker Wajah Menggunakan Algoritma Deep Learning YOLOv7.” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis 5, no. 1: 55–60. https://doi.org/10.47233/jteksis.v5i1.750.
Lubis, Ihsan, Ahmad Zakir, and Fatma Wani Silitonga. 2021. “Optimalisasi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah ( UMKM ) Secara Online.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, no. September: 78–84.
Nugroho, Thallita Affifah, and Farah Citra Azzahra. 2022. “Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Social Commerce Usaha Bro.Do.” Jurnal Pustaka Komunikasi 5, no. 1: 136–49. https://doi.org/10.32509/pustakom.v5i1.1883.
Phangestu, Novianto, and Eko Harry Susanto. 2019. “Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Mempromosikan Batik Tusta (Studi Kasus Akun Instagram @Batiktusta).” Prologia 3, no. 2: 401. https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6372.
Rahayu, Puji, Imarotus Suaidah, Zahra Devian Wardani, Universitas Islam Kadiri, Puji Rahayu, Mampukah Digital Literacy, Memengaruhi Minat, Menggunakan Aplikasi, and Akuntansi Berbasis. 2022. “Mampukah Digital Literacy Memengaruhi Minat Menggunakan Aplikasi Akuntansi Berbasis Smartphone Bagi UMKM?” Organum: Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi 05, no. 02: 173–88. http://ejournal.winayamukti.ac.id/index.php/Organum/index.
Ramadan, Ari. 2021. “Efektivitas Instagram Sebagai Media Promosi Produk ‘Rendang Uninam.’” Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM] 5, no. 1: 64–84. https://doi.org/10.29244/jskpm.v5i1.796.
Rasyid, Ayu Andira, and Batam. 2020. “Pemanfaatan Instagram Oleh Generasi Milenial Sebagai Media” 01, no. July: 1–8.