Instagram sebagai Salah Satu Alat Pemasaran pada UMKM Widi Unique Kudus

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Endang Supriyati
Mohammad Iqbal
Tri Listyorini

Abstract

Sosial media digunakan untuk mempromosikan bisnis dari seseorang interpreneur. Pertumbuhan teknologi sekarang ini bisa dimanfaatkan untuk pelaksana bisnis guna mempromosikan serta memajukan bisnisnya secara luas dengan memanfaatkan aplikasi online misalnya instagram, facebook , tiktok dan lainnya.  Pengabdian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana Widi Uniques UMKM memanfaatkan Instagram sebagai media promosi.  Dalam kegiatan pengabdian ini, teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara.  Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa perencanaan diawali dengan menganalisis masalah, mengidentifikasi masalah yang dihadapi serta menganalisis khalayak untuk mencapai sasaran yang tepat.  Selanjutnya, pilih Instagramsebagai saluran komunikasi dan media untuk mendukung Widi unique dalam proses komunikasi pemasaran. Widi Unique melakukan pemasaran online dengan melakukan aktivitas media sosial menggunakan fitur foto dan video untuk menampilkan produk, komentar interaktif, caption dan penempatan postingan, hashtag, tag dan Instagram Stories untuk membantu menyebarkan berita. Dari evaluasi penggunaan Instagram dapat disimpulkan bahwa semua produk terjual dan Widi unique memperoleh keuntungan sesuai tujuannya.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Supriyati, E., Iqbal, M., & Listyorini, T. (2023). Instagram sebagai Salah Satu Alat Pemasaran pada UMKM Widi Unique Kudus. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(3), 676-685. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v4i3.1459

References

Dahlan, Andriyan Dwi Putra; Akhmad. 2012. “Pemanfaatan Instagram Ads Sebagai Media Promosi Usaha Khasanah Edutoys,” 99–104.
DISPERINDAGKOP. 2016. “Disnaker Perinkop Dan UKM Kabupaten Kudus.” 2016. https://disnakerperinkopukm.kuduskab.go.id/.
Gelar Guntara, Rangga. 2023. “Pemanfaatan Google Colab Untuk Aplikasi Pendeteksian Masker Wajah Menggunakan Algoritma Deep Learning YOLOv7.” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis 5, no. 1: 55–60. https://doi.org/10.47233/jteksis.v5i1.750.
Lubis, Ihsan, Ahmad Zakir, and Fatma Wani Silitonga. 2021. “Optimalisasi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah ( UMKM ) Secara Online.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, no. September: 78–84.
Nugroho, Thallita Affifah, and Farah Citra Azzahra. 2022. “Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Social Commerce Usaha Bro.Do.” Jurnal Pustaka Komunikasi 5, no. 1: 136–49. https://doi.org/10.32509/pustakom.v5i1.1883.
Phangestu, Novianto, and Eko Harry Susanto. 2019. “Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Mempromosikan Batik Tusta (Studi Kasus Akun Instagram @Batiktusta).” Prologia 3, no. 2: 401. https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6372.
Rahayu, Puji, Imarotus Suaidah, Zahra Devian Wardani, Universitas Islam Kadiri, Puji Rahayu, Mampukah Digital Literacy, Memengaruhi Minat, Menggunakan Aplikasi, and Akuntansi Berbasis. 2022. “Mampukah Digital Literacy Memengaruhi Minat Menggunakan Aplikasi Akuntansi Berbasis Smartphone Bagi UMKM?” Organum: Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi 05, no. 02: 173–88. http://ejournal.winayamukti.ac.id/index.php/Organum/index.
Ramadan, Ari. 2021. “Efektivitas Instagram Sebagai Media Promosi Produk ‘Rendang Uninam.’” Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM] 5, no. 1: 64–84. https://doi.org/10.29244/jskpm.v5i1.796.
Rasyid, Ayu Andira, and Batam. 2020. “Pemanfaatan Instagram Oleh Generasi Milenial Sebagai Media” 01, no. July: 1–8.