Pemberdayaan Pelaku UMKM Perempuan Dalam Upaya Peningkatan Ketahanan Ekonomi Melalui Pelatihan Digital Marketing

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mira Veranita
Gunardi
Ramayani Yusuf
Yunyun Ratna H

Abstract

Pelaku  UMKM Perempuan di Kabupaten Bandung Barat saat ini berjumlah lebih dari 60% dari jumlah keseluruhan UMKM, berkontribusi cukup besar dalam membangun ketahanan ekonomi keluarga dan ekonomi nasioal. Kelemahan dalam pengetahuan dan kemampuan adaptasi dengan bisnis digital, berdampak pada ketidakmampuan dalam penetrasi dan eksistensi di pasar yang berbasis digital. Dinas Koperasi & UKM Kabupaten Bandung Barat bersama Akademisi dan Praktisi bersinergi memberikan penguatan dan pemberdayaan bagi UMKM Perempuan melalui Pelatihan Digital Marketing yang melibatkan tigapuluh orang pengusaha dan  berlangsung dengan baik, lancar dan berdampak positif terhadap peningkatan motivasi, kognisi dan skill peserta. Materi Pelatihan: pengetahuan Digital Marketing, Teknik SEO-SEM, Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, Whatsapp Marketing dan Praktik membuat Marketing Kit dengan memanfaatkan Artificial Intelligence (Canva).  Perlu dilakukan pelatihan dan pendampingan berikutnya terutama yang berkaitan dengan packaging&labelling yang menarik dan memiliki nilai komersil tinggi, membuat konten-konten digital, foto produk dan memasarkan produk dengan memanfaatkan media sosial maupun toko-toko online.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Mira Veranita, Gunardi, Ramayani Yusuf, & Yunyun Ratna H. (2023). Pemberdayaan Pelaku UMKM Perempuan Dalam Upaya Peningkatan Ketahanan Ekonomi Melalui Pelatihan Digital Marketing. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(3), 388-401. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v4i3.1461

References

Afrizal, S., Legiani, W. H., & Rahmawati. (2020). Peran Perempuan Dalam Upaya Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Keluarga Pada Kondisi Pandemi Covid-19. Untirta Civic Education Journal, 5(2), 149–162.
Astiti, L., & Widodo. (2019). Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Keterampilan Menjahit Di SKB Trenggalek. Jurnal Ekonomi Bisnis, 1(1), 1–9.
Hartati, S., Bayu, K., Mustari, E., Zulfan, I., Nurhayanti, Y., & Karim, E. (2020). Pemberdayaan Perempuan Nelayan Melalui Pelatihan Diversifikasi Produk Olahan Ikan Di Desa Pangandaran Kabupaten Pangandaran. Dharmakarya, 9(4), 289. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v9i4.31290
Hidayati, N., Pungkasanti, P. T., & Wakhidah, N. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing Umkm Di Kecamatan Tembalang Semarang. Abdimasku?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 119. https://doi.org/10.33633/ja.v3i3.129
Karwati, L. (2017). Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Woman Empowerment Through Entrepreneurs Training. Jurnal Ilmiah Visi PGTK PAUD Dan Dimas, 12(1), 45–52.
Manembu, A. E. (2017). Peranan perempuan dalam pembangunan masyarakat desa. Jurnal Politico, 6(1), 1–28.
Monica, Y. F., & Fauziah, L. (2017). Partisipasi Perempuan dalam Pembangunan Desa di Kecamatan Candi. JKMP (Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik), 5(2), 217–228. https://doi.org/10.21070/jkmp.v5i2.1314
Nur, S. (2019). Pemberdayaan Perempuan Untuk Kesetaraan & Meningkatkan Partisipasi Dalam Pembangunan Lingkungan Hidup. An-Nisa, 10(1), 99–111. https://doi.org/10.30863/annisa.v10i1.388
Prima Prihatini. (2022). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Meningkatkan Penghasilan Ibu Rumah Tangga Majlis Taklim Perempuan Kecamatan Jatiyoso. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 1(2), 264–270. https://doi.org/10.55123/abdikan.v1i2.309
Rahmadieni, R. Y., & Wahyuni, E. I. (2023). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Pemasaran Berbasis Teknologi Pada UMKM Di Desa Bulusulur. Jurnal Al Basirah, 2(1), 17–26. https://doi.org/10.58326/jab.v2i1.28
Rumbekwan, M., & Tanamal, N. A. (2023). Peran Perempuan Dalam Ketahanan Nasional. Jurnal Ilmu Pemerintahan Widya Praja, 48(2), 203–212. https://doi.org/10.33701/jipwp.v48i2.3081
Saugi, W., & Sumarno, S. (2015). Pemberdayaan perempuan melalui pelatihan pengolahan bahan pangan lokal. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 226. https://doi.org/10.21831/jppm.v2i2.6361
Siregar, G., Arda, M., Damanik, W. S., Saragih, S. A., Popy, & Zulham, M. (2023). Pelatihan digital marketing untuk meningkatkan penjualan Kelompok Tani Keliora. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 29(1), 60–63. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jff.2021.1
Siregar, I. (2021). Perempuan Dan Ketahanan Ekonomi Keluarga (Studi Di Kota Padang Sidempuan) Indah. Journal of Gender And Social Inclusion In Muslim Societies, 2(2), 67–83.
Sudarmanti, R. (2018). Kajian Tentang Potensi Pemberdayaan Perempuan Indonesia Melalui Komunikasi Kepimpinan Perempuan. Sociae Polites. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/sp/article/view/645
Veranita, M., Almamalik, L., & Ikhsan, S. (2022). Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial oleh UMKM Di Era Pandemi: Studi Kasus pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Kabupaten Bandung. Coopetition?: Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(1), 89–96. http://journal.ikopin.ac.id/index.php/coopetition/article/view/590%0Ahttps://journal.ikopin.ac.id/index.php/coopetition/article/download/590/801
Wahyuni, S., Antara, P. A., & Magta, M. (2020). Stimulasi Metode Service Learning dalam Menumbuhkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 91–100. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD
Yusuf, R., & Veranita, M. (2021). Minat Berwisata Kaum Milenial Di Era New Normal. Jurnal Kepariwisataan Indonesia: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kepariwisataan Indonesia, 15(2), 158–167. https://doi.org/10.47608/jki.v15i22021.158-167