Dukungan E-commerce serta Teknologi Pengolahan Air Susu dan Limbah yang dihasilkan pada UMKM Meinar GaraChiz

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Safri Ishmayana
Agus Safari
Trianing Tyas Kusuma Anggaeni
Husain Akbar Sumeru
Sani Dwiningrum Rahayu Br Ginting

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Meinar GaraChiz yang merupakan produsen keju skala mikro yang memiliki masalah dengan keberadaan limbah hasil olahan air susu menjadi keju. Pada proses pengolahan air susu menjadi keju dihasilkan limbah yang berupa whey. Dalam tahapan dan pasca produksi, produk perlu pengujian fisikokimia. Selain itu UMKM ini mengalami permasalahan dalam pemasaran produk sehingga memerlukan pelatihan e-commerce. Tujuan program pengabdian ini adalah untuk menyelesaikan dan membantu permasalahan yang dialami UMKM. Adapun metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu pengolahan limbah cair hasil pengolahan air susu menjadi serbuk whey protein menggunakan teknologi pengeringan yaitu Spray dryer dan pengadaan alat untuk menunjang proses produksi. Selain itu, adanya workshop pelatihan e-commerce. Hasil yang didapat yaitu pengolahan whey dengan alat spray dryer belum maksimal dan harus dikaji lebih dalam lagi. Pengadaan alat dan pelatihan workshop e-commerce sudah dilaksanakan, peserta lebih antusias dan dapat menerima materi serta pelatihan dengan baik dari ketiga narasumber.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ishmayana, S., Safari, A., Anggaeni, T. T. K., Sumeru, H. A., & Ginting, S. D. R. B. (2023). Dukungan E-commerce serta Teknologi Pengolahan Air Susu dan Limbah yang dihasilkan pada UMKM Meinar GaraChiz. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(3), 508 - 519. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v4i3.1463

References

Corie, Z.C. (2023). Pengaruh penambahan maltodekstrin terhadap Karakteristik minuman serbuk mangga instan dengan Metode foam mat drying. Skripsi. Universitas Lampung.
Dwika, R.T., Ceningsih, dan Sasongko,S.B. 2012. Pengaruh suhu dan laju alir udara pengering pada pengeringan karaginan menggunakan teknologi spray dryer. Jurnal Teknologi Kimia dan Industri 1, No. 1. 298-304.
Fauzi, S., Rialita, T., Setiasih. I.S. dan Andoyo. R. 2023. Optimasi proses pemisahan whey protein dengan metode ozonas. Jurnal Penelitian Pangan 3. No. 1. 27-34
Huda S. Efek evaporasi dan suhu pengeringan spraydrying terhadap karakteristik fisik dan kimia whey bubuk. Jurnal Teknologi Hasil Pertanian. 2020;13(2):84-93.
Lestari, Y. 2019. Perbandingan kerja alat pengeringan tipe spray dryer dan freeze dryer dalam proses pengeringan bahan berbentuk cai. JURNAL ILMIAH KOHESI. 3 No.3. 96-99
Putri A.O., Mentari I.A., Julyantiya R.T., Yuliati S & Dewi, E. 2021. Rancang bangun alat tipe spray dryer untuk proses pengeringan susu bubuk berbasis jagung manis (Zea mays saccharata). Jurnal Kinetika,Vol. 12. No.3. 31-37.
Rachmat, Z. (2023). Digital marketing dan E-commerce. Padang: Globaal Eksekutif Teknologi.
Sugitha I.M., Puspawati N.N & Wiadnyani A.S.(2016). Optimasi pembuatan keju lunak (soft chesse) dengan kulit tanaman rampelas (Ficus ampelas) sebagai koagulan alami. Laporan Penelitian. Universitas Udayana.
Susanti R dan Hidayat E. 2016. Profil protein susu dan produk olahannya. Jurnal MIPA. Vol 39. No. 2 . 98-106.
Wardhana, A. (2021).Pengantar bisnis (persepektif digitalisasi bisnis). Bandung: Media Sains Indonesia .