Strategi Pengembangan Usaha Kerupuk Kamang Melalui Inovasi Produk dan Pemasaran Digital
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Ubi kayu merupakan komoditas unggulan di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Sejak puluhan tahun masyarakat setempat di Kecamatan Kamang Magek telah melakukan penganekaragaman produk olahan untuk meningkatkan nilai tambah ubi kayu yaitu usaha kerupuk kamang. Usaha ini merupakan warisan tradisi ekonomi masyarakat setempat. Namun, eksistensinya belum sepopuler olahan ubi kayu lainnya, seperti kerupuk sanjai dan karak kaliang. Kerupuk kamang memiliki potensi besar untuk dikembangkan karena daerah produksi memiliki comparative advantage. Namun, produksi, manajerial, pemasaran dan penjualan masih bersifat konvensional. Sehingga, pentingnya pembinaan yang berkelanjutan untuk membantu mengembangkan usaha kerupuk kamang menjadi industri rumah tangga yang berdaya saing di era digitalisasi. Tujuan pengabdian ini untuk memberdayakan UMKM Kerupuk Kamang DUA SAUDARA yang telah ada sejak 20 tahun lalu. Kegiatan ini membantu mitra menyelesaikan masalah produksi dan pemasaran yaitu dengan menambah pengetahuan mitra tentang pentingnya inovasi produk dan pemasaran digital serta recreate logo. Metode yang digunakan adalah metode pendekatan, seperti metode disksui interaktif dan metode pendampingan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Digital Marketer, 2023, The Ultimate Guide to Digital Marketing. Diakses pada 3 Februari 2023 ,https://www.digitalmarketer.com/digital-marketing/assets/pdf/ultimate-guide-to-digital-marketing.pdf
Hasnatika, I. F., dan Nurnida, I, 2019, Analisis Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UKM “Duren Kamu Pasti Kembali” di Kota Serang. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 4(3), 1-9. https://doi.org/10.35313/jrbi.v4i3.1252
Husni, Syarifa, 2023, Pengaruh Penambahan Tepung Udang Rebon (Mysis relicta) terhadap Karakteristik Mutu Kerupuk Kamang. (Skripsi Sarjana, Universitas Andalas).
Keer, U., Alim, H., Xavier, M. dan Balange, A. K, 2018, Quality changes during ice storage of acetes species. International Journal of Current Microbiology and Applied Sciences, 7(1), 2063-2071. https://doi.org/10.20546/ijcmas.2018.701.248
Kojo, Christoffel., Rogi, Mirah H., dan Lintong, Debri Ch, 2018, PKM Pengembangan Inovasi Produk Makanan dan Minuman yang Dijual di Seputaran Kampus Unsrat Bahu. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum Vol. 4 (2) Edisi Oktober. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/lppmekososbudkum/article/view/24119
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I., 2019, Marketing 4.0: Bergerak dari Tradisional ke Digital. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Nizam, M. F., Mufidah, E., & Fibriyani, V., 2020, Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Pemasaran UMKM. Jurnal EMA, 5(2), 1214–1224. https://doi.org/10.47335/ema.v5i2.55
Pratama, I. W, A, 2022, Konsep Digital Marketing in Digital Marketing (Tinjauan Konseptual). Padang: PT. Global. Eksekutif Teknologi.
Sumbar.bps.go.id, 2021, Luas Panen, Produksi, dan Produktivitas Ubi Kayu 2019-202. Diakses pada 28 Mei 2023, dari https://sumbar.bps.go.id/indicator/53/62/1/luas-panen-produktivitas-dan-produksi-ubi-kayu-.html