Strategi Pengembangan Usaha Kerupuk Kamang Melalui Inovasi Produk dan Pemasaran Digital

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ratih Ramadhani
Adila Adisti
Chairunnisya

Abstract

Ubi kayu merupakan komoditas unggulan di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Sejak puluhan tahun masyarakat setempat di Kecamatan Kamang Magek telah melakukan penganekaragaman produk olahan untuk meningkatkan nilai tambah ubi kayu yaitu usaha kerupuk kamang. Usaha ini merupakan warisan tradisi ekonomi masyarakat setempat. Namun, eksistensinya belum sepopuler olahan ubi kayu lainnya, seperti kerupuk sanjai dan karak kaliang. Kerupuk kamang memiliki potensi besar untuk dikembangkan karena daerah produksi memiliki comparative advantage. Namun, produksi, manajerial, pemasaran dan penjualan masih bersifat konvensional. Sehingga, pentingnya pembinaan yang berkelanjutan untuk membantu mengembangkan usaha kerupuk kamang menjadi industri rumah tangga yang berdaya saing di era digitalisasi. Tujuan pengabdian ini untuk memberdayakan UMKM Kerupuk Kamang DUA SAUDARA yang telah ada sejak 20 tahun lalu. Kegiatan ini membantu mitra menyelesaikan masalah produksi  dan pemasaran yaitu dengan menambah pengetahuan mitra tentang pentingnya inovasi produk dan pemasaran digital serta recreate logo.  Metode yang digunakan adalah metode pendekatan, seperti metode disksui interaktif dan metode pendampingan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ratih Ramadhani, Adila Adisti, & Chairunnisya. (2024). Strategi Pengembangan Usaha Kerupuk Kamang Melalui Inovasi Produk dan Pemasaran Digital. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 320-331. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i2.1481

References

Andini, 2017, Analisisi Tataniaga Kerupuk Kamang dari Kenagarian Kamang Hilia Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam.(Skripsi Sarjana, Universitas Andalas).
Digital Marketer, 2023, The Ultimate Guide to Digital Marketing. Diakses pada 3 Februari 2023 ,https://www.digitalmarketer.com/digital-marketing/assets/pdf/ultimate-guide-to-digital-marketing.pdf
Hasnatika, I. F., dan Nurnida, I, 2019, Analisis Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UKM “Duren Kamu Pasti Kembali” di Kota Serang. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 4(3), 1-9. https://doi.org/10.35313/jrbi.v4i3.1252
Husni, Syarifa, 2023, Pengaruh Penambahan Tepung Udang Rebon (Mysis relicta) terhadap Karakteristik Mutu Kerupuk Kamang. (Skripsi Sarjana, Universitas Andalas).
Keer, U., Alim, H., Xavier, M. dan Balange, A. K, 2018, Quality changes during ice storage of acetes species. International Journal of Current Microbiology and Applied Sciences, 7(1), 2063-2071. https://doi.org/10.20546/ijcmas.2018.701.248
Kojo, Christoffel., Rogi, Mirah H., dan Lintong, Debri Ch, 2018, PKM Pengembangan Inovasi Produk Makanan dan Minuman yang Dijual di Seputaran Kampus Unsrat Bahu. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum Vol. 4 (2) Edisi Oktober. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/lppmekososbudkum/article/view/24119
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I., 2019, Marketing 4.0: Bergerak dari Tradisional ke Digital. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Nizam, M. F., Mufidah, E., & Fibriyani, V., 2020, Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Pemasaran UMKM. Jurnal EMA, 5(2), 1214–1224. https://doi.org/10.47335/ema.v5i2.55
Pratama, I. W, A, 2022, Konsep Digital Marketing in Digital Marketing (Tinjauan Konseptual). Padang: PT. Global. Eksekutif Teknologi.
Sumbar.bps.go.id, 2021, Luas Panen, Produksi, dan Produktivitas Ubi Kayu 2019-202. Diakses pada 28 Mei 2023, dari https://sumbar.bps.go.id/indicator/53/62/1/luas-panen-produktivitas-dan-produksi-ubi-kayu-.html