Komunikasi Pemasaran Bidang Keahlian Inovasi Layanan dan Kebijakan Publik (Program Studi Magister Inovasi Sistem dan Teknologi-ITS Surabaya)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Lissa Noer
Gogor Arif Handiwibowo
Prahardika Prihananto
Ni Gusti Made Rai
Sri Yayu Ninglasari

Abstract

Program Pascasarjana semakin diminati. Hal ini tersebut dikarenakan lulusan pascasarjana dianggap memiliki kapabilitas yang cukup baik untuk menghadapi tantangan yang kompleks di masa mendatang. Banyak institusi pengguna lulusan pascasarjana mendorong sumberdaya yang dimilikinya, untuk dapat melanjutkan pendidikan pada level pascasarjana. Sehingga organisasi pengguna lulusan dapat lebih kompetitif. Dengan semakin banyaknya peminat program pascasarjana, maka institusi pendidikan tinggi berkompetitif dalam membuka program pascasarjana yang sesuai kebutuhan di dunia kerja. Hal ini berdampak pada semakin kompetitifnya persaingan penyelenggaraan program pascasarjana. Sekolah Interdisiplin Manajemen dan Teknologi-Institut Teknologi Sepuluh Nopember (SMIT-ITS), telah membuka program pascasarjana semenjak tahun 1996 (untuk program Magister Manajemen Teknologi). Tahun 2022, SIMT-ITS meluncurkan program Magister Inovasi Sistem dan Teknologi dengan bidang keahlian Kebijakan Publik. Program ini dibutuhkan pasar karena berbasis proses pengambilan keputusan pada tingkatan pengambil kebijakan. Untuk mendukung program studi baru ini dibutuhkan pendekatan marketing ke pasar agar publik segera mendapatkan awareness terkait bidang keahlian ini.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Noer, L., Gogor Arif Handiwibowo, Prahardika Prihananto, Ni Gusti Made Rai, & Sri Yayu Ninglasari. (2024). Komunikasi Pemasaran Bidang Keahlian Inovasi Layanan dan Kebijakan Publik (Program Studi Magister Inovasi Sistem dan Teknologi-ITS Surabaya). JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 12-20. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i1.1509

References

Aghion, P., Algan, Y., Cahuc, P., & Shleifer, A. (2010). Distrust and Regulation. The Quarterly Journal of Economics, 125(3), 1015–1049. https://doi.org/10.3386/ w14648
Andhika, L. R. (2019). Model Sistem Dinamis: Simulasi Formulasi Kebijakan Publik. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 10(1), 73–86. https://doi.org/10.22212/jekp.v10i1.1242
Bhawika, G. W., Handiwibowo, G. A., & Noer, L. . (2017). Pembangunan Alat Pengolah Air Limbah dengan Konsep Pemberdayaan Masyarakat di Kel. Panjang Jiwo. J-Dinamika, 2(2), 120–124.
Hamzah, R. E., Manogari, R. R., & Shabrina, R. P. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KEDAI KOPI KAMAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 1(1), 50–59.
Keller, K. L., & Kotler, P. (2016). Marketing Management. In Pearson Education, Inc. Pearson education. https://doi.org/10.1556/9789630597784
Mawaza, J. F., & Khalil, A. (2020). Masalah Sosial dan Kebijakan Publik di Indonesia (Studi Kasus UU ITE No. 19 Tahun 2016). Journal of Governance Innovation, 2(1), 22–31. https://doi.org/10.36636/jogiv.v2i1.386
Muadi, S. I. M. A. S. (2016). KONSEP DAN KAJIAN TEORI PERUMUSAN KEBIJAKAN PUBLIK. JRP (Jurnal Review Politik), 6(2), 195–224. http://jurnalfuf.uinsby.ac.id/index.php/JRP/article/view/1078
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). ANDI.
Philip Kotler & Kevin Lane Keller. Marketing Management. 13th Edition, Erlangga, Jakarta, 2009.
Kusumastuti, Frida. Dasar-Dasar Humas. Ghalia Indonesia dan UMM Press, Jakarta, 2002.
Lattimore. Public Relations The Profession and The Practice. McGrow-Hill Companies Inc, New York, 2004.
Mahmud, Mahiddin. Hubungan Masyarakat Modul Kesatu. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, Jakarta, 2004.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'