Komunikasi Pemasaran Bidang Keahlian Inovasi Layanan dan Kebijakan Publik (Program Studi Magister Inovasi Sistem dan Teknologi-ITS Surabaya)
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Program Pascasarjana semakin diminati. Hal ini tersebut dikarenakan lulusan pascasarjana dianggap memiliki kapabilitas yang cukup baik untuk menghadapi tantangan yang kompleks di masa mendatang. Banyak institusi pengguna lulusan pascasarjana mendorong sumberdaya yang dimilikinya, untuk dapat melanjutkan pendidikan pada level pascasarjana. Sehingga organisasi pengguna lulusan dapat lebih kompetitif. Dengan semakin banyaknya peminat program pascasarjana, maka institusi pendidikan tinggi berkompetitif dalam membuka program pascasarjana yang sesuai kebutuhan di dunia kerja. Hal ini berdampak pada semakin kompetitifnya persaingan penyelenggaraan program pascasarjana. Sekolah Interdisiplin Manajemen dan Teknologi-Institut Teknologi Sepuluh Nopember (SMIT-ITS), telah membuka program pascasarjana semenjak tahun 1996 (untuk program Magister Manajemen Teknologi). Tahun 2022, SIMT-ITS meluncurkan program Magister Inovasi Sistem dan Teknologi dengan bidang keahlian Kebijakan Publik. Program ini dibutuhkan pasar karena berbasis proses pengambilan keputusan pada tingkatan pengambil kebijakan. Untuk mendukung program studi baru ini dibutuhkan pendekatan marketing ke pasar agar publik segera mendapatkan awareness terkait bidang keahlian ini.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Andhika, L. R. (2019). Model Sistem Dinamis: Simulasi Formulasi Kebijakan Publik. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 10(1), 73–86. https://doi.org/10.22212/jekp.v10i1.1242
Bhawika, G. W., Handiwibowo, G. A., & Noer, L. . (2017). Pembangunan Alat Pengolah Air Limbah dengan Konsep Pemberdayaan Masyarakat di Kel. Panjang Jiwo. J-Dinamika, 2(2), 120–124.
Hamzah, R. E., Manogari, R. R., & Shabrina, R. P. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KEDAI KOPI KAMAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 1(1), 50–59.
Keller, K. L., & Kotler, P. (2016). Marketing Management. In Pearson Education, Inc. Pearson education. https://doi.org/10.1556/9789630597784
Mawaza, J. F., & Khalil, A. (2020). Masalah Sosial dan Kebijakan Publik di Indonesia (Studi Kasus UU ITE No. 19 Tahun 2016). Journal of Governance Innovation, 2(1), 22–31. https://doi.org/10.36636/jogiv.v2i1.386
Muadi, S. I. M. A. S. (2016). KONSEP DAN KAJIAN TEORI PERUMUSAN KEBIJAKAN PUBLIK. JRP (Jurnal Review Politik), 6(2), 195–224. http://jurnalfuf.uinsby.ac.id/index.php/JRP/article/view/1078
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). ANDI.
Philip Kotler & Kevin Lane Keller. Marketing Management. 13th Edition, Erlangga, Jakarta, 2009.
Kusumastuti, Frida. Dasar-Dasar Humas. Ghalia Indonesia dan UMM Press, Jakarta, 2002.
Lattimore. Public Relations The Profession and The Practice. McGrow-Hill Companies Inc, New York, 2004.
Mahmud, Mahiddin. Hubungan Masyarakat Modul Kesatu. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, Jakarta, 2004.