Penerapan Personal & Product Branding dalam Sektor UMKM di Desa Citali Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Perkembangan teknologi memiliki pengaruh yang sangat besar dalam sektor UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Personal branding dalam sektor UMKM merujuk pada usaha seorang pemilik atau pemimpin bisnis UMKM untuk membangun serta mempromosikan citra diri mereka sebagai komponen yang tak terpisahkan dari merek bisnis tersebut. Proses ini melibatkan pemanfaatan reputasi, nilai-nilai, kepribadian, dan keahlian pribadi untuk memperkuat serta mendukung citra merek UMKM. Dalam penelitian ini, terdapat dua jenis sumber data yang digunakan, yaitu data primer dan data sekunder. Peneliti menggunakan berbagai teknik pengumpulan data untuk mendapatkan informasi yang diperlukan. Terlebih dahulu peneliti melakukan observasi awal dalam penelusuran fenomena, yang berarti mengamati langsung situasi atau kejadian terkait dengan penelitian. Hasil dari pelaksanaan penelitian adalah peningkatan minat masyarakat, khususnya UMKM, untuk mendirikan toko online dan melakukan perubahan desain guna meningkatkan merek mereka.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Baroqah, M. R. (2020). Metodelogi Penelitian Sosial.
Heryana, N., Fuad, M., Nugraheni, T., Darnilawati, Rachmawati, M., Triansyah, F., Susano, A., Defitri, S., Iswahyudi, M., & Al-Sakinah, P. (2023). UMKM dalam Digitalisasi Nasional. Cendikia Mulia Mandiri.
Kurniawati, M., Riwu, Y., Amtiran, P., & Fa’ah, Y. (2023). PELATIHAN PERSONAL BRANDING DAN DIGITAL LITERACY BAGI PELAKU UMKM DI KOTA KUPANG. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7, 1399. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14270
Lutfiyah. (2016). PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI DAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DI KABUPATEN BANGKALAN. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 4, 204–213. https://doi.org/10.26740/jepk.v4n2.p204-213
Moudy, C., & Winduwati, S. (2023). Strategi Personal Branding Kreator Konten TikTok dalam Mengembangkan Citra Diri Positif. Kiwari, 2, 215–221. https://doi.org/10.24912/ki.v2i2.24001
Orinaldi, M. (2020). Peran E-commerce dalam Meningkatkan Resiliensi Bisnis diera Pandemi. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 4, 36. https://doi.org/10.30631/iltizam.v4i2.594
Padubidri, S. (2023). CONSUMER PERSPECTIVES ABOUT THE EFFECT OF BRANDING ON PRODUCT MARKETING. International Journal of Humanities & Social Science Studies (IJHSSS), 12, 131–136.
Puspita, D. (2022). Personal Branding terhadap Sosial Media. Journal of Management and Bussines (JOMB), 4, 856–871. https://doi.org/10.31539/jomb.v4i2.4503
Rahmah, Z., Rahmah, Y., Purnama, C., Fatmah, D., & Rahmah, M. (2022). Strategi Peningkatan Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap UMKM di Desa Kintelan (Studi Kasus UMKM di Desa Kintelan Kelurahan Puri Kabupaten Mojokerto). BUDIMAS?: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 4. https://doi.org/10.29040/budimas.v4i1.3081
Rizki, G. A. F., Prihandini, T., Triyono, M., & Priyanto, P. (2023). PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL DAN STRATEGI MARKETING UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMASARAN: STUDI KASUS PADA DESA WISATA TINALAH. JURNAL PESONA PARIWISATA, 2, 38–48.
Sagita, G., & Wijaya, Z. R. (2022). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bakmi Tando 07. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 1(3), 24–31.
Telagawathi, N., Suci, N., & Heryanda, K. K. (2022). STRATEGI TRANSFORMASI DIGITAL UMKM KERAJINAN TANGAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN GIANYAR, BALI. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 11, 204–212. https://doi.org/10.23887/jish.v11i2.39734
Zainurrafiqi, Z., Bustaram, I., Kusuma, A., Aina, M., Muchtar, R. P., & Suprapto, H. (2023). Peningkatan Daya Saing UMKM Berbasis Inovasi dan Kreativitas di Desa Gugul Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3, 359–367. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.1070