Penerapan Personal & Product Branding dalam Sektor UMKM di Desa Citali Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yenni Fatman
Ahmad Irfan
Afifah Nurul Syifa
Iqbal Maulana Al Fikri
Juniawan Rizky Firdaus

Abstract

Perkembangan teknologi memiliki pengaruh yang sangat besar dalam sektor UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Personal branding dalam sektor UMKM merujuk pada usaha seorang pemilik atau pemimpin bisnis UMKM untuk membangun serta mempromosikan citra diri mereka sebagai komponen yang tak terpisahkan dari merek bisnis tersebut. Proses ini melibatkan pemanfaatan reputasi, nilai-nilai, kepribadian, dan keahlian pribadi untuk memperkuat serta mendukung citra merek UMKM. Dalam penelitian ini, terdapat dua jenis sumber data yang digunakan, yaitu data primer dan data sekunder. Peneliti menggunakan berbagai teknik pengumpulan data untuk mendapatkan informasi yang diperlukan. Terlebih dahulu peneliti melakukan observasi awal dalam penelusuran fenomena, yang berarti mengamati langsung situasi atau kejadian terkait dengan penelitian. Hasil dari pelaksanaan penelitian adalah peningkatan minat masyarakat, khususnya UMKM, untuk mendirikan toko online dan melakukan perubahan desain guna meningkatkan merek mereka.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Yenni Fatman, Ahmad Irfan, Afifah Nurul Syifa, Iqbal Maulana Al Fikri, & Juniawan Rizky Firdaus. (2024). Penerapan Personal & Product Branding dalam Sektor UMKM di Desa Citali Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 48-60. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i1.1534

References

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN?: Jurnal Pendidikan Islam, 1, 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Baroqah, M. R. (2020). Metodelogi Penelitian Sosial.
Heryana, N., Fuad, M., Nugraheni, T., Darnilawati, Rachmawati, M., Triansyah, F., Susano, A., Defitri, S., Iswahyudi, M., & Al-Sakinah, P. (2023). UMKM dalam Digitalisasi Nasional. Cendikia Mulia Mandiri.
Kurniawati, M., Riwu, Y., Amtiran, P., & Fa’ah, Y. (2023). PELATIHAN PERSONAL BRANDING DAN DIGITAL LITERACY BAGI PELAKU UMKM DI KOTA KUPANG. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7, 1399. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14270
Lutfiyah. (2016). PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI DAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DI KABUPATEN BANGKALAN. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 4, 204–213. https://doi.org/10.26740/jepk.v4n2.p204-213
Moudy, C., & Winduwati, S. (2023). Strategi Personal Branding Kreator Konten TikTok dalam Mengembangkan Citra Diri Positif. Kiwari, 2, 215–221. https://doi.org/10.24912/ki.v2i2.24001
Orinaldi, M. (2020). Peran E-commerce dalam Meningkatkan Resiliensi Bisnis diera Pandemi. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 4, 36. https://doi.org/10.30631/iltizam.v4i2.594
Padubidri, S. (2023). CONSUMER PERSPECTIVES ABOUT THE EFFECT OF BRANDING ON PRODUCT MARKETING. International Journal of Humanities & Social Science Studies (IJHSSS), 12, 131–136.
Puspita, D. (2022). Personal Branding terhadap Sosial Media. Journal of Management and Bussines (JOMB), 4, 856–871. https://doi.org/10.31539/jomb.v4i2.4503
Rahmah, Z., Rahmah, Y., Purnama, C., Fatmah, D., & Rahmah, M. (2022). Strategi Peningkatan Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap UMKM di Desa Kintelan (Studi Kasus UMKM di Desa Kintelan Kelurahan Puri Kabupaten Mojokerto). BUDIMAS?: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 4. https://doi.org/10.29040/budimas.v4i1.3081
Rizki, G. A. F., Prihandini, T., Triyono, M., & Priyanto, P. (2023). PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL DAN STRATEGI MARKETING UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMASARAN: STUDI KASUS PADA DESA WISATA TINALAH. JURNAL PESONA PARIWISATA, 2, 38–48.
Sagita, G., & Wijaya, Z. R. (2022). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bakmi Tando 07. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 1(3), 24–31.
Telagawathi, N., Suci, N., & Heryanda, K. K. (2022). STRATEGI TRANSFORMASI DIGITAL UMKM KERAJINAN TANGAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN GIANYAR, BALI. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 11, 204–212. https://doi.org/10.23887/jish.v11i2.39734
Zainurrafiqi, Z., Bustaram, I., Kusuma, A., Aina, M., Muchtar, R. P., & Suprapto, H. (2023). Peningkatan Daya Saing UMKM Berbasis Inovasi dan Kreativitas di Desa Gugul Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3, 359–367. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.1070