Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Produk UMKM Desa Suka Damai

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ranti Eka Putri
M. Wasito
Ayu Nadia Lestari

Abstract

Penggunaan media sosial sebagai alat promosi produk UMKM Desa telah menjadi topik yang semakin relevan dalam era digital ini. Pengabdian ini bertujuan untuk melakukan sosialisasi pemanfaatan media sosial sebagai media promosi produk UMKM Desa dalam upaya meningkatkan visibilitas dan daya saing produk-produk lokal. Melalui pendekatan pengabdian kepada masyarakat, tim kegiatan pengabdian memberikan pelatihan dan panduan kepada pelaku UMKM Desa dalam pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi yang efektif. Metode yang digunakan melibatkan pelatihan langsung, dan pembuatan panduan praktis untuk memanfaatkan platform media social seperti Facebook, Instagram, tiktok dan WhatsApp. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan pelaku UMKM dalam menggunakan media sosial sebagai alat promosi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ranti Eka Putri, M. Wasito, & Ayu Nadia Lestari. (2023). Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Produk UMKM Desa Suka Damai. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(3), 667-675. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v4i3.1550

References

Achmad, Z. A., Azhari, T. Z., Esfandiar, W. N., Nuryaningrum, N., Syifana, A. F. D., & Cahyaningrum, I. (2020). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMASARAN PRODUK UMKM DI KELURAHAN SIDOKUMPUL, KABUPATEN GRESIK. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1). https://doi.org/10.15642/jki.2019.9.2.239-263
Afdhal, M., Prawiro, R., & Fenia, S. Z. (2022). Sosialisasi Penggunaan Media Sosial Tiktok Untuk Meningkatkan Penjualan Di Kampung Akrilik Padang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dharma Andalas, 1(1), 102–107. https://doi.org/10.47233/jpmda.v1i1.544
Augustinah1, F., & Widayati. (2019). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI MAKANAN RINGAN KRIPIK SINGKONG DI KABUPATEN SAMPANG.
Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71. https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132
Firmansyah, K., Fadhli, K., Ahmad Noviandy, I., Rini, S., Syariah Universitas A Wahab Hasbullah, E. K., A Wahab Hasbullah, U. K., & Universitas A Wahab Hasbullah, M. K. (2020). Pengenalan Media Sosial dan E-Commerce sebagai Media Pemasaran serta Pengemasan Frozen Food (Vol. 1, Issue 1).
Hairah, U., Hatta, H. R., Mardais, M., Diyana, W. N. R., Irvansyah, M., Sadanu, A. I., & Mujiono, M. N. A. (2022). Pelatihan Penggunaan Instagram Sebagai Media Promosi Bagi Warga Dusun Rejosari, Kalimantan Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1).
Leonita, E., & Jalinus, N. (2018). Peran Media Sosial Dalam Upaya Promosi Kesehatan: Tinjauan Literatur. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 25–34. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i2.261
Lontoh, J. K., Tumbel, A. L., & Kawet, R. (2020). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI PROMOSI BAGI PENGEMBANGAN PEMASARAN WISATA DANAU LINOW DI KOTA TOMOHON UTILIZATION OF SOCIAL MEDIA AS A PROMOTIONAL STRATEGY FOR MARKETING DEVELOPMENT OF LAKE LINOW TOURISM IN TOMOHON CITY. 11 Jurnal EMBA, 8(4), 11–20.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). In Jurnal Common | (Vol. 3).
Saputra, I. M. A. B., Gautama, I. M. B., Pramitaresthi, I. G. A., Setyaningrum, K. P., Widyawati, K. A., Trinadi, N. K. A., Devi, N. L. P. S., Putra, P. M., Bramanta, I. G. N. A. B., Meilyanjani, N. P. G., Adhityasaputra, I. K. W., ADH, I. P. W., & Arsa, I. G. N. W. (2022). Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Serta Penyebaran Informasi di Desa Dalang. Journal of Community Development, 3(2), 119–126. https://doi.org/10.47134/comdev.v3i2.75
Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). PENGGUNAAN APLIKASI CANVA UNTUK MEMBUAT KONTEN GAMBAR PADA MEDIA SOSIAL SEBAGAI UPAYA MEMPROMOSIKAN HASIL PRODUK UKM. www.canva.com.
Siti Oktarina, I., Amaliah, N., Adawiyah, R., Octarinie, N., Dahlan, P., Fatrie Fatmawati, T., & Kunci, K. (2022). JPKM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat https://ojs.politeknikdarussalam.ac.id/index.php/jpkm Vol SOSIALISASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI WADAH UNTUK MENGEMBANGKAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI KELURAHAN KARANG ANYAR KECAMATAN GANDUS KOTA PALEMBANG. 1(2). https://ojs.politeknikdarussalam.ac.id/index.php/jpkm
Suryani, I., Handar, M., Ekasuci, R., Bina Sarana Informatika, U., & Studi Penyiaran, P. (2020). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI BAGI RADIO MERSI 93.9 FM. Journal Komunikasi, 11(1). https://doi.org/10.31294/jkom
Yani, O., Mulyani, S., Wibisono, T., & Hikmah, A. B. (2022). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK UNTUK PEMASARAN BISNIS DIGITAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI. 11(1). http://stp-mataram.e-journal.id/JHI