Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Produk UMKM Desa Suka Damai
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penggunaan media sosial sebagai alat promosi produk UMKM Desa telah menjadi topik yang semakin relevan dalam era digital ini. Pengabdian ini bertujuan untuk melakukan sosialisasi pemanfaatan media sosial sebagai media promosi produk UMKM Desa dalam upaya meningkatkan visibilitas dan daya saing produk-produk lokal. Melalui pendekatan pengabdian kepada masyarakat, tim kegiatan pengabdian memberikan pelatihan dan panduan kepada pelaku UMKM Desa dalam pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi yang efektif. Metode yang digunakan melibatkan pelatihan langsung, dan pembuatan panduan praktis untuk memanfaatkan platform media social seperti Facebook, Instagram, tiktok dan WhatsApp. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan pelaku UMKM dalam menggunakan media sosial sebagai alat promosi.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Afdhal, M., Prawiro, R., & Fenia, S. Z. (2022). Sosialisasi Penggunaan Media Sosial Tiktok Untuk Meningkatkan Penjualan Di Kampung Akrilik Padang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dharma Andalas, 1(1), 102–107. https://doi.org/10.47233/jpmda.v1i1.544
Augustinah1, F., & Widayati. (2019). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI MAKANAN RINGAN KRIPIK SINGKONG DI KABUPATEN SAMPANG.
Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71. https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132
Firmansyah, K., Fadhli, K., Ahmad Noviandy, I., Rini, S., Syariah Universitas A Wahab Hasbullah, E. K., A Wahab Hasbullah, U. K., & Universitas A Wahab Hasbullah, M. K. (2020). Pengenalan Media Sosial dan E-Commerce sebagai Media Pemasaran serta Pengemasan Frozen Food (Vol. 1, Issue 1).
Hairah, U., Hatta, H. R., Mardais, M., Diyana, W. N. R., Irvansyah, M., Sadanu, A. I., & Mujiono, M. N. A. (2022). Pelatihan Penggunaan Instagram Sebagai Media Promosi Bagi Warga Dusun Rejosari, Kalimantan Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1).
Leonita, E., & Jalinus, N. (2018). Peran Media Sosial Dalam Upaya Promosi Kesehatan: Tinjauan Literatur. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 25–34. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i2.261
Lontoh, J. K., Tumbel, A. L., & Kawet, R. (2020). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI PROMOSI BAGI PENGEMBANGAN PEMASARAN WISATA DANAU LINOW DI KOTA TOMOHON UTILIZATION OF SOCIAL MEDIA AS A PROMOTIONAL STRATEGY FOR MARKETING DEVELOPMENT OF LAKE LINOW TOURISM IN TOMOHON CITY. 11 Jurnal EMBA, 8(4), 11–20.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). In Jurnal Common | (Vol. 3).
Saputra, I. M. A. B., Gautama, I. M. B., Pramitaresthi, I. G. A., Setyaningrum, K. P., Widyawati, K. A., Trinadi, N. K. A., Devi, N. L. P. S., Putra, P. M., Bramanta, I. G. N. A. B., Meilyanjani, N. P. G., Adhityasaputra, I. K. W., ADH, I. P. W., & Arsa, I. G. N. W. (2022). Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Serta Penyebaran Informasi di Desa Dalang. Journal of Community Development, 3(2), 119–126. https://doi.org/10.47134/comdev.v3i2.75
Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). PENGGUNAAN APLIKASI CANVA UNTUK MEMBUAT KONTEN GAMBAR PADA MEDIA SOSIAL SEBAGAI UPAYA MEMPROMOSIKAN HASIL PRODUK UKM. www.canva.com.
Siti Oktarina, I., Amaliah, N., Adawiyah, R., Octarinie, N., Dahlan, P., Fatrie Fatmawati, T., & Kunci, K. (2022). JPKM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat https://ojs.politeknikdarussalam.ac.id/index.php/jpkm Vol SOSIALISASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI WADAH UNTUK MENGEMBANGKAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI KELURAHAN KARANG ANYAR KECAMATAN GANDUS KOTA PALEMBANG. 1(2). https://ojs.politeknikdarussalam.ac.id/index.php/jpkm
Suryani, I., Handar, M., Ekasuci, R., Bina Sarana Informatika, U., & Studi Penyiaran, P. (2020). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI BAGI RADIO MERSI 93.9 FM. Journal Komunikasi, 11(1). https://doi.org/10.31294/jkom
Yani, O., Mulyani, S., Wibisono, T., & Hikmah, A. B. (2022). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK UNTUK PEMASARAN BISNIS DIGITAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI. 11(1). http://stp-mataram.e-journal.id/JHI