Ina Baswara: Program Edukasi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM Kripik Gadung di Desa Gayamharjo
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Desa Gayamharjo menjadi salah satu desa di Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Desa ini terletak jauh dari pusat kota mempunyai potensi kuliner dari gadung khas daerah yang sangat unik namun masih belum didukung dengan digitalisasi pemasaran. Untuk itu tim pengabdi menginisiasi program pengabdian masyarakat melalui sosialisasi dan pendampingan pemasaran digital melalui marketplace dan website bagi UMKM Kripik Gadung di Desa Gayamharjo. Pelaksanaan sosialisasi dan pendampingan terdiri atas empat tahap, yaitu pembuatan materi sosialisasi pemasaran digital, pelaksanaan sosialisasi, pelaksanaan pendampingan praktik menggunakan online marketplace shopee, dan pembuatan akun website untuk UMKM Desa Gayamharjo. Hasil kegiatan edukasi dan pendampingan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan masyarakat terkait pemasaran digital. Melalui praktik pelatihan langsung, UMKM Kripik Gadung Desa Gayamharjo dapat memahami dan pengimplementasikan tahapan-tahapan dalam melakukan penjualan menggunakan akun Shopee. Setelah dijual melalui akun Shopee, ada peningkatan volume penjualan kripik gadung sehingga meingkatkan pendapatan UMKM Kripik Gadung Desa Gayamharjo
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Buku Warung. 2022. Panduan Cara Jualan di Shopee untuk Pemula.
https://bukuwarung.com/cara-jualan-dishopee/#Langkah_Jualan_di_Shopee. Diakses pada 25 November 2023, pukul 20.30 WIB Desa Gayamharjo. 2023. Website. https://umkmgayamharjo.com/
Rarnadhani, Y. C., & Subardjo, A. (2022). Pelatihan Inovasi Marketplace Bagi UMKM. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(6), 1572-1577 .
Muhlizi, A. F. (2017). Penataan regulasi dalam mendukung pembangunan ekonomi nasional. Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, 6(3), 349-368..
https://www.bps.go.id/indicator/53/22/1/produktivitas.html. Diakses pada 25 November 2023, pukul 20.30 WIB Desa Gayamharjo. 2023
https://www.kominfo.go.id/content/detail/32999/bisnis-e-commerce-semakin-gurih/0/artikel. Diakses pada 25 November 2023, pukul 20.30 WIB Desa Gayamharjo. 2023
Dwijayanti, A., & Pramesti, P. (2021). Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19. Ikra-Ith Abdimas, 4(2), 68-73.
Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.
https://yogyakarta.bps.go.id/subject/6/tenaga-kerja.html Diakses pada 25 November 2023, pukul 20.30 WIB Desa Gayamharjo. 2023
https://www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/UU_2014_6.pdf Diakses pada 25 November 2023, pukul 20.30 WIB Desa Gayamharjo. 2023