Ina Baswara: Program Edukasi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM Kripik Gadung di Desa Gayamharjo

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Regina Amanda Famaretha
Yessi Edillia Putri
Wiwin Indayanti
Nisa Farina Herningsih
Asya Nur Agustina
Elsanti Venesha Putri
Felita Dwi Rahmawati
Yogi Firmansyah
Adrianto Steven Bagas Setiawan
Anggin Prihanti
Eka Ary Wibawa

Abstract

Desa Gayamharjo menjadi salah satu desa di Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Desa ini terletak jauh dari pusat kota mempunyai potensi kuliner dari gadung khas daerah yang sangat unik namun masih belum didukung dengan digitalisasi pemasaran. Untuk itu tim pengabdi menginisiasi program pengabdian masyarakat melalui sosialisasi dan pendampingan pemasaran digital melalui marketplace dan website bagi UMKM Kripik Gadung di Desa Gayamharjo. Pelaksanaan sosialisasi dan pendampingan terdiri atas empat tahap, yaitu pembuatan materi sosialisasi pemasaran digital, pelaksanaan sosialisasi, pelaksanaan pendampingan praktik menggunakan online marketplace shopee, dan pembuatan akun website untuk UMKM Desa Gayamharjo. Hasil kegiatan edukasi dan pendampingan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan masyarakat terkait pemasaran digital. Melalui praktik pelatihan langsung, UMKM Kripik Gadung Desa Gayamharjo dapat memahami dan pengimplementasikan tahapan-tahapan dalam melakukan penjualan menggunakan akun Shopee. Setelah dijual melalui akun Shopee, ada peningkatan volume penjualan kripik gadung sehingga meingkatkan pendapatan UMKM Kripik Gadung Desa Gayamharjo

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Regina Amanda Famaretha, Yessi Edillia Putri, Wiwin Indayanti, Nisa Farina Herningsih, Asya Nur Agustina, Elsanti Venesha Putri, Felita Dwi Rahmawati, Yogi Firmansyah, Adrianto Steven Bagas Setiawan, Anggin Prihanti, & Eka Ary Wibawa. (2024). Ina Baswara: Program Edukasi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM Kripik Gadung di Desa Gayamharjo. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 370-379. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i2.1556

References

Arfan, N., & Hasan, H. A. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mirko Kecil dan Menengah. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 6(2), 212-224.
Buku Warung. 2022. Panduan Cara Jualan di Shopee untuk Pemula.
https://bukuwarung.com/cara-jualan-dishopee/#Langkah_Jualan_di_Shopee. Diakses pada 25 November 2023, pukul 20.30 WIB Desa Gayamharjo. 2023. Website. https://umkmgayamharjo.com/
Rarnadhani, Y. C., & Subardjo, A. (2022). Pelatihan Inovasi Marketplace Bagi UMKM. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(6), 1572-1577 .
Muhlizi, A. F. (2017). Penataan regulasi dalam mendukung pembangunan ekonomi nasional. Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, 6(3), 349-368..
https://www.bps.go.id/indicator/53/22/1/produktivitas.html. Diakses pada 25 November 2023, pukul 20.30 WIB Desa Gayamharjo. 2023
https://www.kominfo.go.id/content/detail/32999/bisnis-e-commerce-semakin-gurih/0/artikel. Diakses pada 25 November 2023, pukul 20.30 WIB Desa Gayamharjo. 2023
Dwijayanti, A., & Pramesti, P. (2021). Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19. Ikra-Ith Abdimas, 4(2), 68-73.
Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.
https://yogyakarta.bps.go.id/subject/6/tenaga-kerja.html Diakses pada 25 November 2023, pukul 20.30 WIB Desa Gayamharjo. 2023
https://www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/UU_2014_6.pdf Diakses pada 25 November 2023, pukul 20.30 WIB Desa Gayamharjo. 2023